Merasakan Sensasi Berenang di Kolam Alami Pantai Wediombo

0
550
Kolam alami di pantai Wediombo.

Yogyakarta bisa juga disebut dengan “Provinsi Sejuta Pantai”, karena banyaknya pantai yang ada di sana. Pantai-pantai itu tersebar di tiga dari lima kabupaten di Yogyakarta, yaitu di Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal memiliki deretan pantai indah berpasir putih. Kabupaten yang letaknya ada di sisi timur Kota Yogyakarta ini memang berpotensi sebagai daerah penyumbang wisatawan yang cukup besar, apalagi bagi para pecinta keindahan alam.

Salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul adalah Pantai Wediombo. Pantai ini memang tidak terlalu terkenal seperti Pantai Parangtritis, Pantai Glagah atau Pantai Baron. Wediombo merupakan pantai yang berada di wilayah paling timur provinsi DIY, berbatasan dengan kawasan pantai di kabupaten Wonogiri. Lokasinya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat kota Yogyakarta, setidaknya butuh kurang lebih 2-3 jam menempuh perjalanan darat untuk sampai ke pantai ini.

Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, matamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah, jalanannya pun tidak telalu ramai dan beraspal mulus. Setelah sampai di tempat parkir kendaraan, kamu harus menuruni puluhan anak tangga, karena lokasi pantai ini terletak di bawah permukaan rata-rata tanah sekitar.

Pantai pasir putih dengan air laut yang biru sangat memanjakan mata.

Dinamanakan Pantai Wediombo karena hamparan pasir pantainya yang panjang dan melingkar di antara karang. Wediombo berasal dari bahasa Jawa, wedi yaitu pasir dan ombo yaitu luas. Pantai Wediombo patut dikunjungi karena mempunyai pemandangan yang luar biasa. Air lautnya biru, pasir putihnya masih sangat terjaga, dihiasi cangkang-cangkang kerang yang terbawa ombak. Suasana Pantai Wediombo sangat tenang, jauh dari lalu lalang kendaraan. Pokoknya, tempat ini akan jadi tempat yang cocok untukmu yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Hal yang unik dari Pantai Wediombo adalah banyaknya batu-batu karang yang juga sering digunakan sebagai tempat memancing ikan. Tidak jarang pula batu-batu karang ini mempunyai bagian yang tajam di suatu sisinya sehingga di pantai ini kamu tidak diperbolehkan untuk berenang saat ombak sedang besar, karena jika terkena batu karangnya, kulitmu bisa sobek. Selain dapat menikmati keindahan birunya Laut Wediombo, perbukitan hijau juga mengapit Pantai Wediombo pada sisi kiri dan sisi kanannya, sehingga matamu akan benar-benar termanjakan oleh keindahan alam.

Wediombo jadi tempat yang asik untuk berkumpul bersama teman.

Pantai ini memiliki sebuah “kolam renang” alami yang berada di ujung timur pantai. Dari pintu masuk pantai, kolam alami ini tidak terlihat, karena tertutup oleh batu karang. Jadi, kamu harus berjalan kaki sekitar 100-200 m, kamu bisa melewati bibir pantai atau bisa juga naik melewati kebun milik warga. Kolam alami ini airnya sangat jernih sehingga kamu pun bisa melihat dasar kolam.

Tidak seperti di pantainya yang pada setiap sisinya terdapat banyak batu karang, di sini batu karangnya hanya mengapit laguna tersebut. Kamu bisa berenang atau mandi di sini jika air surut. Tapi, kamu harus tetap berhati-hati, karena sewaktu-waktu bisa saja datang gelombang laut yang sangat besar dari sebelah barat sehingga air akan tumpah dengan deras ke kolam, dan bisa-bisa kamu terbawa arus menuju laut atau terbentur batu karang di pinggir-pinggir kolam. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk berenang di kolam ini, kamu harus memastikan bahwa saat itu tidak sedang gelombang besar, kamu bisa bertanya kepada petugas SAR yang sedang bertugas. Kolam alami berukuran kurang lebih 3 x 10 m dengan kedalaman 1.5 m ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Pantai Wediombo.

Para pengunjung dapat berenang di sana.

Selain itu juga, banyak orang yang menyebut bahwa Pantai Wediombo memiliki panorama sunset paling spektakuler dibandingkan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Hal ini dikarenakan Pantai Wediombo menghadap ke barat, bukan ke selatan seperti pantai lainnya.

Walaupun masih terbilang sepi dan tidak terkenal seperti Pantai Baron ataupun Pantai Indrayanti, tetapi fasilitas di Pantai Wediombo sudah cukup lengkap, lho. Ada warung yang menjual banyak makanan berat maupun makanan ringan serta minuman. Ada pula tempat berganti baju sekaligus kamar mandi yang bersih, dan tidak ketinggalan ada juga Mushola sehingga kamu tidak perlu khawatir harus beribadah di mana. Di sini juga ada tempat yang menyewakan perlengkapan untuk campingsurfing ataupun snorkeling.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Wediombo ini kamu hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 5.000 kamu bisa mengunjungi pantai yang berdekatan, yaitu Pantai Jungwok dan Pantai Watu Lumbung dengan tambahan biaya parkir kendaraan di setiap lokasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.