Menyusuri Indahnya Sungai Maron di Pacitan, Jawa Timur

0
179
Suasana Asri Sungai Maron.

Termasuk salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah membuat Kota Pacitan menarik untuk dikunjungi. Banyak objek wisata alam yang bagus untuk dijelajahi di sana, mulai dari pantai, goa, dan berbagai sungai yang terkenal. Panorama yang indah dan berbagai tempat wisata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, membuat mereka semakin penasan untuk menikmatinya secara langsung.

Salah satu objek wisata yang terkenal adalah Sungai Maron. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Klayar, membuat Sungai Maron ini mudah ditemukan. Berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan membuat liburan jadi lebih banyak pilihan mengunjungi objek wisata yang berdekatan.

Memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan membuat sungai ini sering dijuluki Sungai Amazon Indonesia dan ada juga yang menjuluku Green Canyon Indonesia. Sebab, sungai Maron ini memang bentuknya sangat panjang dikelilingi dengan berbagai pepohonan di kanan kiri sungai. Warna sungai yang hijau menyegarkan, Menambah suasana nampak asri sekali.

Berbatasan dengan Pantai yang tak kalah indahnya.

Apapun itu julukannya, Keindahan dan suasana asri sungai Maron kurang lengkap jika menikmatinya dari pinggiran sungai. Teman traveler bisa menikmati secara langsung dengan cara menyusuri Sungai, menggunakan perahu yang bisa disewa. Hal ini tentu akan mendapatkan sensasi yang berbeda saat mengunjungi sungai ini.

Berapa Tiket Masuknya?

Untuk bisa menikmati sungai Maron ini cukup terangkau, teman traveler cukup membayar Rp. 2.000 untuk satu orang. Murah sekali bukan? teman traveler sudah bisa menyaksikan keindahan sungai Maron dan siap bersenang-senang hingga puas menyusuri sungai atau hanya bermain ditepi sungai.

Menikmati Susur Sungai Maron

Untuk bisa menyusuri sungai Maron, sebaiknya teman traveler bisa menyewa perahu yang sudah berjajar di tepi sungai milik warga Pringkuku. Fasilitas yang didapatkan pun lengkap, ada warung makan, toilet, halaman parkir dan berbagai peralatan seperti pelampung dan dayung.

Biaya sewa satu perahu untuk menyusuri sungai Maron pun terjangkau mulai dari Rp. 100.000, Rp. 150.000 hingga Rp. 155.000 tergantung dari perahunya. Satu perahu yang disewa bisa muat untuk enam hingga tujuh orang penumpang. Cukup terjangkau bukan? biaya tersebut sudah termasuk guide atau pemandu wisata yang siap mengantar teman traveler menyusuri indahnya sungai Maron.

Serunya Berkeliling Menggunakan Perahu.

Memiliki panjang kurang lebih 4,5 kilometer dengan dalam sekitar 20 meter. Oleh sebab itu, para pengunung yang ingin menyusuri pantai wajib untuk menggunakan pelampung supaya lebih safety. Karena menyusuri sungai Maron membutuhkan durasi perjalanan lumayan lama yakni sekitar 50 menit hingga satu jam. Waktu tersebut sudah termasuk istirahat perahu, dan berhenti di spot unik untuk mengambil foto.

Setelah selesai menyusuri sungai, teman traveler akan tiba di muara sungai Maron. Tepatnya di sebuah pantai bernama Ngiroboyo. Serunya lagi, setelah selesai menyusuri sungai dan tiba di pantai ini teman traveler bisa bersenang-senang melakukan berbagai kegiatan surfing, dan tubing. Gimana, seru kan?

Sungai Maron memang tidak seperti sungai-sungai pada umumnya, arusnya cukup menantang dan airnya berwarna kehijauan. Hal ini membuat daya tarik tersendiri, sehingga oleh pemerintah Pacitan sering diadakan lomba mendayung sepanjang 300 meter yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2012. banyak yang mengikuti ajang mendayung ini dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Tak heran jika sungai Maron ini semakin banyak pengunjung berdatangan dari berbagai kota.

Nah itu dia sekilas cerita tentang sungai Maron dan keunikannya. Tak lengkap rasanya jika menikmati sungai ini hanya dari tepian saja.  Objek wisata ini cocok untuk menghambiskan waktu liburan bersama keluarga dan sahabat. Supaya liburan makin berkesan, jangan lupa diabadikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.