Menyusuri Kabut di Sukorini Foggy Village

0
1919
Sukorini Foggy Village, di antara pinus dan kabut.

Puluhan kali ke sini, aku hanya nongkrong cantik di depannya. Menemani kabut menembus keangkuhan. Ya, di depannya ada beberapa kuliner sederhana yang nyaman untuk sekedar ngopi atau ngebakso. Namanya Sukorini Foggy Village, desa kabut,  keren, ya. Wisata alam di tempat tak terduga. Di sebuah bukit berketinggian 1.100 di atas permukaan laut. Penuh rimbun pinus. Tapinya, aku belum pernah masuk ke dalam. Yang ada hanya hahahihi di parkiran, nyantai bersama sahabat kesayangan. Dan beberapa kali ngopi ngeteh berjam-jam karena berteduh.

Ah ya, curah hujan tinggi membuatku selalu ingat. Mantel atau jas hujan barang harus dibawa ketika berkendara roda dua. Yang bawa mobil, payung dong ya. Jalanan penuh kabut jadi salah satu momen menarik menuju area wisata alam ini. Meskipun, saat cerah pemandangan tetap bikin klepek-klepek. Berawal dari sini, mendadak kepo juga ingin masuk ke dalam wisatanya. Pas ada waktu pas kabut menipis. Perjalanan dari Desa Sumowono membutuhkan waktu lumayan juga.

Yap, Foggy Village terletak di Desa Kemitir, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari Desa Sumowono sendiri sekitar 45 menit naik kendaraan roda dua. Jalan yang dilalui merupakan penghubung Desa Sumowono menuju Temanggung. Naik turun jalan bakal membuat perjalananmu menyenangkan. Sepanjang jalan, yang ada sawah, ladang serta terasiring. Bakalan takjub setakjub-takjubnya.

Wisata Alam Sukorini Foggy Village terletak di Desa Kemitir, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Searang, Jawa Tengah.

Menuju pintu masuk tiketnya murmer 5 ribu per orang dan parkir motor hanya dibandrol 2 ribu rupiah. Super duper terjangkau, kan? Sambutan pertama tentunya aroma pinus. Lagi-lagi aroma pinus mengingatkanku akan gunung. Kapan terakhir kali menuju puncak? Alam yang seindah-indahnya. Seperti keindahan negeri di awan. Bukan dongeng, tapi nyata adanya.

Sambutan berikutnya adalah anak tangga yang lumayan banyak menuju area wisata ini. Dengan bola-bola mainan di atasnya. Nah, di tangga ini, kamu bisa ambil foto semaumu. Epik nan eksotis. Di kiri tangga ada jalan setapak dengan kanan kiri ribuan pinus. Hem, bikin betah banget. Seberapa jauh jalan setapak yang mampu dilalui menuju beberapa tempat foto yang epik. Meski kabut sering menghalangi, tak akan menghalangimu untuk melangkah. Alam nan seksih guys. Keindahan yang sebenarnya.

Dari atas, jalan raya yang meliuk menghubungkan Desa Sumowono menuju Temanggung.

Buat Kamu yang suka fota foto dan penggemar fotografi, ada banyak hal bisa dijadikan momen indah. Garengpung, belalang, kalau kebetulan yang sangat kebetulan lagi musimnya. Atau berburu pinus yang tak pernah membosankan untuk difoto. Kenapa dibilang negeri di awan penuh kabut? Yah, ketinggian tempatnya membuat tempat ini pagi sudah penuh dengan kabut. Pagi, siang bahkan sore hari, kalau nggak panas banget artinya kabut akan menyongsong keberadaanmu. Dingin menerpa, tubuh dipenuhi kedinginan sebenarnya. Dinginnya alam.

Spot foto kapal, latarnya kabut.

Di atas negeri di awan eh Foggy Village, jika sedang beruntung dan tak tertutup kabut, tampak Gunung Ungaran. Oh ya, ada juga ada gazebo untuk bersantai. Bisa sambil makan camilan yang dibawa. Aha, di tengah gazebo ini, pemandangan yang dilihat juga mengesankan lho. Jalan raya yang berkelok di bawah, kabut di lereng gunung dan pinus yang selalu menyatu. Spot foto ada beberapa yang bisa jadi pilihan. Kapal, pesawat terbang, atau hanya spot di tengah sebuah pohon.

Kulineran di depan Foggy Village bikin kenangan tersendiri.

Dalam area ini juga ada petilasan, sebuah makam kyai. Sudah puas menyusuri pinus, puas melihat kabut. Bisa langsung keluar. Nggak usah takut kelaparan, ya. Ada banyak menu ndeso (desa) nan syahdu bisa dipilih dan disantap. Yang spesial sih sego jagung. Sego artinya nasi. Sego jagung merupakan nasi jagung. Nasi yang berbahan dasar jagung dengan penanganan khusus sebelum dimakan.

Tak hanya itu, ada pula mi ayam, bakso, gorengan dan camilan. Mau ngopi, ngeteh, bisa banget. Ala-ala desa guys. Sambil nongkrong bersama teman, sahabat atau orang terkasih. Wuidih, pasti bikin kamu kerasan males pulang haha.

Pas banget buat kamu yang suka kabut. Hihi… kabut apa kabut? Atau memori indah tentang kabut?

Pokoknya yang suka travelling, Foggy Village, pesona alam yang harus jadi list utamamu. Nggak ada kendaraan? Bukan masalah. Silakan ngojek. Banyak di Desa sumowono, hehehe. Nggak perlu kebanyakan mikir lagi, langsung cek jadwal kesibukanmu. Kabut telah menunggumu di Foggy Village.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.