Nuansa Mekah di Masjid Jamek Malaysia

0
843
Masjid Jamek dari pintu masuk.

Selain Petronas dengan sisi religiusitas bangunannya, Malaysia juga memiliki bagian religiusitas lain yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Masjid Jamek. Bahkan, wisatawan asing (barat dan negara non-Muslim lainnya) sangat tertarik untuk masuk ke dalam masjid ini. Sayangnya, petugas hanya memperbolehkan masuk bagi wisatawan yang berpakaian lengkap. Jadi, bawa selendang dan jaket ya jika berniat ke sini. Hal itu menunjukkan bahwa petugas di Masjid Jamek tetap memberi batas bahwa meskipun Masjid Jamek menjadi tempat wisata, wisatawan yang masuk ke dalam harus mengikuti peraturan yang ada. Saat salat pun, wisatawan tidak boleh masuk ke area masjid sebagai tempat ibadah. Peraturan ini untuk memisahkan antara peran Masjid Jamek sebagai destinasi wisata, tetapi fungsi utamanya adalah sebagai tempat ibadah.

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad terletak tepat di depan Stasiun Masjid Jamek. Untuk itu, wisatawan yang ingin berkunjung ke sini bisa mengakses transportasi umum dengan mudah melalui kereta LRT. Berada di masjid ini, wisatawan diajak untuk merasakan nuansa Mekah atau serasa berada di Masjid Nabawi Mekah. Payung-payung lebarnya yang membuat nuansa kian terasa di Arab Saudi. Masjid ini juga mengambil gaya Moor dalam arsitektur bangunanya. Hal itu bisa diperhatikan melalui bentuk dinding, pilar bangunan yang menonjolkan bagian bata, lengkungan tapak kuda, kubah, taman-taman kecil di area masjid, lengkungan banteng, dan interior keramik. Bangunan ini menunjukkan campuran bangunan masjid di Mekah, India, dan Tunisia.

Payung-payung dan pohon palem yang membuat nuansa Masjid Nabawi di Masjid Jamek.

Masjid ini didominasi oleh bangunan bewarna merah bata dan putih. Perpaduan keduanya sangat apik sehingga menjadi indah. Di dalam masjid terdapat 2 menara dan 3 kubah. Warna seluruh bangunan itu juga merah bata dan putih. Oleh karena itu, untuk mendapatkan spot foto yang instgrammable, kalian disarankan sekali untuk memilih warna baju yang sesuai.

Berdasarkan sejarahnya, masjid ini dibangun tahun 1909 saat zaman penjajahan Inggris. Dulu, masjid ini memiliki fungsi budaya bahwa masyarakat di Malaysia adalah muslim sehingga menjadikan Kuala Lumpur dikenal sebagai Kota Kebudayaan Islam. Meskipun di sekitarnya telah ada Masjid Negara ‘National Mosque’, pesona Masjid Jamek tetap memikat wisatawan untuk datang, salat, dan berfoto. Jika masuk ke dalam, interior bangunan di dalam masjid sangat megah dan memukau.

Suasana di dalam masjid.

Nah, sejak tahun 2018, Masjid Jamek menjadi sangat cantik. Pasalnya, ada beberapa penambahan, misalnya payung-payung lebar di halaman depan sehingga memukau pengunjung yang berjalan kaki. Ada pula air mancur klasik di halaman dan tanaman palem yang menyejukkan. Bahkan, jika berjalan ke sebelah kanan masjid menuju sungai atau pasar seni pada malam hari, wisatawan akan dimanjakan dengan water fontain warna-warni dari arah masjid. Selain itu, masjid ini dikelilingi oleh River of Life (tempat pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak) yang semakin menambah pesona masjid ini. Jika sore hingga malam, asap akan keluar dari River of Life. Wisatawan seolah-olah sedang berada di atas awan karena tebalnya kabut asap. Latar belakang lampu berwarna biru semakin menambah keindahan masjid ini.

Untuk mendapatkan foto terbaik, berjalanlah ke sisi kanan masjid melalui jembatan di samping Sungai Klang hingga melewati beberapa bangunan tinggi. Dari situ, kalian bisa berfoto dengan latar belakang masjid secara keseluruhan, pertemuan dua sungai, sejumlah gedung tinggi, dan tulisan Kuala Lumpur yang mencolok. Kalau begitu, kapan waktu terbaik untuk datang ke Masjid Jamek? Agar bisa mendapatkan foto sesi terang dan sesi gelap, wisatawan disarankan untuk datang saat pukul 15.00 ke bawah. Cuaca pun sudah bersahabat. Tidak lagi sangat panas dan menyengat sehingga kurang bagus untuk difoto. Wisatawan pun bisa melaksanakan ibadah salat di masjid ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.