Museum Penuh Kenangan di Chibi Maruko-Chan Land, Jepang

0
1025
Maruko, nenek, dan ayahnya menyambutmu di ruang keluarga.

Kalau kamu lahir di tahun 1990-an, kamu pasti kenal dengan Chibi Maruko-chan. sebuah serial kartun yang diangkat dari manga populer karya Momoko Sakura. Serial kartun ini juga pernah tayang lama di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia dan menemani minggu pagi kita. Saking terkenalnya, serial ini bahkan memiliki museumnya sendiri yang bernama Chibi Maruko-chan Land. Museum ini terletak di Shimizu-ku, Shizuoka, yang merupakan sebuah kota yang sama di setting komiknya!

Museum Chibi Maruko-chan Land tidak berdiri di gedung tersendiri, melainkan berada di lantai 3 Pulse Dream Plaza. Lokasinya hanya terletak 3 menit dari Stasiun Shimizu dengan taksi atau 20 menit berjalan kaki. Untuk masuk ke dalamya, setiap pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 600 yen (sekitar Rp109.000) untuk orang dewasa dan 400 yen (sekitar Rp73.000) untuk anak-anak. Museum ini buka setiap hari (termasuk libur hari besar) dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam, namun pastikan kamu sudah masuk sebelum jam 19:30, karena diatas jam itu pengunjung tidak diperbolehkan masuk. Selama di dalam museum, kamu dipersilakan untuk mengambil foto sepuasnya.

Adakah karakter favoritmu di sini?

Ketika kamu masuk ke dalamnya, kamu akan diselimuti suasana sedang berada di dunia Maruko-chan. Bagian pertama yang akan kamu lihat adalah rumah keluarga Maruko, mulai dari ruang keluarga, kamar Maruko dan kakaknya, hingga ke bagian dapur. Kamu juga akan disambut oleh anggota keluarga Maruko di setiap ruangannya. Tema dari setiap ruangan berbeda-beda, tergantung dari musim ketika kamu datang. Semisal jika kamu datang pada bulan Desember, kamu akan menemukan sebuah kue dan dekorasi natal di ruang keluarga. Ada pula kakek kesayangan Maruko yang sedang memamerkan tungku kesayangannya. Oh ya, jangan lupa untuk melihat kamar Maruko-chan yang selalu berantakan!

Papan tulis di kelas Maruko-chan.

Selesai mengunjungi rumah Maruko, kamu bisa berkunjung ke kelas dimana Maruko dan teman-temannya belajar. Suasana di dalam kelas pun dibuat sangat mirip dengan di anime. Di pintu masuk kamu juga bisa melihat daftar absensi kelas Maruko dan teman-temannya. Adakah karakter favorit kamu di sana?

Tidak hanya rumah dan kelas, di dalam Chibi Maruko-chan Land kamu juga terdapat taman buatan yang mirip sekali dengan taman dimana Maruko dan teman-temannya bermain. Di sini kamu bisa berfoto bersama boneka Maruko dan sahabatnya, Tamae. Namun jangan lupa untuk antri dengan wisatawan lainnya ya!

Setelah puas bernostalgia di dalam Chibi Maruko-chan Land, kamu bisa membeli berbagai macam merchandise di toko resminya untuk dijadikan kenang-kenangan maupun buah tangan. Mulai dari pin, goodie bag, tumbler, hingga notes lucu. Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Di sini kamu juga bisa menyewa kostum karakter-karakter di Chibi Maruko-chan lho! Perjalananmu di Chibi Maruko-chan Land pasti akan sangat berkesan jika ditutup dengan berfoto bersama teman-temanmu dengan kostum Maruko!

Kereta Maruko-chan yang sangat terkenal.

Ssst, ada rahasia kecil dari sejarah transportasi yang menuju Chibi Maruko-chan Land. Hingga tahun 2017 lalu, pemerintah setempat mengubah satu sangkaian kereta EMU Shizutetsu 1000 di Shizuoka Railway (sebuah jaringan kereta lokal di Shizuoka) menjadi kereta Chibi Maruko-Chan! Kereta ini diselimuti cat khusus bertema Maruko-chan, lengkap dengan karakter Maruko-chan dan teman-temannya. Tidak hanya bagian eksterior, bagian interiornya juga bertema Chibi Maruko-chan. Mulai dari pintu hingga pegangan tangan. Sayangnya, kereta Maruko-chan yang terlihat sangat imut ini hanya dioperasikan sampai Maret 2017 saja. Sayang sekali ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.