Mie Pangsit Jember yang Jarang Kamu Temui di Kota Lain

0
1594
Wisata Kuliner Mie Pangsit Jember
Ini penampakan mie kering dan mie basah porsi besar yang saya makan bareng suami.

Buat kamu penyuka segala jenis mie, jangan merasa sudah lengkap menjajal semua jenis mie kalau belum mencoba menikmati mie pangsit asal Jember yang satu ini. Saya sendiri belum pernah menemukan mie pangsit jenis ini saat saya tinggal di Surabaya, Semarang, Balikpapan, dan Bekasi. Kalau kamu?

Biasanya yang saya temui itu semacam jenis mie ayam Solo yang identik dengan rasa manis, lalu mie ayam dengan pelengkap kuah dan pangsit rebus, atau mie godok jawa yang dilengkapi kuah seperti yang ada di Semarang.

Nah, kalau yang satu ini beda banget. Tanpa kuah dan pangsitnya dinikmati layaknya kerupuk. Tapi, ada juga yang menyajikan tanpa pangsit, tapi tetap disebut sebagai mie pangsit, hehe.

Satu lagi kelebihannya, rasanya gurih, cita rasa yang banyak diminati masyarakat Jember pada umumnya. Dan, pastinya anti eneg ya. Besok dan besoknya lagi dijamin kamu bakal ketagihan untuk menjadikan mie pangsit ini sebagai menu selingan diantara menu makanan rumahan.

Kalau sedang berkunjung ke Jember, kamu bisa coba mie pangsit ini di tempat favorit saya yaitu Mie Talang Sari, dekat arah menuju Hotel Aston Jember. Tempatnya sederhana, cuma semacam di ujung gang, tapi rame banget, terutama di jam makan siang. Buka dari jam 11 pagi sampai jam 7 atau 8 malam. Tapi, kalau mau aman, sebaiknya pas malam hari, datanglah selepas maghrib saja. Sering kehabisan jatah kalau misal kamu datang mendekati jam 7 atau di atasnya. Serius deh.

Wisata Kuliner Mie Pangsit Jember
Mie kering dengan ayam suwir dan sate mininya. Sumber : deskgram.net

Istimewanya, disini ada dua jenis mie pangsit yang ditawarkan. Pertama, mie pangsit kering yang terdiri dari mie, suwiran ayam halus, dilengkapi bawang goreng dan daun bawang. Kedua, mie pangsit basah yang terdiri dari mie, potongan ayam dadu, dilengkapi bawang goreng dan daun bawang pula. Perbedaannya pada rasa asin dan gurih yang ada di mie jenis pertama. Dan rasa dominan manis dan gurih di mie jenis kedua.

Wisata Kuliner Mie Pangsit Jember
Mie basah dengan ayam dadu. Sumber : nyipenengah.com

Asiknya, disini kamu juga bisa tambah menu lainnya, seperti beragam sate mini seperti sate ati ampela dan sate usus yang cuma seharga Rp. 500 per tusuk. Hah? Serius murah banget? Iyap, karena harga mie nya sendiri hanya berkisar Rp. 4500-6000 saja.

Lah kok beda-beda?

Jadi, ada tiga pilihan harga disini. Untuk porsi kecil, Rp. 4500. Porsi sedang kamu hanya membayar Rp. 5000, dan porsi besar cukup merogoh kocek Rp. 6000 saja. Porsi sedang lumayan kalau buat ukuran saya. Kalau ukuran anak-anak, bisa kamu pilihkan yang porsi kecil. Kalau takut kurang dan ga mau nambah-nambah, kamu bisa pilih porsi besar.

Saat pertama kali mencobanya, buat kamu yang baru pertama datang ke Jember, pasti akan terheran-heran. Bukan saja karena harganya yang jauh banget dengan standar harga di kota besar, tapi jug akarena sensasi rasannya yang enak banget. Mienya kenyal karena diproduksi sendiri oleh si ibu empunya warung, ayam suwir atau ayam dadunya ga pelit, taburan bawang goreng dan daun bawang akan jadi perpaduan yang pas, hmmm, awas menetes ya air liur, hehe.

Tak heran, dengan cita rasa yang terus dipertahankan dan juga porsi yang konsisten meski harga sempat naik, Mie Talang Sari ini banyak digemari masyarakat Jember dan punya pelanggan loyal. Setiap harinya, menurut si ibu yang juga owner warung ini, sehari bisa menghabiskan 1/2 kwintal alias 50 kg mie untuk dijual.

Wah, gimana? Udah ga sabar? Jangan lupa mampir menikmati mie pangsit ini kalau kamu berkunjung ke Jember.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.