Nikmatnya Ikan Mas Arsik, Makanan Khas Suku Batak Toba

0
4538
Ikan Mas Arsik.

Bukan hanya tradisi dan kebudayaan dari suku Batak Toba saja yang menarik untuk ditelusuri, namun kulinernya yang beragam dan identik dengan penggunaan rempah-rempah alami juga tidak boleh dilewatkan. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman ketika saya mencoba, bahkan langsung mencoba memasaknya di rumah. Nah, kuliner yang saya maksud adalah ikan mas arsik atau biasa disebut ikan santan kuning.

Biasanya ikan mas yang digunakan untuk dimasak adalah hasil tangkapan nelayan dari Danau Toba. Hal yang membuat kuliner yang satu ini berbeda adalah dari jenis bahan-bahannya yang terdiri dari beberapa jenis rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, cabai, bawang, daun salam, asam, serai, kemiri, lengkuas dengan tambahan kacang panjang sebagai sayur dan isian perutnya, serta tidak lupa andaliman yang akan membuat makan ini bertambah sedap.

Dengan perpaduan rasa antara asin, asam, dan pedas, akan membuat lidah terasa dimanjakan. Bagian yang menjadi kesukaan saya adalah bagian kepala dan serainya, karena pada bagian tersebut bumbunya terasa sangat meresap jika dibandingkan dengan bagian ekor dan bagian tengah yang terdapat banyak duri-duri kecil.

Adapun cara pembuatannya adalah yang pertama, bersihkan ikan mas dari insang dan sisiknya, kemudian tambahkan garam dan perasan jeruk nipis agar menghilangkan bau amis pada ikan. Lalu lumuri dengan bumbu halus hasil racikan dari bahan yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Setelah itu, masukan kacang panjang dan serai ke dalam perut ikan beserta sedikit bumbu halusnya. Hal yang unik dari cara pemasakan masakan ini adalah sebagian bumbu halus beserta kacang panjang dan serai dijadikan sebagai alas ikan pada dalam kuali. Jadi, kamu harus menyusun alasnya dengan rapi, ya. Adapun kegunaan bumbu sebagai alas adalah agar ikan tidak gosong saat dimasak. Pada bagian atas alas tersebut, letakan ikan mas yang sudah dilumuri bumbu dengan isian kacang panjang dan serai dalam perut ikan. Setelah itu, tambahkan air secukupnya.

Ikan Mas Arsik.

Biasanya pentup kuali yang digunakan adalah plastik bening dengan tujuan agar bumbu ikan mas tidak tumpah saat mendidih. Lalu tunggu sampai kuah ikan mas arsik sampai kering. Biasanya ikan mas arsik dimasak di tungku api yang masih tradisional, namun seiring berkembangnya zaman, memasak ikan mas juga bisa dilakukan di kompor gas biasa. Selain kacang panjang, kamu juga bisa menambahkan tahu sebagai pendamping ikan mas arsik.

Selain menjadi kuliner khas suku batak toba, ternyata ikan mas mempunyai simbol penting dalam suku batak toba dan arsik biasannya disajikan pada acara adat seperti acara pernikahan, kematian, kelahiran sampai pemberangkatan anak yang hendak merantau dan ujian.

Sedikit bercerita mengenai simbol ikan mas dalam adat istiadat suku batak. Untuk penyajian pada saat ingin melepas seseorang untuk merantau, ikan mas melambangkan harapan dan berkat dari orang tua untuk melepas anaknya agar nantinya si anak bisa diberikan rezeki. Dalam penyajiannya, ikan mas harus berbentuk utuh, mulai dari kepala sampai ekor, dan tidak boleh dipotong-potong, bahkan sisiknya pun tidak boleh di buang. Tapi kalau hanya sekedar lauk untuk di rumah, hal-hal tersebut bisa menyesuaikan dengan selera kamu.

Penyjian ikan mas arsik pada saat pernikahan juga tidak boleh dipotong-potong selama prosesi, karena jika dipotong, sama artinya dengan mengharapkan pasangan tidak memiliki keturunan. Selain itu, ikan mas yang disajikan umunya adalah ikan mas betina yang bertelur, dengan artian agar pasangan baru tersebut dapat sesegera mungkin untuk memiliki keturunan. Benar-benar unik, ya?

Nah, buat kamu yang ingin mencicipi kuliner ini, bisa ditemukan di rumah makan tradisional batak di daerah sumatera utara. Atau kamu juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.