Menyicipi Kuliner Ramadan Khas Pontianak, Sotong Pangkong

0
1118
(sumber: flickr.com/andi32)

Jika membahas kuliner khas Kota Khatulistiwa, Pontianak, mungkin yang lewat dipikiran akan muncul Mie Tiaw, Bubur Ikan, bahkan Choipan. Karena pada dasarnya, ibukota Kalimantan Barat ini memiliki ragam kuliner yang sayang sekali jika dilewatkan, terutama yang satu ini, Sotong Pangkong yang banyak dicari bagi sebagian orang.

Sotong atau Cumi gepeng yang dibakar berbalut bumbu manis dan asam membuat kudapan satu ini diminati bagi sebagian orang. Sotong Pangkong adalah makanan khas Ramadan asal Pontianak yang disajikan gepeng dan berasap, ditemani oleh sambal asam manis atau ebi. Bahan yang beragam membuat kudapan Ramadan satu ini memiliki rasa asam, gurih, asin yang cukup dominan. Apalagi jika tambah lagi dengan sambalnya, rasanya pun akan semakin gurih.

Disebut sebagai Sotong Pangkong pun berawal dari dua kata bahasa melayu yang berarti “Cumi Pukul” karena proses dari pembuatan Sotong Pangkong pun diproses dengan cara dibakar yang kemudian dipukul-pukul hingga gepeng. Sotong Pangkong pun disajikan dengan sambal asam pedas, biasanya sotong satu ini dinikmati dengan cara dicocol ke dalam sambal atau dibaluri langsung ke atas Sotong tersebut. Sambal pedasnya sendiri berbahan dasar kacang yang ditumbuk halus, sehingga rasa yang dihasilkan begitu gurih.

Untuk menikmati sajian Sotong Pangkong satu ini, sebaiknya kunjungi Pontianak saat Ramadan. Karena di luar momen Ramadan, Sotong Pangkong sulit ditemukan bahkan hampir tidak ada yang menjual Sotong Pangkong. Sotong satu ini bisa dibanderol mulai dari 20.000 hingga 60.000 rupiah. Tergantung dari ukuran Sotong yang akan dibeli.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.