Menyusuri Sunyinya Mangrove Margomulyo Balikpapan

0
1265
Wisata Margomulyo Balikpapan
Suasana dalam hutan mangrove.

Beberapa waktu yang lalu, ketika pulang ke kampung halaman di Balikpapan saya menyempatkan mampir ke salah satu destinasi wisata alam, yaitu kawasan konservasi Hutan Mangrove Margomulyo.

Ditemani seorang kawan lama, Eva namanya, sayapun memacu kendaraan ke arah barat, lokasi hutan mangrove ini tepat berada di belakang gedung SMA 8 Balikpapan.

Hutan Mangrove Margomulyo
Rumah penduduk di sekitar kawasan hutan mangrove.

Setelah memarkirkan kendaraan dan dirasa cukup aman untuk ditinggalkan, kami pun melanjutkan dengan berjalan kaki.

Ini kali kedua saya kemari, banyak sudah perubahan yang terjadi, pohon yang dulu masih saya jumpai masih berupa tunas sekarang tumbuh semakin lebat, jalanan kayu yang sebagian sudah disemen dan beberapa bagian dinding pembatas antara sekolah dan hutan dilukis mural hewan-hewan khas Kalimantan.

Untuk masuk ke dalam hutan, kalian cukup ikuti saja jalanan kecil tersebut.

Hutan Mangrove Margomulyo
Papan penanda masuk kawasan wisata mangrove.

Hampir saja kami kecewa karena, pagar kayu dengan tinggi kira-kira 3 meter tersebut ternyata digembok rantai, untung saja ada salah satu warga di sana menyarankan kami untuk menghubungi nomer kontak di papan yang tergantung di atas pagar.

“Pagar ini dibuka kalau hari-hari weekend mba, sabtu dan minggu, biasanya banyak pengunjung, kalau hari-hari biasa hubungi aja penjaganya”

Tidak butuh waktu lama, seorang wanita paruh baya menghampiri kami, di tangannya tergenggam kunci dan buku besar.

Pintu pagar pun dibuka, wanita tersebut segera membuka buku daftar kunjungan, rupanya banyak juga yang berkunjung kemari, rata-rata wisatawan lokal, ada juga beberapa turis dan nama beberapa lembaga.

Setelah mengisi daftar kunjungan, kami pun masuk kedalam hutan, ibu penjaga itu lalu menutup kembali pintu pagar dari luar.

“Saya kunci ya mba, kalau gak dikunci nanti banyak orang sembarangan masuk, kalau sudah selesai nanti hubungi saya aja lagi”

Ibu penjaga itu pun berlalu pergi, tinggal lah kami dikepung kesunyian hutan mangrove serta lebat dan rapatnya daun mangrove, membuat suasana terasa sejuk, lembab, redup dan mungkin sedikit mencekam, karena kami hanya berdua saja di dalam hutan yang luasnya 16,8 Ha ini.

Hutan Mangrove Margomulyo
Hutan Mangrove Margomulyo.

Di depan kami terdapat jembatan berbahan kayu ulin yang panjang membelah kawasan hutan, kamipun masuk kedalam, keriuhan siswa/i SMA yang terdengar sejak kami masuk dari pintu utama, perlahan hilang, tergantikan dengan kecipak Ikan Tempakul – ikan amphibi yang mampu memanjat pohon bakau.

Kalau beruntung kalian bisa menyaksikan Bekantan – monyet berhidung panjang dengan bulu pirang keemasan bergelantungan mencari makan di dahan atau sekedar mencari pasangan, mereka biasa muncul pada pagi/subuh dan sore hari, sayangnya kami kemari menjelang siang.

Hutan Mangrove Margomulyo
Terdapat gazebo untuk melepas penat para pelancong.

Di dalam hutan mangrove terdapat menara dan gazebo untuk para pelancong yang sekedar beristirahat melepas lelah atau ingin melihat panorama sekitar hutan dari atas.

Hati-hati jika berjalan di atas jembatan kayu, selain licin beberapa jembatan kayu ada yang rusak dan miring, menurut penjaga di sana, jembatan ini biasanya rusak karena Bekantan, oiya mata juga harus awas juga terhadap kotoran Bekantan, tidak banyak tapi ada dan menyebar.

Selain itu jangan lengah karena beberapa bagian jembatan terdapat dahan pohon yang melintang sehingga bisa saja kepala kalian terbentur dahan besarnya.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri Hutan Mangrove Margomulyo ini sekitar 40 menit dengan kecepatan kami yang santai dan tidak banyak mengambil gambar

Tidak ada ketetapan harga untuk biaya masuk, cukup isi buku tamu dan membayar seikhlasnya kepada penjaga.

Dan yang paling penting, jangan tinggalkan apapun selain jejak dan jangan ambil apapun selain gambar/photo.

JAGALAH KEBERSIHAN DAN KELESTARIAN HUTAN.

—-

Alamat  Hutan Mangrove Margomulyo:

Belakang SMU Negeri 8

AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo,

Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Buka : 08.00 – 17.30 WIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.