Nasi Goreng Resek, Nasi Goreng Pinggir Jalan yang Fenomenal di Kota Malang

1
1506
Nasi Goreng Resek
Lapak Nasi Goreng Resek Malang.

Kuliner Bakso dan Cwie Mie selalu identik dengan Kota Malang. Padahal selain kedua kuliner tersebut ada juga salah satu kuliner yang tak kalah menarik dan nikmat untuk dicoba. Ya, Nasi Goreng salah satunya. Sebagai makanan favorit masyarakat Jawa Timur khususnya Malang, Nasi Goreng adalah menu makanan yang selalu dicari menjelang malam hari.

Nah, kali ini saya sengaja menyempatkan diri untuk mencicipi salah satu sajian Nasi Goreng fenomenal yang ada di Kota Malang. Namanya Nasi Goreng Resek atau orang Malang biasanya menyebutnya Sego Goreng Resek. Kata ‘resek’ dalam Bahasa Jawa yang artinya sampah, tentu tidak mengurangi rasa kelezatan dari Nasi Goreng ini.

Nasi Goreng Resek Malang
Kuliner Nasi Goreng Resek.
Nasi Goreng Resek
Lapak Nasi Goreng Resek Malang.
Nasi Goreng Resek Malang
Pak Tukiman (kiri) sedang meracik nasi goreng yang dimasak dengan bara api dari tungkunya sembari bercengkrama dengan pelanggan.

Kenapa dinamakan demikian? Karena berdasarkan info yang saya dapatkan dari penjual dan warga sekitar, asal mula nama Sego Goreng Resek ini karena dulunya lokasi berjualannya dekat dengan tempat pembuangan sampah. Namun, ada juga yang mengartikannya berbeda. Kata ‘resek’ di sini digunakan untuk menggambarkan bahan-bahan campuran yang ada di dalam Nasi Goreng seperti sayuran, ayam suwir, dan lain-lain yang dicampur menjadi satu, sehingga tidak beraturan atau persis seperti sampah.

Terlepas dari sebutan tersebut, awalnya orang tua Pak Tukiman yang juga pendiri Nasi Goreng ini tidak begitu suka dengan sebutan tersebut. Namun, karena sudah terlanjur terkenal di kalangan warga Kota Malang, akhirnya sampai saat ini sebutan tersebut masih melekat. Sekarang Pak Tukiman lah yang melanjutkan usaha berjualan Nasi Goreng yang sudah didirikan sejak tahun 1959 lalu.

Nasi Goreng Resek Malang

Nasi Goreng Resek Malang
Tampilan Nasi Goreng Resek dengan tambahan telur.

Soal rasa, Nasi Goreng Resek ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi goreng pinggiran pada umumnya. Nasi Goreng tidak dimasak menggunakan wajan dan kompor gas, namun menggunakan tungku dengan arang yang dibakar. Dan yang tidak kalah unik adalah nasi goreng dimasak bukan menggunakan minyak goreng, namun menggunakan kaldu ayam dan kecap manis. Sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat di lidah.

Isian dari Nasi Goreng Resek ini terdiri dari nasi goreng, suwiran daging ayam, beberapa irisan mentimun, bawang goreng, dan cabau hijau. Jika kurang puas, kamu juga bisa meminta ditambahkan lauk lain yang juga disediakan seperti gorengan, usus ayam, hati ayam dan banyak lainnya.

Nasi Goreng Resek Malang
Harga menu Nasi Goreng Resek yang murah meriah.
Nasi Goreng Resek Malang
Sajian lauk pauk seperti usus ayam juga disediakan.

Harga nasi goreng ini di bandrol dengan harga Rp. 9.000 sampai Rp. 13.000 saja. Pelanggan juga bisa minta ditambahkan lauk berupa daging ayam suwir, ampela ayam, telor, dan lainnya. Pelanggan juga bisa memesan teh hangat, jeruk hangat, dan kopi hangat sebagai pendamping makanan. Selain rasanya yang nikmat, pastinya suasana makan di pinggiran jalan juga akan membawa kamu ke suasana sederhana dan tetap tidak mengurangi rasa nyaman sedikitpun.

Nasi Goreng Resek ini berada di daerah Kasin atau tepatnya di Jalan Brigjend Katamso No.4, Kauman, Klojen, Kota Malang. Dan buka setiap hari mulai jam 18.00 sampai 22.00 WIB. Dan juga, letak lapak Nasi Goreng Resek ini dekat dengan pusat Kota Malang seperti Alun-alun Kota Malang, Pasar Besar Malang, dan Jalan Ijen. Sehingga sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi nasi goreng ini bukan? Jika ingin mencicipinya saya sarankan untuk datang ke sini saat sore hari atau saat baru buka karena jika malam antrian pelanggan akan semakin ramai dan panjang.

Harga: 

Rp. 9.000 – Rp. 13.000

Jam Buka
Setiap hari dari jam 18.00 - 22.00 WIB

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.