Mudah Diakses, Air Terjun Olonggata Cocok Jadi Wisata Keluarga

0
403
air terjun Olonggata.

Akhir pekan ini mau kemana? kalau anda berada di wilayah Moutong ada lokasi wisata yang cocok untuk datang menikmati keindahan alam bersama teman dan keluarga. Memang selain dikenal dengan kekayaan alamnya berupa pertambangan emas, di Kecamatan Moutong menyimpan kekayaan alam lain yang layak dijadikan ojek wisata, di antaranya Air Terjun Olonggata.

Wisata Air Terjun Olonggata terletak di Desa Olonggata Kecamatan Moutong, diberi nama sesuai nama desanya. Kecamatan Moutong berada di paling ujung sebelah utara wilayah Kabupaten Parigi Moutong. Jika anda berasal dari luar pulau Sulawesi Tengah dan megambil transportasi udara, anda bisa turun di Bandara Udara Mutiara Sis Aljufri Palu ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah lalu mengambil jalur utara setelah tiba di Toboli, desa transit di Kabupaten Parigi Moutong yang jaraknya dua jam dari Palu.

Diperkirakan dari Toboli menuju Moutong akan menghabiskan waktu kurang lebih enam jam. Atau dari Bandara Udara Djalaludin Gorontalo yang terletak di Kecamatan Isimu Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo yang juga diperkirakan akan menghabiskan waktu enam jam untuk sampai di Moutong. Untuk diketahui bagian utara Kabupaten Parigi Moutong berbatasan dengan Kabupaten Puhuwato Provinsi Gorontalo. Anda bisa pilih akses yang lebih dekat dan lebih mudah.

Gula Tapo, oleh-oleh khas Moutong.

Untuk menuju air terjun, akses menuju lokasi sangat mudah dan dekat saja, hanya sekitar 1,8 KM dari Jalan Trans Sulawesi. Melewati perkebunan warga, anda bisa sambil menikmati pemandangan desa yang asri, di bawah pepohonan kelapa dalam, durian, cingkeh, manga dan kakao. Bayangkan saja jika saat anda berkunjung pohon-pohon itu tengah berbuah, bisa dobel nikmatnya bukan?

Tidak perlu upaya ekstra untuk sampai di lokasi, 1,8 KM itu bisa ditempuh dengan motor ataupun mobil, ada lokasi parkir yang cukup luas. Kemudian, cukup jalan kaki lima menit saja, anda sudah sampai di air terjun Olonggata. Saya sarankan jangan pergi saat musim hujan supaya anda bisa menikmati jernihnya air terjun Olonggata. Air terjun Olonggata meski tidak begitu tinggi, tetapi asyik untuk mandi-mandi karena berbentuk semacam kolam di tengah hutan, di bagian atas dan juga di bagian bawahnya.

Hawanya sejuk bahkan cenderung dingin jika musim hujan. Lokasi air terjun sangat teduh, karena dikelilingi pepohonan yang rindang. Telinga anda akan dimanjakan dengan perpaduan yang harmoni antara suara gemuruh air dan bunyi binatang hutan juga kicauan burung yang bertengger di dahan-dahan pohon rindang itu.

Air terjun Olonggata.

Di sekitar lokasi air terjun, pemerintah desa sudah membangun tiga unit gazebo. Jika anda tidak membawa tenda, gazebo bisa jadi tempat istirahat yang nyaman setelah puas untuk mandi-mandi. Ada fasilitas MCK juga lho, jadi tidak usah khawatir jika ada panggilan alam setelah mengisi perut dengan kenyang hehehe.

Pemerintah setempat berencana akan lebih mempermudah akses jalan dengan membuat jalur rabat beton. Karena akses jalan menuju air terjun ini juga adalah akses jalan petani menuju kebun dan menjadi jalur pertemuan antara pencari rotan di hutan sekitar pegunungan Moutong dengan pedagang pengumpul yang akan membeli rotan untuk dibawa ke provinsi Gorontalo dan Manado. Ini menjadi salah satu mata pencarian warga setempat.

air terjun Olonggata.

Kabarnya pemerintah setempat juga berencana akan menambah beberapa fasilitas lagi di lokasi air terjun seperti jembatan dari bambu dan spot selfie, juga bendungan untuk tempat permandian. Nah daya tarik lain dari Air Terjun Olonggata ini, anda bisa datang tanpa harus mengeluarkan sewa masuk ataupun sewa parkir. Sebab, pemerintah desa masih dalam tahap membenahi sehingga belum ditarik retribusi.

Kalau anda sudah puas dan ingin pulang, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh, bukan? Berburu oleh-oleh di suatu daerah yang baru saja anda kunjungi ada sensasi tersendiri. Salah satu oleh-oleh khas Moutong yaitu gula tapo. Panganan yang terbuat dari sari aren ini diproses secara tradisional, dimasak di wajan penggorengan lalu dituang ke dalam cetakan kemudian dibungkus didaun lontar. Anda akan menemukan gula tapo dijual dengan cara digantung dibeberapa desa di Kecamatan Moutong seperti di Desa Gio, Pandelalap, Desa Boloung Olonggata dan Olonggata. Silahkan dicoba, anda pasti ketagihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.