Nikmati Megahnya Masjid Agung Madani Pasir Pangaraian

0
344
Masjid Agung di sore hari.

Destinasi wisata tak melulu hanya di alam terbuka, di tempat keramaian, dan spot-spot yang instagramable saja. Mengunjungi tempat ibadah nan unik pun bisa jadi alternatif. Selain membuat hati dan pikiran lebih tenang, tempat suci ini juga menawarkan berbagai keindahan dengan seni arsitektur yang tinggi. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata religi. Namanya Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre (MAMIC), Pasir Pangaraian.

Pada tahun 2015 yang lalu, Masjid Madani dinobatkan oleh Kementerian Agama sebagai masjid percontohan se-Indonesia. Masjid ini berdiri kokoh dan menjadi salah satu masjid termegah di Asia Tenggara. Terletak di Provinsi Riau, Masjid Madani bisa diakses melalui Pekanbaru. Dibutuh waktu sekitar empat jam perjalanan darat untuk sampai ke sana. Lokasi tepatnya berada di daerah Pematang Berangan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre didirikan pada tahun 2008, yang pada waktu itu bertepatan dengan awal tahun hijriah dan di akhir tahun masehi. Masjid nan indah bernilai seni tinggi ini dirancang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Bangunannya dipenuhi dengan lambang atau simbol keislaman yang penuh arti dan makna. Menurut penuturan dari pengurus masjid, Masjid Agung ini bisa menampung jamaah sekitar 10.000 orang.

Lampu gantung raksasa.

Keindahannnya sudah tersohor kemana-mana karena Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre ini adalah masjid terbaik dan termegah yang ada di Provinsi Riau. Kubahnya yang besar didampingi empat unit menara tinggi, ditambah dengan menara utama dengan tinggi menjulang sekitar 99 Meter. Banyak pengunjung dari seluruh penjuru yang membanjiri masjid ini, baik yang berasal dari dalam dan luar daerah sekalipun, mereka ingin menikmati shalat berjamaa’ah di tempat ini, dan sekaligus menikmati keindahan dan kenyamanan masjid megah ini.

Masjid Agung Madani ini dilengkapi berbagai sarana dan prasarana. Selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, masjid ini dilengkapi dengan fasilitas penyejuk ruangan, MCK yang nyaman dan bersih, sound system multimedia, dan dihiasi dengan lampu gantung raksasa nan mewah seberat 2 ton,  juga berbagai kaligrafi-kaligrafi yang terukir indah.

Yang  tak kalah unik dan menarik dari masjid ini adalah setiap pintu masjid memiliki nama masing-masing dengan nama yang sudah tidak asing lagi dalam dunia Islam, yaitu  nama-nama istri dan para sahabat nabi; Pintu Babussalam untuk pintu utama, Pintu Khadijah untuk pintu kanan, Pintu Aisyah untuk pintu kiri.  Sementara untuk pintu di bagian selatan, pintu utama bernama Aisyah 1, pintu kanan bernama Usman Bin Affan, dan pintu kiri Umar Bin Khattab.

Bagian dalam Masjid Agung.

Berbeda dengan masjid pada umumnya, tidak heran jika masjid ini dijuluki masjid termegah yang ada di Asia Tenggara karena juga ditunjang oleh berbagai macam fasilitas yang tidak ditemukan di masjid-masjid lain, seperti sarana perpustakaan (digital maupun manual), mini theater, convention yang bisa disewakan untuk berbagai event seperti: kegiatan pemerintahan, pernikahan, serta kegiatan organisasi lainnya. Masjid ini juga memiliki TV Madani, radio daerah, poliklinik, ruangan belajar yang dilengkapi dengan WI-FI, Madani mart, Madani Muslim Store, coffee shop,  studio foto,  fitness center, dan Menara 99 Asmaul Husna. Di sini  juga ada SMP Tahfiz yang membina anak-anak Rokan Hulu untuk menjadi penghapal Al-qur’an nantinya.

Gimana? Penasaran kan ingin mengunjunginya? Jika traveler sempat berkunjung ke Riau, jangan lupa mampir ke tempat ini, ya! Dijamin para traveler akan dibuat takjub dengan pesona masjid yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.