Nusa Penida – Surga Tersembunyi di Bali

0
2457
Bali Nusa Penida
Kelingking Beach.

Banyak sebutan indah untuk Pulau Bali, Paradise Island atau pulau surga, The Island of God atau pulau dewata. Semuanya menggambarkan bahwa Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang keindahannya tidak diragukan lagi. Banyak sisi dari Pulau Bali yang rasanya tidak akan habis untuk di explore.

Sebenarnya saya sudah beberapa kali traveling di Pulau Bali, tapi tetap saja selalu ada destinasi baru yang dikembangkan untuk menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang mengunjungi Bali.

Pasih Uug atau Broken Beach.

Salah satu Pulau yang wajib dikunjungi saat ke Bali adalah Nusa Penida, dalam bahasa setempat kata Nusa juga mempunyai arti Pulau. Nusa Penida termasuk sebagai salah satu Kecamatan di Kabupaten Klungkung. Ada beberapa akses jika ingin menuju Nusa Penida. Lewat Pelabuhan Padang Bai dan Pelabuhan Sanur. Di Nusa Penida sendiri ada 4 Pelabuhan yang beroperasi, Pelabuhan Toya Pakeh, Dermaga Seblanga Br Nyuh, Dermaga Br Nyuh dan Dermaga Sampalan.

Saya sendiri memilih Pelabuhan Sanur untuk menuju ke Nusa Penida, dengan Kapal Cepat dengan harga Rp. 100.000 / orang untuk wisatawan domestik, dengan lama perjalanan 1,5 jam s/d 2 jam, tergantung cuaca dan besar ombak.

Bali Nusa Penida
Angel Bilabong.

Destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada saat explore Nusa Penida adalah, Angel Billabong, Kelingking Beach, Pasih Uug atau Broken Beach, Bukit Teletubbies, Atuh Beach, Raja Lima Cliff, Crystal Bay, Segaring Waterfall, selain itu Nusa Penida juga terkenal dengan spot-spot divingnya, di Batu Lumbung, Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Malibu Point dan Batu Abah.

Akses jalan di Nusa Penida masih belum sebagus di Bali. Banyak jalan-jalan menuju akses wisata masih belum di aspal. Para wisatawan bisa menyewa sepeda motor dari warga-warga lokal nusa penida dengan kisaran harga Rp. 70.000 per hari atau menyewa mobil dengan harga kira-kira dengan kisaran harga Rp. 500.000 s/d 550.000 per hari.

Bali Nusa Penida
Sunset Nusa Penida.

Penginapan juga banyak tersedia di Nusa Penida dan kebanyakan merupakan usaha dari warga-warga lokal. Kebetulan pada saat kesana, saya menginap di Penginapan Rumah Pohon. Letaknya diatas bukit dan ditengah hutan. Jujur pada saat memesan penginapan ini, saya tidak tahu bagaimana akses menuju ke penginapan tersebut dari Pelabuhan Toya Pakeh. Bekal saya membooking penginapan tersebut hanya berdasar review-review yang ada di situs traveling. Ternyata pada saat sampai di Pelabuhan Toya Pakeh, banyak jasa-jasa yang menawarkan sewa motor dan mobil untuk berkeliling Nusa Penida. Tapi harus pintar-pintar menawar yaaaa….

Dari Pelabuhan Toya Pakeh saya menyewa jasa rental mobil, untuk mengantar ke Penginapan Rumah Pohon, pada saat sampai, sempat kaget jugaa… Saya diturunkan di tepi jalan ditengah hutan, dan untuk menuju Rumah Pohon harus naik turun bukit… Sempat merasa underestimate dan sedikit menyesal juga sih pada awalnya. Tapi…. ternyata review-review di situs traveling tersebut tidak bohong, tempatnya sangat sederhana, dan memang diatas pohon, seperti namanya. Tapi View nya…. keren! Karena terletak di salah satu bukit tertinggi di Nusa Penida.

Bali Nusa Penida
Sunset Nusa Penida.

Dari Rumah Pohon ini bisa melihat Patung GWK di Bali dan Gunung Rinjani di Lombok loh. Tidak salah saya memilih Rumah Pohon ini sebagai tempat menginap, dari balkon belakang saya bisa melihat sunset dan dari balkon depan saya bisa melihat sunrise. Penginapan sederhana dengan pemandangan bintang 5. Pemiliknya yang bernama Pak Ketut pun sangat ramah, setiap malam dia membuat api unggun untuk saya, untuk menemani ber hammock ria sambil meminum segelas kopi dan memandangi bintang-bintang yang terlihat jelas di langit, karena penginapan ini memang sangat jauh dari keramaian.

Penginapan Rumah Pohon ini disediakan juga Flying Fox sebagai alat transportasi dari penginapan ke jalan raya, jadi tidak perlu naik turun bukit. Pada awalnya saya hanya book selama 2 hari,tapi akhirnya saya memutuskan memperpanjang masa tinggal saya menjadi 5 hari di Nusa Penida, menjelajahi dan menikmati satu persatu setiap tempat yang indah Di Nusa Penida ini.

Menurut saya Nusa Penida merupakan salah satu tempat yang memiliki sunset yang terindah, dan jika cuaca cerah, matahari sangat jelas terlihat. Tidak salah saya memilih Nusa Penida sebagai salah satu dari bucketlist saya. Jika ada kesempatan, saya akan mengunjungi Nusa Penida lagi, beserta Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang pada saat trip saya kemarin saya tidak sempat saya kunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.