Mie Ayam Bu Tumini, Kuliner Mie Legendaris Yogyakarta

0
133
Mie ayam Bu Tumini dengan kuah kental dan kaya rempah
Mie ayam Bu Tumini dengan kuah kental dan kaya rempah

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya tak lengkap tanpa mencicipi kekayaan kulinernya. Salah satu kuliner legendaris yang tak boleh terlewatkan saat berlibur ke Yogyakarta adalah mie ayam Bu Tumini.

Selain gudeg, mie ayam Bu Tumini juga menjadi legenda kuliner di Kota Yogyakarta. Kuliner ini berdiri sejak tahun 1990an. Mie ayam ini dianggap sebagai pelopor mie ayam “aliran” Sarirasa Jatiayu, yakni kuliner mie ayam dengan cita rasa manis dan gurih tanpa ada rasa asin seperti mie ayam yang banyak beredar di kota-kota besar.

Konon, brand tersebut diambil dari nama salah satu daerah di Gunung Kidul, yakni Jatiayu. Jadi, sudah dipastikan penjual mie ayam yang menggunakan brand tersebut berasal dari daerah Gunung Kidul. Karena kerja kerasnya, Bu Tumini yang menjadi pelopor mie ayam legendaris Yogyakarta tersebut juga masuk dalam nominasi perempuan pencipta perubahan dalam FE Sustainable di tahun 2019.

Mie ayam Bu Tumini yang legendaris
Mie ayam Bu Tumini yang legendaris.

Berkat kelezatannya, banyak orang mengklaim kuliner ini sebagai mie ayam terlezat di Yogyakarta. Maka tak heran, jika warung ini mampu menjual sekiatr 700 porsi setiap harinya. Para pelanggan mie ayam legendaris ini pun tak hanya berasal dari sekitar Jogja. Berbagai wisatawan dari berbagai daerah pun turut menyempatkan waktu untuk menikmati semangkok kelezatannya.

Nah, penasaran kan mengapa mie ayam Bu Tumini ini digemari banyak orang?

Pengolahan yang Unik dan Rasa yang Khas

Salah satu kenikmatan dari mie ayam Bu Tumini ini adalah daging ayamnya yang diolah dengan cara berbeda, yakni dengan campuran bumbu kaya rempah yang kental. Itu sebabnya, mie ayam jadi terasa lebih nikmat dan kaya akan cita rasa rempah.

Rasa manis yang menjadi andalan dalam mie ayam Bu Tumini pun sangat pas sehingga cocok bagi orang-orang yang tak terbiasa dengan kuliner manis. Tekstur mie yang kenyal dan padat serta dicampur dengan kuah kental kaya rempah semakin menambah kelezatannya. Hanya menikmati satu mangkok saja rasanya pasti terasa kurang.

Mie ayam ceker yang jadi favorit banyak pengunjung
Mie ayam ceker yang jadi favorit banyak pengunjung.

Harga yang Murah

Ada berbagai varian paket yang ditawarkan. Tentunya, harga setiap paket relatif murah, yakni sekitar Rp 8.000 hingga Rp 15.000 saja.

Untuk satu porsi mie ayam biasa kita cukup membayar Rp 10.000 saja. Jika khawatir tak bisa menghabiskan satu porsi kelezatan mie ayam Bu Tumini, teman-teman bisa memesan porsi 1/2 mangkok yang hanya dibandrol dengan harga Rp 8.000 saja.

Bagi kalian yang benar-benar merasa lapar, juga tersedia porsi jumbo dengan harga Rp 14.000. Teman-teman juga bisa memesan mie ayam ceker hanya dengan harga Rp 14.000 saja. Konon, mie ayam ceker juga menjadi menu favorit para pengunjung warung makan ini, loh.

Pelayanan Ramah dan Cepat

Kelezatan yang sangat tersohor membuat warung ini tak pernah sepi pembeli. Meski demikian, pelayanan di warung ini sangat cepat dan ramah sehingga pelanggan tak perlu antre berlama-lama untuk mencicipi kelezatannya.

Untuk menikmati kelezatannya, teman-teman bisa berkunjung ke Jalan Imogiri Timur No.187, tepat di sebelah Terminal Giwangan. Warung mie ayam Bu Tumini buka sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Warung ini juga memiliki cabang lain yang letaknya tak jauh dari lokasi pertama, yaitu di Jalan Imogiri Timur KM 6,5, Nglebeng. Nah, jika teman-teman sedang bepergian ke Jogja, jangan lewatkan kelezatan mie ayam Bu Tumini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.