Nikmati Segarnya Mandi di Air Terjun Segenter, Lombok

2
489

Pulau Lombok tidak ada habisnya untuk dieksplorasi, baik pantai, gunung, bukit, air terjun, dan tempat wisata lainnya. Kali ini, saya berkesempatan mengunjungi air terjun dengan satu kawan baru travelling saya ke Desa Segenter Narmada Lombok Barat.

Tepat hari Minggu 6 Oktober 2019, saya bersama Okta namanya yang merupakan salah satu orang kawan travelling baru saya, berdua berencana mengunjungi air terjun Segenter Lombok Barat sehari sebelumnya. Kami berangkat dari Kota Mataram Lombok dengan jarak tempuh menuju air terjun Segenter hanya 22 KM saja, sekitar 45 menit. Di tengah perjalanan. “Come on, chuss,” kata Maya selepas mengiyakan ajakanku.

Dari kota Mataram, kami menempuh jalan utama Mataram-Kayangan Lombok Timur dari Kota Mataram. Sebelumnya, kami seperti biasa menyiapkan kamera, logistik seadanya, beserta alat mandi. Karena, pastinya, Travelovers jika berkunjung di air terjun Segenter, seketika berada di sana, para Travelovers tidak akan kuat menahan godaan untuk tidak nyebur di air terjun Segenter. Cihuii.

Nikmati Segarnya Mandi Air Terjun Segenter Lombok.

Melanjutkan perjalanan, kami ke air terjun Segenter yang terletak di pinggir hutan Dusun Kumbi Lembah Sempaga Kecamatan Narmada Lombok Barat. Dari Kota Mataram menuju Kecamatan Narmada, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Dari Kecamatan Narmada, kami melanjutkan perjalanan menuju arah Suranadi jalur menuju Hutan Sesaot Suranadi Lombok Barat. Satu arah menuju desa Sesaot. Memang air terjun Segenter labih  jauh dari pemukiman warga Lembah Sempaga. Jarak dari Hutan Sesaot Suranadi menuju air terjun Segenter hanya 4 KM saja Travelovers. Tak perlu risau Travelovers, jalan yang ditempuh menuju Dusun Kumbi normal dan tidak berlubang tentunya.

Air terjun Segenter memang tidak terlalu terkenal. Namun, beberpa bulan terakhir, air terjun Segenter ramai dikunjungi wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Air terjun yang terletak di tengah hutan Desa Lembah Sempaga ini memiliki air yang kesegaran sangat luar biasa Travelovers. Sesampai di Dusun Kumbi, para Travelovers bisa melanjutkan perjalanan menuju Hutan Lembah Sempaga. Nanti, para Pemuda Sadar Wisata (Pokdarwis) di Dusun Kumbi, akan mengarahkan Travelovers menuju air terjun Segenter.

Sesampai di pembelian tiket masuk yang terletak di lapangan Dusun Kumbi, Travelovers bisa membeli tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja untuk satu orang wisatawan. Retribusi sebesar Rp 5 ribu berlaku bagi semua wisatawan yang berkunjung. Tentunya tidak dibedakan antara wisatawan lokal, nasional, dan asing. Tarif retribusinya dipatok rata. Sangat murah lho travelovers bagai traveler dengan modal nekat. Pokdarwis yang tergabung dalam menjaga dan mengelola area wisata air tejun Segenter akan memberi arah menuju hutan Lembah Sempaga menuju lokasi air terjun Segenter.

Nikmati Segarnya Mandi di Air Terjun Segenter di Lombok.

Tak perlu risau lho Travelovers, menuju air terjun Segenter dari area pembelian tiket, bisa ditempuh menggunakan mobil dan sepeda motor. Dulunya hutan menuju air terjun Segenter ini tidak bisa dilewati mobil. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir, jalan menuju air terjun Segenter mulai diperbaiki oleh pemerintah setempat untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang hendak menuju air terjun Segenter ini Travelovers. Jalan beraspal dan bertanah membuat para Travelovers yang menggunakan sepeda motor atau mobil hendaknya lebih mengutamakan keselamatan saat berkendara karena banyak warga yang lalu-lalang di sekitar Hutan Lembah Sempaga menuju air terjun Segenter membawa hasil kebun para petani di sana.

Biasanya, masyarakat yang bercocok tanam di hutan Lembah Sempaga ini menaman beragam buah. Ada mangis, durian, pisang, kopi dan tanaman lainnya. Sesampai di area parkir air terjun, para travelovers akan menemukan warung tempat membeli bekal sebelum mandi di segarnya air terjun Segenter jika tidak membawa bekal dari Mataram. Yuhuu.

Tenang Travelovers, saat memarkir kendaraan di area parkir air terjun Segenter di tengah hutan, tak perlu takut, penjaga atau tukang parkir di sana tidak lagi memungut biaya parkir. Biaya retribusi masuk Rp 5 ribu tadi sudah termasuk dalam bagian biaya atau ongkos parkir. Sangat murah lho Travelovers. Selain itu, petugas parkir tetap stay di area parkir. Jadi tak perlu risau akan adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Nikmati Mandi di Air Terjun Segenter Lombok.

Setiba di lokasi, kami langsung berdiri diatas bebatuan menikmati semilir angin serta percikan air yang ditimbulkan oleh kerasnya tekanan air terjun Segenter yang tumpah ke bawah muara air tersebut. Tak lama berselang, kami langsung mengganti baju dan perlengkapan lainnya kemudian langsung menikmati segarnya air terjun Segenter. Siang itu menjadi terasa sejuk. Panas terik kota Mataram dan rasa penat kehidupan Kota Mataram seketika hilang dengan membasahi tubuh dengan tumpahan air terjun Segenter. Ikan-ikan kecil juga akan menemani Travelovers ketika menikmati segarnya air terjun Segenter ini. Para Travelovers juga tak perlu risau, di area air terjun Segenter terdapat beberapa gazebo termpat beristirahat.

Di sana ada juga spot foto rumah pohon yang instagramable banget lho Travelovers, untuk menambah jumlah foto di akun media sosial Travelovers. Hehe.

Bagi Travelovers di seluruh penjuru nusantara. Jika berkunjung ke Lombok, jangan lupa mampir ke Dusun Kumbi Desa Lembah Sempaga Kecamatan Narmada. Ada air terjun yang sangat segar dan indah lho Travelovers. Yuk mampir. Hehe.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.