Murah! Dari Tambun ke Purwakarta Cuma Rp. 6000,-

0
1022
Stasiun Purwakarta
Yeah, welcome to Stasiun Purwakarta.

Travellovers, ada kabar gembira nih buat kalian yang suka backpackeran dengan budget pas-pasan. Kalian tentu pernah bepergian menggunakan kereta api dong pastinya kan? Moda transportasi yang banyak banget peminatnya ini memang selalu punya cara agar kita sampai ke tempat tujuan dengan budget yang murah. Iyakan travellovers?

Seperti salah satu pengalaman saya menggunakan moda transportasi ini nih. hari ini saya pengen main ke Purwakarta dengan kereta api. Saya penasaran mendengar saran dari teman saya. Kalau ke Purwakarta menggunakan kereta api ekonomi hanya Rp. 6000,- aja.

Tanpa pikir panjang, saya langsung menuju Stasiun Tambun yang berada di Jalan St. No. 37-43, Mekarsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Kenapa saya memilih stasiun ini? Karena Stasiun Tambun ini merupakan stasiun terdekat dari rumah saya.

Saya langsung menju loket untuk melihat jadwal keberangkatannya. Di Stasiun Tambun ini ada tiga kereta yang bisa turun naik dari sini yah. Karena Stasiun Tambun ini termasuk stasiun kereta api kelas III atau Kecil. Tiga kereta yang bisa turun dan naik dari stasiun ini adalah KA Ekonomi Walahar Ekspres (Lokal), KA Jatiluhur (Lokal), dan KRL Commuter Line.

Sejak Februari 2017, KA Ekonomi Walahar Ekspres dan KA Jatiluhur dialihkan ke Stasiun Tanjung Priuk yang awalnya dari Stasiun Jakarta Kota. Ohiya travellovers, bedanya KA Ekonomi Walahar Ekspres dan KA Jatiluhur adalah rutenya. Jadi kalau KA Ekonomi Walahar Ekspres ini start dari Stasiun Tanjung Priuk sampai ke Stasiun Purwakarta dan kalau KA Jatiluhur ini startnya sama di Stasiun Tanjung Priuk hanya sampai di Stasiun Cikampek.

Nah sesuai dengan tujuan awal saya ingin main ke Purwakarta, jadi saya naik KA Ekonomi Walahar Ekspres dari Stasiun Tambun. Untuk jadwal keberangkatan dari Stasiun Tambun adalah pukul 10.52 WIB, 11.59 WIB, dan yang terakhir adalah pukul 17.12 WIB nih travellovers.

Perjalanan Tambun Purwakarta
Ini nih penampakan tiket KA Ekonomi Walahar Ekspresnya.

Dan bener dong travellovers, harga tiketnya adalah Rp. 6000,-. Murah banget kan? Secara dari Stasiun Tambun ke Stasiun Purwakarta yang jarak tempuhnya kurang lebih 3 jam setengah. Tapi inget yah travellovers, namanya juga kereta ekonomi ya jadi harus wajar berdesak-desakan. hehe

Bentuk keretanya sama kok dengan ekonomi pada umumnya, kursinya saling berhadapan. Nah tapi bedanya, karena tiket bisa dibeli di stasiun langsung pada hari itu juga, jadi penumpangnya pun agak menumpuk. Jangan terlalu berharap lebih ya bisa dapat tempat duduk. Karena saya pun berdiri sampai stasiun Karawang. hehe

Kalian bisa berdiri di sela-sela kursi yah dan nggak bisa berpegangan karena ini buka KRL Commuter Line yang disediakan pegangan untuk berdiri. Harap dimaklum yah. Tapi ini bisa menjadi pengalaman tersendiri nih buat kita yang suka mencoba hal baru.

Tenang tidak semua penumpang bertujuan ke Purwakarta semua kok travellovers. Biasanya penumpang banyak turun di Stasiun Karawang. Jadi biasanya kita akan mendapatkan kursi disini.

KA Ekonomi Walahar ini juga bisa menjadi salah satu solusi untuk kalian yang mau ke Kerawang nih. Karena kereta ini melewati dan juga berhenti di Stasiun Karawang. Enakan travellovers?

Stasiun Purwakarta Jawa Barat
Ini loh travellovers kuburan bangkai kereta apinya. Ini ambil fotonya agak ngumpet-ngumpet. Soalnya nggak boleh foto didekat situ hehe.

Kurang lebih 3 jam setengah perjalanan menuju Stasiun Purwakarta. Salah satu stasiun yang unik bagi saya. Kenapa saya bilang unik? Karena disini saya bisa melihat “kuburan kereta”. Nggak seseram yang kalian bayangkan kok. karena kuburan disini adalah tumpukan gerbong kereta api yang sudah tidak digunakan. Jadi pemandangan yang unik deh hehe

Sampai jugakan di Stasiun Purwakarta, yang alamat lengkapnya di Jalan Kolonel Kornel Singawinata No. 1. Mudah dan murah kan travellovers? Cuma Rp. 6000,- kita udah sampai di Purwakarta. Saran saya, jika kalian ingin menggunakan moda transportasi ini, harus di cocokan dengan jadwalnnya yah. Jangan sampai salah jadwal.

Ohiya travellovers, kalau kalian dari Stasiun Purwakarta mau ke Bekasi atau Stasiun Tanjung Priuk (arah pulang), kalian bisa naik KA Cilamaya Ekspress dengan jadwal keberangkatan 05.20 WIB, 13.40 WIB, dan 14.25 WIB. Harga tiketnya sama kok travellovers. Selamat mencoba yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.