Nasi Campur Bu Oki: Cita Rasa Ayam Betutu dan Sate Lilit Autentik dari Bali

0
288
Nasi Campur dengan berbagai macam toping.

Salah satu kegiatan wajib saat berlibur adalah beriwisata kuliner. Pantang rasanya melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas dari suatu daerah. Kali ini aku sedang berada di pulau Dewata Bali yang terkenal dengan sajian kuliner dengan cita rasa rempah yang melimpah. Salah satu sajian yang cukup terkenal dari Bali adalah Nasi Campur yang diberi topping Ayam Betutu dan Sate Lilit khas Bali.

Beruntungnya pada perjalananku kali ini aku ditemani Bli Made, kawan SMA-ku di Bogor dulu yang merupakan orang Bali asli. Bli Made mengajak aku berwisata kuliner ke restoran Nasi Ayam Ibu Oki yang menurutnya merupakan salah satu restoran yang menjual nasi campur terenak seantero Bali.

Nasi Campur dengan berbagai macam toping.

Dalam satu porsi nasi campur terdiri dari potongan/suiran ayam betutu, setusuk sate lilit, sayuran semacam urap, telur, kacang dan sambal matah. Kombinasi dari semua bahan memberikan cita rasa yang sangat lezat! Aroma rempah dari masakannya membuat siapapun jadi ketagihan, terutama pada cita rasa sate lilitnya. Aku saja sampai pesan lima tusuk sate lilit terpisah karena jatuh cinta dengan cita rasanya. Semua bumbunya pun pas; gurih, asin, manis dan pedasnya berpadu seimbang. Bumbunya juga meresap dalam bahan-bahan masakan seperti daging ayam dan telur. Satu porsi saja tidak cukup!

Saat memasuki area restoran, semua menu seperti ayam betutu dan sate lilit disajikan di sebuah etalase dan ketika melihatnya pasti akan membuat perut keroncongan.Terdapat beberapa area yang disediakan untuk menyantap makanan ini. Terdapat juga area lesehan yang dilengkapi dengan colokan listrik di beberapa sudut agar kita bisa mengisi baterai gadget kita. Aku sendiri memutuskan untuk menempati area balkon di lantai atas agar bisa merasakan angin sepoi-sepoi mengingat hari itu Bali terasa cukup panas.

Sate Lilit yang sangat Lezat!.

Restoran ini hanya menyediakan satu jenis menu, yakni nasi campur. Jadi, kamu jangan mengharapkan untuk bisa menjumpai opsi makanan lain ketika berada di sini. Ada hal yang harus benar-benar diperhatikan ketika menyantap nasi ayam di tempat ini, khususnya bagi kamu yang kurang begitu suka dengan masakan pedas. Nasi ayam di sini umumnya disajikan dengan cita rasa pedas yang cukup menyengat. Oleh karena itu, bagi kamu yang tak terlalu suka dengan masakan pedas, sebaiknya bilang terlebih dulu agar bisa disajikan dengan menu yang tidak terlalu pedas.

Tempat ini bisa dengan mudah ditemukan, tepatnya beralamat di Jl. Celagi Basur Nomor 3Y, Jimbaran. Jika datang dari arah Jimbaran (Jl. Raya Uluwatu) mengarah ke selatan patokannya adalah lampu merah Uluwatu. Di situ ada persimpangan yang sering membuat orang bingung. Ambil arah ke kiri memasuki Jl. Uluwatu II dan tinggal ikuti jalan saja. Setelah melewati Jenggala Keramik, akan terlihat papan penunjuk arah Warung Nasi Ayam Bu Oki di sisi kiri jalan yang akan mengarahkan kita ke Jalan Celagi Basur, Perumahan Puri Jimbaran. Ikuti jalan dan tidak lama kemudian kamu akan melihat Warung Nasi Ayam Ibu Oki yang terletak di sisi kiri jalan.

Etalase penyajian makanan.

Terdapat lahan parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Lahan parkir tesebut terletak sekitar 20 meter dari restoran. Arahkan saja kendaraan kamu  lurus terus sampai menemukan lahan parkir yang dikhususkan untuk pengunjung Nasi Campur Bu Oki.

Nasi Campur Bu Oki buka setiap harinya, mulai dari pukul 07.00 waktu setempat sampai habis atau sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Satu porsi nasi campur harganya Rp. 25.000, sedangkan satu tusuk sate lilit harganya Rp. 5000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.