Menyusuri Jalan Di Sekotong Hingga Menemukan Keindahan Pantai Mekaki

0
1606
Pemandangan Pantai Mekaki.

Yang pertama dibayangan kita tentang jalan raya adalah tempat lalu-lalang kendaraan yang membuat ramai dan macet. Namun, berbeda dengan jalan yang ada di Sekotong bagian Selatan ini. Jalan ini diperbaiki pada pertengahan 2018 lalu oleh Pemda Lombok Barat untuk akses ke Pantai Mekaki. Mengingat jalan menuju Pantai Mekaki ini dulunya sangat jelek dipenuhi bebatuan, debu, dan pasir beserta kerikil, tapi sekarang kita dapat menikmatinya dengan pemandangan indah di setiap jalan yang kita lalui ke Pantai Mekaki. Pantai Mekaki adalah salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya. Setiap tahun, Pemda Lombok Barat mengadakan Mekaki Marathon untuk menggaet para wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayah Sekotong Bagian Selatan. Dengan bertujuan untuk mempromosikan pantai yang ada di Sekotong ini ke kancah Internasional.

Selain indah, Pantai Mekaki juga merupakan salah satu tempat yang pas untuk melakukan olehraga surfing. Karena, Pantai Mekaki memiliki ombak yang pas untuk olahraga yang ekstrem ini, tentunya bisa menantang adrenalin bagi para pelancong untuk berselancar. Untuk travelovers yang hobi main papan selancar ini, sangat pas untuk mengunjungi pantai Mekaki. Selain itu, Pantai Mekaki memiliki keindahan yang sangat menawan. Sebelum para travelovers sampai Pantai Mekaki, para travelovers disuguhkan oleh pemandangan yang indah. Jalan yang dibuat di atas pegunungan Sekotong ini membuat kita berkendara melewati dataran tinggi Sekotong.

Pemandangan Jalan ke Pantai Mekaki.

Ada dua jalur yang bisa travelovers lewati ke Pantai Mekaki. Bisa melalui jalan utara bagian Bekotong Barat, di Desa Pelangan, dan bisa melalui jalan selatan di Desa Sepi. Jika kalian berangkat dari Mataram dan melalui jalan Sekotong Barat, kalian akan menempuh 2-3 jam perjalanan dan melewati pinggiran pantai yang ada di Sekotong bagian barat. Namun, jika kalian melalui jalan Sekotong bagian Selatan, tepatnya di Desa Sepi, para travelovers menempuh waktu 2 jam saja dari Kota Mataram. Yang berbeda dari jalan di Sekotong Selatan dan Barat ialah jalan yang dilalui. Sekotong Barat melalui pinggir pantai, Sekotong Selatan melalui atas gunung yang ada di wilayah Sekotong Selatan.

Pada hari Minggu, saya bersama teman-teman dari berbagai daerah berkesempatan menyusuri jalanan yang ada di Sekotong Selatan. Menuju Pantai Mekaki dari Sekotong Selatan membuat mata kami dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Jalanan yang sepi, mulus, dan pemandangan yang elok membuat saya bersama rombongan menikmati setiap jalan yang ada di bagian Sekotong Selatan. Tak tanggung-tanggung, di sela perjalanan, kami sering berhenti untuk memfoto pemandangan jalan yang kami lalui.

Sesampainya di Bukit Paralayang Mekaki, jarak yang tak jauh sebelum sampai Pantai Mekaki, kami menyempatkan diri untuk beristirahat di sana. Salah satu bukit tempat bermain paragliding ini memiliki pemandangan cukup indah. Kita bisa melihat deburan ombak yang ada di Pantai Mekaki dan bisa melihat biru laut yang membentang luas dari atas Bukit Paralayang Mekaki ini.

Bukit Paralayang di Atas Pantai Mekaki.

Setelah beristirahat, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Mekaki. Sesampainya di Pantai Mekaki, kami terpukau oleh pasir putih, ombak besar, dan debur angin laut menyapa kami. Sungguh alam telah menyapa kedatangan kami. Tapi sayang, Pantai Mekaki tidak bisa kami nikmati lantaran tidak membawa pakaian ganti untuk mandi. Keadaan angin kencang juga membuat ombak saat itu tidak bersahabat bagi kami untuk mandi.

Pantai Mekaki memang pantai yang sangat sepi. Masih jarang wisatawan yang mengunjungi Pantai Mekaki. Jika kalian ingin mengunjungi pantai Mekaki, disarankan untuk berkelompok atau beramai-ramai, karena jika hanya berdua saja, bisa lebih bahaya karena keadaan sepi. Pantai Mekaki tidak memungut retribusi untuk masuk ke area pantai, sebab tidak ada yang mengelolanya. Namun, ada beberapa masyarakat yang tinggal di daerah bawah Bukit Paralayang yang terkadang meminta sumbangan jika Anda memasuki area pantai Mekaki.

Pantai Mekaki adalah ujung jalan yang ada di Lombok Barat. Pantai Mekaki adalah batas selatan Pulau Lombok yang memutus jalan aspal demgan pantai Mekaki. Belum ada hotel, ataupun villa yang dibangun, hanya ada gubuk masyarakat setempat yang dengan sengaja melepas binatang ternaknya di area pantai. Pantai Mekaki juga masih sangat alami, pas untuk para traveler yang ingin menikmati keheningan dengan bercengkerama dengan ombak. Ayo ke Mekaki. Jangan lupa bawa pasangan dan kawan-kawannya. Tidak disarankan untuk mandi bagi yang takut ombak dan yang tidak bisa berenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.