Meski Menyeramkan Bunker Kaliadem Ternyata Menakjubkan

0
215
Bunker Kaliadem tampak depan
Bunker Kaliadem tampak depan

Bunker Kaliadem merupakan salah satu destinasi wisata di wilayah Yogyakarta. Wisata di daerah Kaliadem sangat erat kaitannya dengan pemandangan Gunung Merapi. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi menjadi daya tarik tersendiri. Jika ingin melihat gagahnya Merapi dengan jelas, Bunker Kaliadem pilihannya. Mendengar kata Bunker membuat sebagian orang merinding dengan kisah mistisnya. Bunker biasanya digunakan untuk berlindung dari bencana gunung meletus. Orang-orang yang terjebak di dalam bunker saat bencana terjadi inilah yang membuat suasana menyeramkan. Meskipun terdengar menyeramkan, kini objek wisata ini menjadi primadona wisata alam di Yogyakarta.

Lokasi Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem berlokasi di Kinarejo, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY. Jadi, merupakan destinasi wisata di bagian utara Kota Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar satu hingga satu setengah jam. Akses jalan menuju lokasi sudah memadai. Hanya saja saat mendekati lokasi akan melewati jalanan berbatu dan berpasir.

Informasi Wisata

Saat hampir sampai ke lokasi bunker akan banyak jeep yang akan menawarkan ke tujuan. Hal ini dikarenakan medan menuju ke bunker sangat pas jika menggunakan jeep. Selain jeep pengunjung yang datang juga bisa menyewa motor trail. Jadi, tidak heran jika saat berada di Bunker Kaliadem akan ditemui banyak jeep. Jika tidak menyewa jeep, pengunjung tetap dapat menuju wisata ini dengan sepeda motor pribadi. Tetapi pastikan ban motor dalam keadaan baik ya.

Spot favorit untuk berfoto
Spot favorit untuk berfoto

Jika menggunakan sepeda motor pribadi pengunjung hanya akan dikenakan retribusi parkir Rp 2.000 saja. Bunker Kaliadem biasanya akan ramai dikunjungi saat akhir pekan dan hari libur. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi hari atau sore hari. Jangan heran jika pagi hari sekitar jam 6 pagi wisata ini sudah ada pengunjungnya. Buka 24 jam setiap hari, jadi pengunjung bebas datang kapan saja.

Megahnya Merapi

Salah satu hal yang wajib dilakukan saat mengunjungi Bunker Kaliadem adalah berfoto-foto. Spot foto favorit pengunjung tentunya dengan latar pemandangan Gunung Merapi. Dari lokasi wisata ini akan tampak jelas megahnya Gunung Merapi. Saat cuaca sedang cerah-cerahnya dipastikan Gunung Merapi akan tampak jelas. Jadi, pastikan datang saat cuaca sedang bagus ya. Bunker Kaliadem ini memang sangat dekat lokasinya dengan Gunung Merapi. Jadi, tidak heran jika kemegahan Merapi tampak jelas.

Pengunjung yang datang menggunakan jeep biasanya akan berfoto di atas jeep dengan latar Merapi. Saat berfoto di Bunker Kaliadem harus tetap hati-hati ya. Pastikan alas kaki yang digunakan nyaman. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini berupa bebatuan dan tanah yang berpasir.

Kondisi di dalam bunker
Kondisi di dalam bunker

Menelusuri Bunker

Pengunjung yang datang ke Bunker Kaliadem selain berfoto-foto juga dapat masuk ke dalam bunker. Jadi, yang penasaran dengan isi bunker bisa langsung melihat-lihat ke dalam. Suasana di dalam bunker memanglah gelap. Pastikan tidak sendirian ya saat mencoba masuk ke dalam bunker. Dari dalam bunker pengunjung bisa melihat sisa-sisa barang yang hangus terbakar saat terjadi erupsi Merapi. Bunker di Kaliadem ini ternyata sudah dibangun sejak kolonial Belanda. Namun, saat ini bunker sudah tidak difungsikan kembali.

Berburu Oleh-Oleh

Berburu oleh-oleh khas Yogyakarta tidak hanya di Malioboro saja. Saat berkunjung ke Bunker Kaliadem juga akan ditemui toko-toko yang menawarkan oleh-oleh khas Yogyakarta. Kebanyakan oleh-oleh adalah berupa aksessoris. Jika lapar atau haus tenang saja di sekitar wisata ini juga berjajar warung-warung kecil. Warung tersebut menjual minuman atau makanan ringan.

Bunker Kaliadem memang terkenal dengan cerita mistis yang menyeramkan. Akan tetapi saat ini Bunker Kaliadem lebih dikenal dengan wisata alam yang menakjubkan. Pemandangan Gunung Merapi lah yang membuat Bunker Kaliadem ramai dikunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.