Terraz Water Park

Assalammualaikum Wr.Wb

Apa kabar sahabat semua, kembali lagi bersama saya Himawan Sutanto, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Kabupaten Ogan Ilir.

Kabupaten Ogan Ilir merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Ogan Ilir ini berada di jalur lintas timur Sumatera dan pusat pemerintahannya terletak sekitar 35 km dari Kota Palembang. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya (Unsri) memiliki dua buah kampus yaitu di Inderalaya (Ogan Ilir) dan di Bukit Besar (Palembang). Kampus Bukit Besar Palembang luasnya 32,5 hektar, dimanfaatkan untuk kegiatan akademik S1, S2 dan S3, juga diperuntukan bagi Program Ekstension S1 dan Program Pascasarjana.

Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya angkatan 2015.

Kampus Utama Inderalaya dengan luas 712 hektar merupakan Pusat Kegiatan Pendidikan untuk jenjang Sarjana (S1). Di kampus Inderalaya juga terdapat Kantor Pusat Administrasi (KPA), Perpustakaan Pusat, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, dan Stasiun Pemadam Kebakaran Universitas.

Unsri juga mempunyai Kebun Percobaan seluas 50 hektar di daerah Gelumbang (62 kilometer di selatan Palembang), Unsri juga memiliki Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang, dan Kampus Pascasarjana di jalan Padang Salasa Bukit Besar Palembang.

Saya sendiri Himawan Sutanto adalah Mahasiswa di Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya angkatan 2015 kampus Inderalaya. Sedikit informasi bahwasannya disini terdapat 10 Fakultas yaitu (Fakultas Ekonomi, Hukum, Kedokteran, Teknik, Pertanian, FKIP, FISIP, FMIPA, Ilmu Komputer, dan Kesehatan Masyarakat).

Desa Wisata Burai

Belum lama ini kampung warna-warni Desa Burai di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan ini menjadi populer untuk masyarakat Ogan Ilir dan sekitarnya. Dengan dorongan dari Kepala Desa, disini para warga bersama-sama mewarnai rumahnya agar terlihat lebih menarik dan bisa menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Ogan Ilir. Terbukti pada tahun 2018 kemarin banyak sekali pengunjung yang datang kesini. Saya sendiri sudah beberapa kali datang kesini, karena salah satu teman kuliah saya yang bernama Fitra Findi Alawiyah adalah anak dari Kepala Desa tersebut.

Kampung warna warni dari pulau wisata air.
Melihat kampung warna warni dari “pulau” wisata air.

Disini hampir sebagian besar dikelilingi air rawa dan sungai dengan luas sekitar 11.000 hektar, maka dengan itu sangat cocok kawasan ini akan dikembangkan menjadi kawasan wisata air. Menurut Field Manager Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Heragung Pujiantoro, pihaknya memang menganggarkan dana CSR ke Desa Burai untuk membuat desa tersebut menjadi salah satu tujuan wisatawan. Sehingga pada waktunya nanti, desa ini akan menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Terraz WaterPark

Masih di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, pada bulan desember 2018 lalu telah dibuka Terraz WaterPark. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata dan hiburan yang diminati masyarakat OI dan sekitarnya. Beberapa hari yang lalu, saya bersama beberapa teman kuliah pergi kesana naik motor. Untuk kesini tidak terlalu jauh, kurang lebih satu jam perjalanan dari Universitas Sriwijaya (Inderalaya) dengan mengendarai motor.

Kolam renang Terraz Water Park
Tempat wisata baru yang lagi ramai-ramainya pengunjung.

Terraz WaterPark ini menawarkan beberapa wahana permainan air seperti kolam renang, arus sungai buatan, seluncuran, hingga menawarkan berbagai jenis kuliner dan live music. Harga tiket masuk pun cukup terjangkau yaitu Rp.20.000. Kebetulan kemarin ada promo jadi kami hanya membayar Rp.18.000/orang.

Tambahan informasi bahwasannya di dekat Universitas Sriwijaya ini terdapat Kantor Pemerintahan Kabupaten yang setiap sore harinya banyak sekali pengunjung yang datang, karena disini terdapat beberapa spot foto yaitu Jembatan Pesona Tanjung Senai, Danau Teluk Seruo dan hamparan rawa yang ketika sore hari bisa langsung melihat pemandangan matahari terbenam.

Itulah sedikit informasi tentang Kabupaten Ogan Ilir, semoga teman-teman menikmati. Sampai jumpa di tulisan berikutnya tentang Fakta Menarik 17 Kota/Kabupaten di Sumatera Selatan. Nantikan dan jangan lupa bagikan tulisan ini ke sosmed sahabat sekalian. Terimakasih.

Wassalammualaikum wr.wb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.