Nongki di Bangunan Cagar Budaya? Cuma Ada di Kedai Ngopi Serius Surakarta!

0
208
Area Tengah Ngopi Serius.

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, pastinya travelovers teringat dengan kota-kota yang sarat akan heritage dan juga sejarah. Nah, kalo saya sih paling suka Kota Solo atau Kota Surakarta. Selain surga kuliner, suasananya tenang dan penuh dengan bangunan-bangunan bersejarah. Sebut aja keraton, museum, atau pun benteng yang biasa dijadikan cagar budaya dan saksi bangunan heritage. Tapi gak cuma bangunan cagar budaya aja yang bisa kita nikmati sebagai tempat wisata, malah tempat ngopinya pun ada yang juga merupakan bangunan cagar budaya sehingga bisa asyik nongki sembari menikmati megahnya bangunan heritage di Solo.

Dimana ada tempat ngopi yang kaya gitu?

Nah, sini aku kasih tau. Meskipun Solo lebih terkenal dengan aroma tehnya yang kuat, tapi kini sudah banyak menjamur tempat mengopi mengikuti trend kota-kota lainnya. Salah satu tempat andalan ketika lagi melancong ke Solo adalah Ngopi Serius. Sebenernya ada dua cabang yaitu cabang pertama di area Laweyan tepatnya di Jalan Melati (area belakang RS Kasih Ibu) dan cabang keduanya di Jalan Monumen satu tepatnya di bangunan Rumah Kriya milik Dinas Perdagangan. Travelovers bisa pilih antara dua cabang tersebut karena sama-sama punya gaya interior menarik. Kalau saya pribadi sih lebih suka di cabang yang kedua karena ada di area Rumah Kriya Banjarsari yang mana punya gaya interior khas Londo milik pemerintahan setempat. Fakta menariknya, area ini dulunya merupakan tempat tinggal bekas residen jaman pemerintahan Belanda. Jelas kawasan ini merupakan tempat bersejarah dan punya gaya yang vintage-nya enggak di buat-buat!

Area Dalam Ngopi Serius.

Nah, Kedai Ngopi Serius cabang kedua ini areanya cukup luas dan terbagi atas tiga area. Area dalam dengan meja panjang  dan dipenuhi pajangan-pajangan pahlawan nasional yang cocok untuk meeting ataupun reuni, area tengah dengan meja yang muat 4-6 orang dan area bar, serta area luar yang juga mejanya muat 4-6 orang yang cocok untuk smoking area. Travelovers tinggal pilih mana area yang cocok dan pas di hati. Saya in love banget sama bentuk bangunan dan interior bagian dalam dan tengahnya, di dukung lantai dengan pattern yang menunjukkan bahwa bangunan ini benar-benar sudah lawas. Selain nyaman untuk ngopi, tentunya juga instagenik!

Nah, masalah menu gausah khawatir karena banyak opsi yang bisa travelovers pilih. Mulai dari coffee ataupun non coffee beserta kudapan-kudapan. Bahkan ada sekitar 40 varian kopi dari penjuru Nusantara yang ditawarkan. Nama-nama menunya pun menarik seperti Papua Wamena, Sunda Dewi Rengganis, Situbondo Kayumas, Lereng Lawu, Kalosi Bone, Toraja Sapan, Gayo Kenawat, dan menu-menu lainnya sesuai asal dan karakter kopi itu sendiri. Ga heran kan kalau dinamakan Ngopi Serius karena memang mereka tidak main-main dalam menyajikan kopi Nusantara.

Red Velvet Ice.

Buat kalian yang enggak suka ngopi bisa juga pesan menu non-coffee seperti thai tea, hazelnut, tiramisu, almond latte, mochacinno, matcha paradise, milk tea, red velvet, exotic black, dan berbagai varian minuman non-coffee lainnya. Menu-menu minuman tersebut bisa versi hot atau ice ya travelovers.

Selain menu-menu minuman ada juga makanan yang bisa travelovers pesan seperti waffle, roti bakar, pisang krispi, roti goreng, kentang goreng, ataupun mie instan dengan aneka topping. Harga-harga yang ditawarkan pun cukup aman di kantong mahasiswa yaitu menu minuman sekitar Rp 12.000 sampai Rp 20.000 sedangkan untuk menu kudapan dan makanan kisaran Rp 15.000 sampai Rp 21.000.

Nah, itu dia cara menikmati cagar budaya versi aku. Kalau kamu? Tertarik gak buat mampir di Kedai Ngopi Serius?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.