Mie Ayam Afui Yogyakarta, Lezat dan Murah Meriah!

0
477
Tampak Depan Mie Ayam Afui.

Yogyakarta memang tidak habis-habisnya menghasilkan objek wisata kuliner. Selain karena kreativitas, keragaman budaya di daerah ini juga menjadi pemicu munculnya banyak wisata kuliner. Kali ini saya akan mengulas bakmi! Bakmi yang biasanya berasal dari Palembang, Jakarta, Bangka, dan Kalimantan. Tapi ternyata Yogyakarta juga memiliki bakmi andalan! Namanya adalah Mie Ayam Afui, walaupun asalnya dari Palembang, tapi mie ini sangat terkenal dan digemari oleh kalangan pecinta kuliner Yogya.

Mie Ayam Afui sudah dikenal oleh sebagai kuliner mie yang top dan lezat. Di Yogya sendiri, terdapat 3 tempat yang bisa kalian datangi untuk mencoba Mie Afui ini. Salah satunya terletak di daerah Kaliurang KM 4.5, lokasinya tidak jauh dari kampus Universitas Gadjah Mada. Sehingga, selain dipenuhi pecinta kuliner, tempat ini juga jadi salah satu spot makan favorit dari mahasiswa.

Murah, Super Banyak, dan Lezat.

Pada hari Jumat tanggal 5 Juli 2019 saya mengunjungi Mie Ayam Afui. Kurang lebih pukul 13:00 saya sampai di lokasi, bertepatan dengan jam makan siang. Suasana siang itu cukup ramai dan penuh, meja dan kursi hampir semuanya terisi oleh pelanggan. Saya pun langsung menempati tempat kosong yang tersedia. Saya lalu memesan pesanan ke kasir, ada beberapa pilihan menu mie ayam, saya mengincar mie ayam komplit. Menu yang ada di tempat ini adalah mie ayam biasa, mie ayam mini jumbo, mie ayam jumbo, mie ayam super, dan mie ayam monster! Takut tidak sanggup menghabiskan, saya akhirnya memesan satu porsi mie ayam jumbo komplit, dengan pangsit dan bakso.

Pangsit dan Bakso.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, pesanan saya akhirnya disajikan. Mangkuk yang dipakai besar sekali! Kurang lebih besarnya adalah dua kali lipat mangkok standar. Penyajiannya juga cukup menarik, seperti mie palembang lainnya, ada topping ayam dan bawang daun di atas mie. Lalu sebagai pelengkap, disajikan juga mangkuk kecil berisi kuah dengan pangsit dan baso, melihat penyajiannya sangat menggiurkan!

Saya mengaduk mie lalu langsung mencicipi potongan topping ayamnya, dan rasanya seperti topping daging khas mie Palembang. Seperti dioseng dengan kecap dan minyak wijen, rasanya sedikit manis dan basah. Saya mencampur mie dan dagingnya, lalu mencicipi mie. Rasa bumbu asin dan perpaduan bumbu lainnya sungguh nikmat! Rasanya seperti yamin asin dengan campuran bumbu yang khas Palembang. Kematangan mienya juga pas, tidak terlalu lembek tapi masih ada tekstur tepungnya.

Saya juga mencoba kuah dan pangsitnya, kuahnya cukup terasa kaldunya. Walaupun tidak terlalu kuat, tapi lumayan untuk menetralisir rasa kuat bumbu asin dan minyak dalam mie. Pangsit dan baksonya juga standar, seperti pangsit dan bakso pada umumnya. Hal yang menurut saya spesial adalah bakso goreng ikannya, rasanya gurih dan tidak terlalu terasa dominan ikannya.

Mie Ayam Porsi Jumbo Setara 3 Porsi Standar.

Nah, sebenarnya yang mencengangkan adalah harganya. Jika saya membandingkan mie dengan tipikal yang serupa, maka harga Mie Ayam Afui ini sangat murah. Yamin dan bakmi lain di daerah Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta pun kalah murah dengan mie ini.

Harga satu porsi mie biasa sekitar Rp. 7.000 – Rp. 10.000, untuk satu porsi mie mini jumbo sekitar Rp. 9.000 – Rp. 12.000, untuk satu porsi mie jumbo sekitar Rp. 10.000 – Rp. 14.000, dan untuk mie ayam super sekitar Rp. 13.000 – Rp. 16.000 saja. Sedangkan untuk bakso gorengnya adalah Rp. 1.000 per butir. Porsinya pun banyak sekali, apalagi untuk menu jumbo dan super. Oh iya, ada satu lagi paket unik, namanya mie ayam monster. Harganya sekitar Rp. 23.000, dengan porsi setara sekitar 5 mangkuk standar! Kalau saya yakin tidak akan kuat mencoba porsi itu. Apa kalian tertarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.