Nangorak Camp : Menikmati Pemandangan Sumedang dari ketinggian 1030 Mdpl

0
330
Nangorak Camp.

Sobat travelers yang suka berlibur menikmati pemandangan di ketinggian, menikmati sunrise, sunset dan malam hari menikmati kopi dengan pemandangan lampu kota di kejauhan yang terlihat indah, semuanya bisa dirasakan di Nangorak. Salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumedang, ketinggiannya juga lumayan tinggi yaitu 1030 meter di atas permukaan laut. Bukan hanya itu, destinasi wisata yang terkenal dengan nama Nangorak Camp ini juga lokasi nya tidak jauh dari Alun-alun Sumedang dan bisa diakses dengan kendaraan bermotor. Lebih tepatnya ada di Margamekar, Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Sebelum ke lokasi Nangorak Camp, kita akan melewati beberapa objek wisata Sejarah/ Religi dan Objek wisata lainnya. Di antaranya ada Kompleks Pemakaman Para Bupati Sumedang keturunan Prabu Geusan ulun beserta keluarganya, lalu melewati Bukit Toga yang sering digunakan untuk kegiatan olahraga dirgantara yaitu Paralayang. Bukit Toga ini biasa dipakai kegiatan lomba Paralayang baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Nangorak Camp.

Kondisi Nangorak Camp

Kondisi Nangorak Camp yang berada di ketinggian 1030 mdpl ini biasanya saat hari libur ramai dikunjungi pengunjung yang mendirikan tenda sengaja untuk berkemah. Bahkan pengunjung yang datang bukan hanya dari Sumedang, tapi banyak juga yang dari luar Sumedang. Memang kemungkinan banyak pengunjung yang datang selain karena lokasinya dekat dengan Kota Sumedang atau daerah Alun-alun Sumedang, juga lokasinya bisa diakses dengan kendaraan bermotor.

Suasana asri pegunungan bisa kita rasakan, karena di sekeliling Nangorak Camp ini bisa dilihat dengan jelas barisan pegunungan dan perbukitan daerah Sumedang. Di antaranya Gunung Kareumbi, yang menurut beberapa sumber Nagorak Camp ini masih masuk kawasan Gunung Kareumbi. Selain itu Gunung Kerenceng bisa kita lihat dari ketinggian Nangorak Camp ini. Apalagi Gunung Tampomas yang tepat jelas berada di depan Nangorak Camp. Menyaksikan senja dengan secangkir kopi dan menyaksikan keindahan gemerlap lampu-lampu yang menyala di daerah kota Sumedang ini menjadi susana khas yang bisa kita rasakan di Nangorak Camp.

Pemandangan Perbukitan di Sumedang dari Nangorak Camp.

Fasilitas Nagorak Camp

Bagi yang kekurangan perbekalan di Nangorak Camp, tidak perlu khawatir. Karena di atas ada warung kita bisa beli makanan atau minuman di warung tersebut. Selain itu, di sana ada mushola dan kamar mandi yang memudahkan pengunjung untuk melakukan keperluan pribadinya. Harga tiket yang dikeluarkan saat camping di Nangorak Camp ini seharga 15.000/Orang. Itu sudah termasuk parkir apabila kalian membawa motor ke atas.

Walaupun ada pengelola yang menjaga Nangorak Camp, tetap kebersihan lingkungan Nagorak Camp menjadi tanggung jawab kita bersama. Terutama sampah plastik yang sulit terurai apabila dibuang di mana saja. Kita jaga kebersihan lingkungan, agar anak cucu kita nanti tetap bisa menikmati keindahan alam yang ada di bumi pertiwi ini.

Nangorak camp.

Akses Menuju Lokasi

Nangorak Camp ini bisa diakses dengan berjalan kaki dan kendaraan bermotor. Bagi yang suka berpergian dengan kendaraan umum tidak usah khawatir. Karena Nangorak Camp ini bisa diakses dengan jalan kaki atau dengan ojeg. Kalian bisa turun di pertigaan menuju Nangorak Camp, karena di sana ada pangkalan ojeg. Untuk perjalanan menggunakan motor juga kurang lebih hanya memakan waktu 30-40 menit, apalagi yang sudah hafal rute. Pasti bisa dengan cepat sampai ke Nangorak Camp. Sangat disarankan apabila ke mari dengan kendaraan bermotor, gunakan kendaraan bermotor jenis trail. Karena ada jalan yang sulit dilalui, tapi beberapa pengunjung pun ada yang dengan kendaraan bermotor biasa. Tapi tetap harus hati-hati, karena jalan yang dilalui buka jalan aspal.

Pemandangan Gunung Tampomas dari Nangorak Camp.

Jarak tempuh dengan jalan kaki dari pertigaan menuju Nangorak Camp kurang lebih 2 jam lebih sampai 3 Jam perjalanan jalan kaki dari bawah. Tentunya harus dengan persiapan fisik yang kuat agar perjalanan yang ditempuh bisa lancar tanpa kendala. Jalur yang dilewati memang di bawah jalan yang landai, tapi setelah mendekati lokasi kalian akan menemukan jalur yang menanjak sampai dilokasi Nangorak Camp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.