Nongkrong Sehat di Kedai Jamu Suwe Ora Jamu

0
663
Tampilan Bagian Depan Kedai Jamu Suwe Ora Jamu.

Siapa yang tidak mengenal jamu. Minuman tradisional dari tanah jawa yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya minuman yang menyehatkan ini sering kita jumpai dijual oleh mbok-mbok yang memakai pakaian tradisional jawa sambil menggendong bakul berisi botol-botol jamu tradisional yang biasanya diolah sendiri. Ada beras kencur, kunyit asam, temulawak dan lain-lain.

Kali ini saya dan teman-teman kantor mengunjungi kedai jamu modern Suwe Ora Jamu yang menyajikan menu utama berupa aneka minuman jamu tradisional.  Kedai Jamu Suwe Ora Jamu letaknya di sudut kiri, diantara deretan ruko yang berada di jalan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasi yang dipilih sangat pas karena jalan petogogan merupakan jalan yang banyak dipenuhi berbagai macam penjual kuliner malam yang enak.

Mengunjungi Kedai Jamu Suwe Ora Jamu, seperti membawa saya kembali ke masa silam. Dimana waktu kecil dulu, setiap pagi ibu saya selalu membelikan segelas jamu beras kencur di mbok-mbok yang sering lewat depan rumah sebelum saya berangkat sekolah. Bangunan Kedai Jamu Suwe Ora Jamu ini berlantai tiga. Di bagian area parkir yang tidak besar itu, terdapat taman kecil yang memberi kesan sebuah rumah yang asri. Dibandingkan dengan deretan bangunan disebelahnya, Kedai Jamu Suwe Ora Jamu nampak begitu homie jika dilihat dari luar.

Mini Bar di Kedai Jamu Suwe Ora Jamu.

Masuk ke dalam kita akan disuguhi pemandangan toples-toples kaca berisi tanaman kering dari berbagai macam jenis tanaman jamu. Berbagai bentuk furniture kayu, hiasan gerabah, wadah yang terbuat dari anyaman, hingga cangkir dan teko yang terbuat dari kaleng pun berhasil menimbulkan kesan vintage. Terdapat banyak botol berisi ramuan jamu beras kencur, rosella, wedang jahe, asam jawa tertata rapih di dalam dua buah show case.

Masuk ke dalam lagi kita akan disambut oleh mas-mas yang ramah dari balik meja Bar mininya. Mas-mas ini hampir mirip dengan Barista yang ada di kedai kopi. Di mini Bar tersebut terdapat deretan toples kaca beris tanaman kering yang akan diolah menjadi minuman jamu yang menyehatkan.

Tampilan Ruang Tengah.

Di ruang tamu bagian depan terdapat tiga set kursi dan meja. Masuk lebih kedalam lagi terdapat sebuah ruangan berdinding bata merah yang khas dan nyaman seperti berada di ruang keluarga rumah nenek. Tumpukan buku yang tersusun rapih, hiasan dinding, sketsa dan deretan toples berisi tanaman kering menambah kesan yang authentic.

Naik ke lantai dua, kita akan disambut dengan berbagai potongan artikel tentang kedai ini yang pernah terbit di media cetak yang sengaja dibingkai rapih menghiasi dinding. Di lantai ini tersedia Work Space atau ruang seminar mini yang bisa disewa pengunjung untuk acara meeting. Pengunjung yang datang ke Kedai Jamu Suwe Ora Jamu biasanya para milenial, dari mahasiswa hingga pekerja kantoran. Saya dan teman-teman sempat memesan jamu Beras Kencur dingin, Mulberry Extract ice, jamu seduh kemanden dan seduh selokarang.

Minuman Jamu Beras Kencur dingin, Jamu Seduh Kemanden dan Seduh Selokarang.

Selain minuman jamu, Kedai Jamu Suwe Ora Jamu juga menyajikan berbagai aneka minuman tradisional seperti wedang ronde, susu jahe, wedang jahe, bandrek dan minuman tradisional lainnya. Kedai Suwe Ora Jamu juga menyajikan aneka camilan dan makanan berat, seperti roti bakar, singkong goreng, nasi goreng, bakso dan sebagainya.

Untuk rasa dari jamunya memang authentic karena memang berasal dari bahan-bahan yang alami dan tidak pakai gula. Jika ingin tambah gula tinggal minta ke mas-mas di sini yang sangat membantu dan ramah. Kalau untuk makanannya rasanya hampir sama dengan yang ada di tempat lain.

Mulberry Extract ice.

Range harga untuk minuman jamunya dari Rp. 15.000 – Rp. 45.000 dan untuk makanannya dari Rp. 20.000 – Rp. 50.000.

Harga memang tidak bisa bohong. Dengan harga segitu, kita akan dimanjakan dengan suasana yang senyaman rumah nenek. Kedai Jamu Suwe Ora Jamu bisa jadi tempat berkumpul yang menyehatkan bersama teman-teman dan sahabat. Bagi para millennial yang rindu suasana jadul, bisa coba datang ke Kedai Jamu Suwe Ora Jamu untuk sekedar melepas rindu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.