Naik Bus Gratis di Jakarta Bisa Wisata Keliling Museum

0
188
Bus Gratis di Jakarta
Nah ini nih Bus Wisata Dua Tingkat yang akan mengantarkan kalian keliling Kota Jakarta.

Jakarta, Kota Terbesar Pertama dan merupakan Ibu Kota dari Indonesia ini punya banyak tempat-tempat yang wajib di kunjungi. Apalagi buat kalian yang suka wisata edukasi alias mengunjungi museum. Artikel kali ini saya mau cerita perjalanan saya keliling museum di Jakarta.

Hari ini langit cukup cerah untuk melakukan berbagai aktivitas, ya sebut saja piknik dan hari ini juga saya kedatangan teman dari Semarang. Temen sekelas waktu kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare. Jadi kita berlimaan deh mainnya sama temen-temen satu kelas yang domisilinya di JABODETABEK. Yaa saya itung-itung jadi guide gadungan aja keliling sebagian kecil Ibu Kota. hehe

Museum tujuan kita kali ini adalah di sekitaran Kota Tua Jakarta. Kenapa pilih tempat itu? alasannya Karena menurut saya ini tempat yang strategis buat keliling museum. FYI guys, selain lokasinya yang stategis dari Stasiun Jakarta Kota, disini juga terdapat beberapa museum yaitu Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Keramik, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, dan Museum Bahari. Tapi kita nggak sempat masukin semuanya karena waktunya nggak cukup. Jadi ini beberapa museum yang kita masukin.

Museum Wayang

     Museum ini berada di Kawasan Kota Tua Jakarta tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, DKI Jakarta. Seperti namanya, museum ini berisi koleksi wayang-wayang baik yang ada di Indonesia maupun wayang-wayang dari negara lain. Jadi disini kita bisa mengenal wayang yang ada di negara lain nggak cuma kenal dengan jenis wayang-wayang yang ada di Indonesia saja. Contohnya wayang dari negara Malaysia, China, Thailand, Vietnam, India dan lain-lain.

Wayang Kulit di Museum Wayang
Salah satu koleksi Wayang Kulit di Museum Wayang.
Museum Wayang
Welcome to Museum Wayang.

     Selain koleksi wayang-wayang, disini juga ada satu set gamelan, teater, dan juga koleksi topeng. Museum ini buka dari hari Selasa – Minggu, dari pukul 09.00 – 15.00 WIB, kecuali hari Sabtu dan Minggu buka dari 09.00 – 20.00 WIB. Wajib diingat museum ini tidak buka di Hari Senin yah guys. Untuk HTM, Umum Rp. 5ribu/orang dan Siswa/Mahasiswa Rp. 3500/orang.

Museum Fatahillah

      Setelah dari Museum Wayang, perjalanan masih berlanjut dan kita move ke Museum Fatahillah yang masih berada di wilayah Kota Tua atau tepatnya di Jl. Taman Fatahillah No. 1. Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah ini dulu adalah Balai Kota Batavia dan pusat peradaban pada abad itu (17-19).

Museum Sejarah Jakarta
Welcome to Museum Sejarah Jakarta.

      Fungsinya bukan hanya sebagai balai kota, Museum Fatahillah juga merupakan saksi bisu kekejaman pada masa itu. Yap betul, tempat ini dijadikan tempat pembantaian yang brutal dan hukuman mati. Jika kita masuk, kita akan melihat dan bisa masuk kedalam Penjara Bawa Tanahnya atau yang dikenal dengan sebutan Penjara Air Kotor. Jangan lupa masuk yah, karena kalian akan merasakan bau “pesing”.

Ini nih Penjara Bawah Tanahnya guys.

      Guys, disini juga banyak koleksi-koleksi peninggalan zaman Belanda, baik yang replika atau yang asli. Selain itu sejarah tentang Jakarta tempo dulu pun akan dijelaskan secara gambalang disini. Ohiya HTM-nya sama dengan Museum Wayang yah, untuk umum Rp. 5000/orang dan untuk Sekolah atau Mahasiswa ada harga khusus sesuai jumlah yang masuk. Museum ini buka dari hari Selasa – Minggu, dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. Sama yah, Senin dan Hari Libur Nasional museum tutup.

Museum Fatahillah
Salah satu koleksi di Museum Fatahillah.

Museum Bank Indonesia

     Setelah mengunjungi Museum Wayang dan Museum Fatahillah, kita agak jalan sedikit keluar dari kawasan Kota Tua ke Jl. Pintu Besar Utara No. 3. Lanjut kemana ya kita? Nah sekarang kita di Museum Bank Indonesia. Museum yang dulu di resmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 Juli 2009 ini merupakan museum yang berisikan banyak peninggalan-peninggalan dan perjalanan sejarah dari kebijakan-kebijakan Bank Indonesia (BI) dari waktu ke waktu.

   Museum Bank Indonesia memiliki banyak koleksi baik itu Mata Uang, Kebijakan-Kebijakan, Benda-Benda, dan juga Gedung-Gedung ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang sangat mumpuni sebagai sarana penyampaian informasi kepada pengunjung. Museum ini juga di desain se-kreatif mungkin, karena ketika kita move dari satu ruangan ke ruangan lain, seperti lewat di lorong waktu dan pastinya kita akan terperangah dan bawaanya pengen foto aja . wkwk

Museum Bank Indonesia di Jakarta
Nah ini loh tumpukan emas nya guys di Museum Bank Indonesia.
Museum Bank Indonesia di Jakarta
Nah ini beberapa koleksi mata uang di Museum Bank Indonesia.

   WOW banget disini guys, di museum ini terdapat tumpukan emas yang dilindungi kaca transparan. Gile guys, tumpukan emas loh yang sinarnya menyilaukan mata. Dan ini jadi simbol banyaknya kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Tau nggak guys, tumpukan batangan emas ini adalah asli. Kandungan emasnya adalah 99.99% disetiap batangnya, dan memiliki ketebalan 4 cm dengan berat 13,5 kg. Disini juga ada replikanya yang bisa kalian pegang yang mirip dengan aslinya, baik ketebalan maupun berat. Berat coy, kalian harus pake dua tangan supaya bisa mengangkatnya. Bisa di banyangin dong yah, berapa uang yang didapatkan ketika kita memiliki emas batangan sebanyak itu? *bisa beli pulau dan isinya kali yah hehe*

   Museum Bank Indonesia ini buka dari hari Selasa – Minggu, dari jam 08.00 – 15.30 WIB untuk Selasa – Jumat, dan 08.00 – 16.00 WIB untuk Sabtu – Minggu. HTM-nya pun sama hanya Rp. 5000 untuk Umum, dan Gratis untuk Pelajar/Mahasiswa yang memiliki Kartu Pelajar/Mahasiswa, Pengunjung rombongan yang telah mendaftar dan mendapatkan konfirmasi dari Museum Bank Indonesia, sama anak-anak sampai dengan usia 3 tahun. Jika kalian ingin tur dengan pemandu ada disetiap Selasa – Minggu jam 08.00, 10.00, dan 13.00 WIB. Inget yah Senin dan Hari Libur Nasional Libur.

Galeri Nasional Indonesia

   Selanjutnya kita pindah ke museum atau galeri yang cukup jauh nih dan harus menggunakan bus. Yap! kali ini kita melipir ke Galeri Nasional Indonesia. Galeri yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Tim, No. 4, RT. 06/01, Gambir, Jakarta Pusat ini menjadi tempat menyimpan, menghimpun hingga memamerkan semua karya seni rupa baik modern maupun kontemporer.

   Disini juga ada gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran, pertunjukan seni rupa baik dari Indonesia maupun Mancanegara. Kalian tinggal lihat jadwal pertunjukanya aja. Sesuai dengan namanya Galeri Seni Rupa, otomatis isinya semua tentang seni. Mulai dari lukisan sampai dengan patung-patung yang penuh dengan makna.

Galeri Nasional Jakarta
Ini nih salah satu karya seninya. keren banget kan guys.
Galeri Nasional
Salah satu tempat yang instagramable banget di Galeri Nasional.

    Asli ini tempatnya di desain keren banget. Disetiap ruangan punya arti masing-masing. Apalagi buat para pemburu spot instagramable cocok banget berkunjung ke Galeri Nasional ini. hehe kalian pasti betah buat keliling galeri ini. Nggak apa-apa foto disini, yang penting kalian tidak melewati batas yang telah dibuat oleh penjaga dan satu lagi jangan menyetuh dan merusaknya. Cukup dinikmati saja yah.

   Galeri Nasional Indonesia ini buka dari hari Selasa – Minggu dari pukul 09.00 – 16.00 WIB dan untuk Pameran Temporernya dimulai pukul 10.00 – 19.00 WIB, sesuai dengan jadwal pertunjukanya yah. Inget Senin dan Hari Libur Nasional Libur yah guys.

Bus Wisata Gratis

   Oke guys, untuk memudahkan kalian untuk berpindah dari satu museum ke museum lain, kalian bisa naik Bus Wisata Gratis yang ada di museum fatahillah. Bus dua tingkat ini emang di desain untuk wisatawan yang mau berkeliling di Jakarta dengan rute yang berbeda-beda. Kalau ingin ke Galeri Nasional dari Museum Fatahillah, kalian hanya perlu jalan kaki kesamping museum atau dekat dengan Bank BNI dan menunggu di halte yang telah disediakan biasanya ada logonya “City Tour”.

    FYI guys, bus tingkat ini punya rute yang berbeda-beda, antara lain Rute Sejarah Jakata, Rute Jakarta Modern, Rute Pencakar Langit Jakarta, Rute Ruang Terbuka Jakarta, Rute Kuliner dan Budaya Jakarta dan Rute Jakarta Heritage. Buat kalian yang mau keliling museum di Jakarta kalian pilih rute Sejarah Jakarta. Rute ini berawal dari Balaikota dan menuju ke museum-museum yang ada di Jakarta nih guys, termasuk museum yang ada di Kawasan Kota Tua ini.

   Bus wisata dua tingkat ini biasanya beroperasi mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB, Sabtu dan Minggu mulai pukul 12.00 WIB yaah guys. seperti yang saya bilang tadi, bus ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama ditujukan khusus untuk wisatawan yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas, dan lantai kedua untuk para penumpang lainnya. Di bus ini dilarang berdiri jadi apabila semua kursi penuh kita gak boleh masuk dan disuruh nunggu bus selanjutnya. Tenang ya busnya banyak kok, jadi jangan khawatir nggak kebagian selagi jam operasional.

   Jadi Guys, nggak harus mahal buat piknik di Ibu Kota Jakarta dan liburan itu nggak harus tentang Pantai atau Luar Negeri. Kalian bisa kok sekali-kali wisata edukasi atau sejarah ke museum-museum yang ada di Jakarta. Apalagi sekarang ada fasilitas bus gratis, tinggal duduk dan menikmati perjalanan deh. Yuk guys, Liburan ke Jakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.