Meresapi Nikmatnya Ayam Lodho Pak Yusuf, Tulungagung

0
344
Saking nikmatnya, penulis sampai lupa mengambil gambar sebelum dimakan!.

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman kuliner yang sangat kaya. Adalah suatu kebanggaan bagi kita bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Jika kita berlibur ke suatu daerah, tentu kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Apabila kita berkunjung ke Tulungagung, maka kuliner yang patut untuk kita cicipi adalah ayam lodho!

Ayam lodho merupakan kuliner khas Tulungagung yang terbuat dari ayam kampung muda yang dimasak dengan rempah-rempah khusus. Ada alasan tersendiri mengapa ayam kampung yang dijadikan bahan utama untuk ayam lodho. Tekstur ayam kampung tentu berbeda dengan ayam pedaging. Ayam kampung terasa lebih gurih dibandingkan ayam pedaging yang cenderung memiliki lebih banyak lemak.

Restoran Ayam Lodho Pak Yusuf, Tulungagung.

Selain hanya menggunakan ayam kampung, cara pengolahannya pun tidak sembarangan. Rempah-rempah dilaburkan terlebih dahulu ke ayam utuh yang kemudian di panggang secara merata hingga matang. Tidak cukup hanya dipanggang, ayam kemudian dimasak kembali di dalam kuah santan serta diberi bumbu-bumbu khas nusantara yaitu kunir, merica, pala, jahe, asam jawa, gula merah, daun sereh, daun serai, daun salam, dan juga daun jeruk. Tidak lupa ditambahkan garam dan cabe rawit hingga tingkat kepedasan sesuai selera. Kombinasi bumbu-bumbu ini membuat kuah ayam lodho terasa seperti kari pedas yang nikmat.

Proses pemasakan kembali ini menggunakan api kecil, mendidihkan santan beserta bumbu-bumbunya hingga kuahnya mengental dan rasa rempahnya meresap. Proses yang biasanya disebut dengan “kothok”, yang berarti memasak dalam waktu yang lama agar semua bumbu meresap ke dalam daging. Aroma asap dari daging yang sebelumnya dipanggang pun masih bisa tercium dengan tajam. Inilah mengapa ayam lodho terasa sangat istimewa. Karena selain tekstur dagingnya menjadi empuk dan terasa gurih, kamu juga bisa merasakan bumbunya meresap hingga ke tulang. Selain rasanya, kamu juga bisa mencium aroma ayam panggang dan kuahnya yang terasa menyatu harum sempurna.

Di dalamnya cukup besar lho

Ayam yang sudah dipanggang kemudian direbus kembali membuat daging ayam lodho terasa empuk serta bisa dengan mudah disuwir-suwir. Tidak heran, karena jika kita telaah, arti dari kata “lodho” dalam Bahasa Jawa adalah “empuk sampai dagingnya terasa sangat lunak”. Kata “lodho” juga bisa memiliki arti “makanan gurih dari santan yang sangat kental”.

Kurang lengkap rasanya ya jika saya hanya bercerita tentang nikmatnya ayam lodho tanpa memberikan rekomendasi restorannya. Nah, kalau kamu berencana berlibur ke Tulungagung, sudilah mampir ke Restoran Ayam Lodho Pak Yusuf, satu rumah makan di yang menyajikan ayam lodho yang cukup terkenal. Letak rumah makan ini sendiri berada di Jalan KH R. Abdul Fatah No.88, Barat pasar Ngemplak, Tulungagung. Restoran ini sebenarnya tergolong cukup besar dan akses menuju restoran ini pun mudah. Namun, jalan masuk yang cenderung sempit membuat restoran ini agak tersembunyi dari jalan raya. Kalau kamu ingin berkunjung ke restoran ini, perhatikan papan nama restorannya di pinggir jalan dan jangan meleng ya!

Daftar menu dan harga.

Ssst, Restoran Ayam Lodho Pak Yusuf ternyata sudah berdiri sejak tahun 1987 lho! Sampai sekarang rumah makan ini masih mengandalkan resep asli yang pastinya terasa nikmat di lidah. Tidak hanya ayam lodho, restoran ini juga menyediakan nasi uduk dan urap-urap sebagai teman makannya. Urap-urapnya jangan sampai tidak kamu pesan lho! Urap-urap yang berisi mentimun, rebusan daun singkong, kecambah, serta paruta kelapa akan membuat ayam lodho semakin nikmat saat disantap.

Untuk menikmati satu porsi ayam lodho, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp. 26.000. Harga yang cukup terjangkau mengingat rasa dari ayam lodho yang memang sangat lezat. Jika datang beramai-ramai, kamu bisa memesan menu paket yang harganya lebih murah. Untuk kamu yang memiliki penyakit kolesterol, di restoran ini kamu bisa memesan ayam lodho yang disajikan terpisah dengan kuah santannya.

Saking nikmatnya, penulis sampai lupa mengambil gambar sebelum dimakan!.

Kamu bisa menikmati lezatnya ayam lodho di Restoran Ayam Lodho Pak Yusuf ini mulai dari pukul 7 pagi hingga 12 malam, 7 hari dalam seminggu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.