Obat dan Suplemen yang Wajib Dibawa Oleh Pendaki Gunung

0
1896
Kegiatan Mendaki Gunung.

Mendaki gunung adalah kegiatan yang akhir-akhir ini sangat digemari oleh anak-anak muda. Animo mendaki gunung sangat sangat tinggi, bisa kita lihat beberapa tahun kebelakang, bahwa mendaki gunung sangat populer sebagai gaya berwisata. Banyak pendaki gunung pemula belakangan ini, tetapi karena animo yang meningkat maka gunung pun banyak sekali memakan korban. Dari korban yang meninggal hingga korban kecelakaan di gunung, lalu bagaimanakah kita mengantisipasi semua ini?

Para pendaki pemula mungkin lupa bahwa mendaki gunung adalah sebuah olahraga yang cukup ekstrim. Olahraga ini membutuhkan banyak sekali kesiapan kondisi fisik, mental, dan teknis. Ketika mendaki gunung, kita rentan sekali mengalami sakit atau cedera. Sehingga kita harus mempersiapkan berbagai macam obat-obatan ketika mendaki gunung. Ada 4 obat obatan dan suplemen yang wajib ada di dalam tas carrier kamu ketika mendaki gunung.

Madu

Madu adalah salah satu suplemen yang sangat berpengaruh ketika kamu dalam kondisi yang kurang baik. Madu memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuhmu, apalagi ketika sedang naik gunung tubuh kita membutuhkan banyak sekali energi. Stamina dan daya tahan tubuh akan terjaga ketika kamu mengkonsumsi madu, apalagi jika madu yang kamu konsumsi adalah madu asli. Jika kamu mengemas madu dengan kemasan yang praktis, kamu bisa mengkonsumsi madu sambil tracking dan mendaki, tetapi Ingat jangan menaruh sampah kemasan madu sembarangan di gunung.

Daun Kelor

Daun kelor dikenal oleh masyarakat sebagai daun ajaib, kadang sering ditemui untuk kegiatan-kegiatan ritual dan “mistis”. Tapi sebenarnya, daun kelor punya banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, terutama sebagai suplemen dan sumber vitamin herbal kita. Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi dan kadar vitamin yang beraneka ragam, sehingga daun kelor bisa menjadi sumber vitamin herbal kita ketika mendaki gunung. Bahkan daun kelor berkhasiat sangat banyak untuk pencernaan dan untuk mata kita. Nah, untuk sekarang sudah banyak toko obat herbal dan apotek yang menjual daun kelor secara praktis. biasanya sudah berbentuk kapsul atau bubuk, sehingga kita sudah tinggal memakainya saja ketika sedang berada di gunung.

Obat Diare
Obat obatan dan suplemen herbal.

Diare dan gangguan pencernaan ringan sering terjadi ketika kita mendaki gunung, repotnya kalau di gunung tidak ada toilet dan kloset yang memadai, sehingga kita harus siap sedia obat diare untuk mengantisipasi. Diare terjadi karena beberapa sebab, sebab yang paling umum adalah infeksi bakteri di dalam pencernaan kita. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh radang usus dan infeksi virus. Diare bisa terjadi di mana saja apalagi ketika pola makan kita tidak benar, maka untuk mengantisipasi hal itu terjadi kita harus mempersiapkan obat-obatan. Jika kita tidak mempersiapkannya, ada beberapa tanaman yang secara alami bisa menyembuhkan sakit diare kita, contohnya daun jambu biji.

Obat Flu dan Batuk
Obat flu dan batuk.

Di negara tropis seperti Indonesia, sakit flu dan batuk adalah salah satu penyakit yang paling umum ditemukan. Apalagi ketika sedang melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung. Ketika berada di gunung, suhu dan kondisi cuaca bisa menjadi sangat ekstrem. sehingga sakit flu bisa menyerang para pendaki kapan saja. Maka dari itu para pendaki harus sedia obat flu dan batuk untuk mengantisipasi ketika sedang melakukan pendakian.

Masing-masing 1 strip obat flu dan batuk akan sangat ideal jika para pendaki membawanya ketika sedang naik gunung. Selain itu para pendaki pun bisa membawa obat untuk masuk angin dan obat mabuk perjalanan agar perjalanan secara keseluruhan dapat dinikmati dengan baik.

Keempat obat dan suplemen tadi adalah obat-obatan pribadi yang umum untuk dibawa ketika sedang melakukan pendakian. Selain membawa obat-obatan, mempersiapkan kondisi mental dan fisik pun menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena pendakian yang selamat dan aman akan terjadi ketika para pendaki melakukan antisipasi dan perencanaan. Selamat mendaki dengan aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.