Nikmatnya Kuliner Legendaris Malioboro di Soto Ayam 61

0
208
Plang Soto Ayam 61.

Siang itu saya akhirnya menapakkan kaki di Stasiun Tugu Yogyakarta. Ketika melihat jam, sudah waktunya makan siang rupanya. Pantas saja perut ini sudah bergejolak minta asupan. Karena berada dekat dengan Jalan Malioboro, saya pun memutuskan untuk mencari makanan di sekitar jalanan wisata tersebut. Seketika saya langsung teringat dengan ucapan teman saya yang merekomendasikan untuk mencoba Soto Ayam 61 jika sedang berada di sekitar kawasan Malioboro. Saya pun langsung mencari lokasi dari soto yang katanya legendaris itu. Cukup mudah menemukannya karena berada di pinggir jalan dari sepanjang jalanan Malioboro walau sedikit terhalangi oleh beberapa pedagang yang menjajakan baju khas Yogya dan batik. Tanpa ragu lagi, saya langsung masuk ke dalam warung soto ayam ini.

Untuk diketahui, Soto Ayam 61 memang berada di sepanjang Jalan Malioboro, lebih tepatnya di Jalan Margo Mulyo No. 61. Dari arah Stasiun Tugu Yogyakarta, Soto Ayam 61 berada di sisi kanan jalan, dekat dengan perempatan Jalan Beskalan yang terdapat gapura naganya.

Kesan klasik dan jadul langsung terlintas di benak saya ketika memasuki warung soto ayam yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini. Dapur tempat diraciknya soto berada di depan, dengan bangku-bangku dan meja berdesain sederhana tersusun rapih mengisi ruang-ruang warung. Dinding warung hanya dihiasi oleh daftar menu serta harga dari Soto Ayam 61, tanpa ada hiasan ornamen pemanis lainnya. Sepertinya pemilik Soto Ayam 61 ini tidak pernah mengganti interior sejak warung ini didirikan.

Soto Ayam 61.

Ketika saya datang, suasana warung soto ayam ini cukup ramai oleh pengunjung yang juga ingin menyantap soto legendaris ini. Beruntung masih terdapat satu meja lagi yang kosong, buru-buru saya langsung menempatinya sebelum ditempati oleh pengunjung lain. Saya pun kemudian memesan satu mangkok soto ayam campur nasi yang dibanderol sebesar Rp 15.000. Adapun jika ingin menyantap soto ayam dengan nasi yang di pisah, Anda harus merogoh kocek sedikit lebih besar yakni Rp 20.000. Pelayanan yang diberikan pun menurut saya sangat cepat. Terbukti walaupun kondisi warung yang sedang cukup ramai, soto ayam dan minuman es teh manis yang saya pesan sudah disediakan ke meja saya selama kurang dari lima menit.

Soto Ayam 61 ini termasuk dalam jenis soto berkuah bening. Untuk isian sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto ayam lainnya, yakni ada soun, seledri, bawang goreng, dan tentunya suwiran ayam yang menurut saya cukup banyak. Porsinya pun menurut saya lumayan banyak. Selain itu disediakan pula berbagai makanan pendamping soto yang dijajakan di tengah meja. Makanan pendamping soto yang disediakan ada perkedel kentang, sate ayam, dan telur bulat kecap. Harga dari berbagai makanan pendamping soto ini dibanderol mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 5.000.

Rasa segar dan gurih langsung terasa ketika saya mencicipi kuah dari soto ayam ini. Kuahnya pun tidak terlalu banyak lemak dan ringan. Menurut saya cita rasa dari kuahnya sendiri sudah sangat nikmat sehingga tidak perlu ditambahkan banyak kecap, garam, dan sambal.

Sambal Kecap Khas Soto Ayam 61.

Adapun yang membuat unik dari Soto Ayam 61 adalah sambalnya, sehingga sepertinya masih belum afdol jika saya belum mencampur sambal khas Soto Ayam 61 ini ke dalam soto pesanan saya. Jika biasanya sambal dari soto ayam adalah sambal cabe rawit yang direbus dan dihaluskan, maka di Soto Ayam 61 sambal yang diberikan adalah sambal kecap dengan tekstur yang cukup kental. Ketika saya mencampurkan dua sendok sambal kecap dan mencicipinya, rasa soto yang aslinya sudah enak menjadi semakin enak! Sambal kecap khas Soto Ayam 61 memberikan cita rasa pedas manis sehingga menghasilkan perpaduan soto ayam yang sangat nikmat. Saya pun puas menyantap soto ayam yang nikmat ini sampai kenyang.

Warung soto ayam yang sudah berdiri selama lebih dari empat puluh tahun ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan rasa lapar ketika sedang jalan-jalan di sekitar kawasan Malioboro. Soto Ayam 61 buka dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam waktu setempat. Jadi, pastikan untuk menyempatkan diri makan di soto legendaris ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.