Merangin Garden Wisata Instagramable di Kabupaten Merangin, Jambi

2
1377
Merangin Garden.

Traveling zaman sekarang tidak lengkap rasanya kalau tidak ke tempat-tempat yang Instagramable. Tentu saja hal itu dikarenakan bahwa ketika berlibur, kita juga tidak hanya ingin mendapatkan pengalaman, namun juga konten yang ciamik untuk dipajang di feed Instagram.

Namun perlu diingat, memajang foto di tempat wisata jangan diniatkan hanya untuk pamer. Tapi yang paling penting adalah membantu menyebarluaskan informasi pariwisata di Indonesia, apalagi wisata daerah sendiri. Tidak harus menunggu menjadi duta wisata terlebih dahulu untuk mempromosikan pariwisata Indonesia kita tercinta.

Memang, beberapa tahun terakhir ini, taman bunga menjadi tempat wisata yang hits di banyak daerah di Indonesia. Selain keindahan aneka bunga, beberapa spot foto buatan yang instagramable menjadi perhatian untuk menarik kunjungan wisatawan.

Spot foto payung warna warni.

Salah satunya adalah Merangin Garden, taman bunga yang berada di kelurahan Pematang Kandis, Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Sejak taman ini dibuka pada pertengahan tahun 2017, banyak masyarakat Merangin dan sekitarnya yang berkunjung ke sini. Bahkan, ada wisatawan yang jauh-jauh dari kota Jambi dan kota Padang.

Untuk menuju ke sini, paling mudah adalah dengan menggunakan Google Maps, dijamin tidak akan tersesat. Bahkan, kira-kira 1 km sebelum tempat wisata ini, ada spanduk besar yang menunjukkan arah jalan. Sekalipun jika ingin bertanya kepada masyarakat sekitar, mereka akan dengan ramah membantu.

Sesampainya di sana, ada petugas parkir yang memberikan karcis parkir sesuai kendaraan yang dibawa, yaitu Rp5.000 untuk mobil, dan Rp2.000 untuk motor. Setelah itu, petugas akan mengarahkan di mana teman-teman harus memarkirkan kendaraan.

Spot foto ayunan ranting.

Loket penjualan tiket berada di dekat pintu masuk, dengan harga tiket Rp15.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak di bawah 7 tahun tidak dikenakan tiket masuk, namun jika anak balitanya lebih dari satu orang maka harus membayar separuh dari harga tiket normal.

Jika teman-teman ke sini pada siang hari, tentu saja akan merasakan panasnya sengatan matahari, mengingat taman ini berada di tempat terbuka. Namun, ada banyak jasa sewa payung dengan harga Rp5.000 saja tanpa batasan waktu, sampai kalian puas menikmati tempat ini.

Begitu masuk, kita akan disambut oleh payung berwarna-warni yang bergantungan. Tentu saja ini menjadi spot foto pertama yang harus diabadikan. Tipsnya, tunggulah sampai orang-orang tidak terlalu banyak berlalu-lalang dibawah payung-payung tersebut, sehingga hasil foto lebih bagus dan tidak banyak gangguan.

Selanjutnya pengunjung disambut dengan hamparan bunga-bunga berwarna kuning dan merah. Warna yang sangat mencolok dan sangat indah bila diabadikan dengan kamera. Cobalah untuk mencari spot dan angle yang pas saat berfoto. Tapi, ada hal penting yang harus diingat, jangan sampai menginjak atau merusak bunga ketika asik berfoto-foto.

Spot foto hammock.

Sayangnya, bunga-bunga yang indah ini tidak dilengkapi papan nama mengenai informasi jenis bunga, sehingga orang awam seperti saya tidak tahu apa jenis tanaman-tanaman yang ada di sana. Jika ada papan penjelasan, tentu akan menambah wawasan pengunjung.

Selain taman bunga, masih ada rumah sangkar burung yang bisa dijadikan spot foto. Tentu saja harus antri dengan pengunjung lainnya. Jangan khawatir, masih ada ayunan ranting, dan hammock yang juga bisa dijadikan properti untuk bergaya dibalik kamera.

Tempatnya yang luas tentu mengundang dahaga setelah berkeliling untuk berfoto. Untungnya, di dekat pintu keluar ada para penjual minuman dan makanan ringan. Namun di sini tidak disediakan gazebo khusus untuk duduk dan makan, jadi lebih baik dibawa dan dimakan di dalam mobil saja.

Nah, semoga ulasan ini bermanfaat bagi teman-teman yang akan berkunjung ke Kabupaten Merangin. Jika sudah ada yang pernah kesini, silahkan upload fotonya di Instagram dengan hastag #MeranginGarden dan tag ke @travelblogid ya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.