Objek Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

0
2155
Swafoto dengan kata 'Cibulan'? ya di sini saja.

Beberapa waktu lalu saya diajak adik saya untuk berwisata ke Pemandian Cibulan Kuningan Jawa Barat. Wow! Saya yang beberapa bulan ini tinggal di daerah perbatasan Cirebon Kuningan, tepatnya Kabupaten Beber, sekalipun belum pernah jalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang ada di Kuningan. Berhubung ada yang ngajak yaitu adik sendiri, kalau begitu baiklah… kalau tidak dicoba dan dipaksakan, tidak akan pernah tahu, ada apa saja di Kuningan? Saya melewati jalan raya Cilimus, ternyata banyak tempat-tempat wisata di sekitaran sini.  Ada apa saja di sana? Ikutin terus cerita saya ya.

Untuk tiket masuknya seharga 17 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak-anak. Tiket motor parkir 3 ribu rupiah dan mobil 5 ribu rupiah.

Saat memasuki area parkir. Saya disambut dengan tulisan yang cukup panjang dan sangat terbaca. Yaitu Selamat Datang Di Objek Wisata Cibulan. Selama ini kan kita tahunya dari televisi, kalau ada ikan di kolam Cibulan dan ternyata benar. Sekaligus kita bisa berenang dengan ikan-ikan itu. Nah, ikan-ikan ini subur-subur banyak makan, jadi besar-besar dan satu lagi kalau mau berenang di kolam ini gak perlu takut ikannya gigit karena ikan-ikan ini gak punya gigi lho guys jadi aman. Kita lihat langsung deh! Ikannya kayak apa.

Di sini ada beberapa kolam renang beserta ikannya:

Kolam satu untuk anak-anak setinggi pinggang orang dewasa, bersebelahan dengan kolam dua setinggi dada orang dewasa. Ada lagi kolam tiga, nah! Ini diperuntukan untuk orang dewasa.

Kolam renang dengan waterboom yang berisi ikan di dasar kolamnya.
Seluruh kolam yang ada disini ada ikannya, jadi renang bareng ikan-ikan.

Buat yang nggak niat berenang, nggak perlu khawatir karena bisa nyemplung sekalian kasih makan ikan. Mau tau ikan ini makanannya apa? Sukro! Rugi deh! Kalau gak nyobain sensasi dinginnya air kolam ini. Brrrr… beneran dingin kayak air es.

Setelah usut sana-sini alias ngegosip sama sesama pengunjung. Ikan ini di kramatkan, boleh pegang, boleh dikasih makan tapi gak boleh di pancing apalagi di bawa pulang. Mitosnya, ikan ini disebut ikan dewa yakni jelmaan dari para Prajurit Siliwangi. Konon katanya pula kalau ikan ini bila dihitung jumlahnya tak pernah sama, selalu berbeda tiap orang.

Jembatan cinta.
Selfie dengan bentuk hati bunga-bunga, makin romantis deh fotonya bersama pasangan.

Jalan lurus saja ke dalam tempat wisata dan berkeliling ternyata banyak spot foto yang menurut saya instagramable nih guys. Pihak pengelola sengaja membuat tiap sudut lahan menjadi spot yang menarik untuk anak muda millenial yang hobi selfie. Tentu saja ada yang gratis dan ada yang membayar. Nggak apa-apa guys kalau bayarnya cuma 2 ribu per spot. Ada juga spot yang menawarkan untuk foto langsung cetak di tempat, bayarnya cuma 25 ribu ukuran 7R.

Playground untuk anak-anak.
Banyak resto di sini yang menyajikan makanan hangat berhubung udara di sekitar Cibulan itu dingin.

Berhubung saya datangnya pas hari selasa yakni hari biasa bukan hari libur atau weekend, jadilah tempat wisatanya agak senggang. Mau terapi ikan? Di sini juga ada, cukup membayar 5 ribu per orang bisa terapi sepuasnya kalau lagi nggak ramai. Ikannya itu lho lucu-lucu bingitz. Waktu kaki nyemplung langsung diserbu sama ikan kecil-kecil kayak gini.

Wah itu dia guys jalan-jalan aku kali ini bersama keluarga ke Objek Wisata Pemandian Cibulan Kuningan Jawa Barat. Buat temen-temen yang kebetulan lewat Cirebon-Kuningan, jangan lupa mampir ke objek wisata ini.

Jam Buka
Setiap Hari 6.00 - 18.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.