Mesjid Raya Sumatera Barat, Mahakarya Megah Dengan Arsitektur Unik

0
617
(sumber: instagram.com/pesonaid_travel)

Jika berkunjung ke tanah Minang, segala arsitektur yang terlihat pasti “Rumah Bertanduk” atau Rumah Gadang yang memang ciri khas dari rumah adat Padang. Tidak terkecuali Masjid Raya Sumatera Barat atau disebut juga sebagai Masjid Mahligai Minang yang terletak di di Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan, Kota Padang. Masjid ini menjadi landmark megah terbaru Padang, Sumatera Barat.

Ada awal pembangunannya, pada tanggal 21 Desember 2007 Masjid Raya Sumbar ini meletakan batu pertamanya dan pembangunan. Masjid ini membutuhkan waktu 9 tahun untuk menyelesaikan masjid megah satu ini. Namun, lamanya pembangunan tersebut tidak membuat warga sekitar urung menggunakan fasilitas masjid yang telah tersedia sebelum rampungnya masjid, sejak tahun 2012 Masjid ini telah aktif digunakan untuk acara keagamaan terutama untuk salat jumat dan salat ied. Masjid ini pun aktif sebagai tuan rumah bagi acara tablig akbar tingkat Sumatera Barat.

Kompleks masjid ini pun tidak tanggung-tanggung, kompleks masjid ini memiliki luas sebesar 40.343 meter persegi dan memiliki tiga lantai. Artitektur unik ini dikerjakan oleh Rizal Muslimin dan desain modern miliknya terinspirasi dari bentangan kain batu Hajar Aswad sehingga keunikan tersebut membuat Masjid Raya ini tidak memiliki kubah layaknya masjid pada umumnya. Selain itu, gaya arsitektur Masjid Raya ini pun terinspirasi dari simbol sumber mata air, bulan sabit, dan rumah gadang. Maka tidak heran jika masjid ini bukannya didapati kubah melainkan empat buah tanduk rumah gadang dan berbentuk gonjong.

Konstruksi bangunannya pun tergolong canggih, mengingat letak geografis Sumatera Barat yang rentan terhadap gempa, Masjid Raya ini pun dibangun dengan 631 tiang pancang berdiameter 1,7 meter dan kedalamannya mencapai 7,7 meter. Sehingga Masjid Raya dapat berdiri kokoh dan tahan terhadap gempa hingga 10 SR. Masjid Raya ini dapat menampung sekitar 20 ribu jamaah, yang terdiri dari 15 ribu pada lantai dasar dan 5 ribu pada lantai dua dan tiga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.