Menyegarkan Feed Instagram dengan Pemandangan Permadani Hijau di Jalanan Cangar Kota Batu

0
379
Hamparan Hijau Perkebunan di Cangar.

Kota Batu memang telah terkenal dengan udaranya yang sejuk dan berbagai macam wisatanya. Tak hanya wisata keluarga seperti Jatim Park, Museum Angkut, Alun-alun Batu, Batu Night Spectacular dan wisata edukatif lainnya, Kota Batu juga menyimpan keindahan alam yang tiada duanya. Daerah Batu yang secara geografis terletak di dataran tinggi dengan dominasi pegunungan, sangat memungkinkan Kota Batu memiliki wisata alam yang bervariasi, seperti coban atau air terjun, bukit paralayang di Gunung Banyak, susur sungai, pemandian air panas di Cangar dan masih banyak lagi pemandangan dan wisata alam lain di Kota Batu.

Namun, kali ini aku akan membahas perjalananku menyusuri jalanan menuju wisata Pemandian Air Panas Cangar yang membiusku. Kala itu, perjalanan kami dimulai dari rumah temanku di daerah Kasin, pada pukul 08.00. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 1.5 jam dengan kecepatan biasa aja. Dari daerah Kasin, kami langsung menuju ke arah Batu, sesampainya di Batu, pilihlah jalur menuju ke Cangar, jalan menuju Cangar memang menanjak dan berkelok, namun keindahan pemandangannya akan membuat siapapun terpana. Memasuki jalanan Cangar, kami melihat banyak sekali wisata petik apel dan lapak-lapak penjual tanaman hias berjejer di pinggir-pinggir jalan.

Setelah beberapa lama, kami melihat pemandangan yang menakjubkan. Benar-benar pemandangan yang memanjakan mata dengan hamparan kebun nan hijau sejauh mata memandang. Kebun di daerah sini didominasi oleh sayuran, seperti wortel, kentang, dan buah-buahan yang hanya bisa hidup di dataran tinggi berudara sejuk.

Berjalan Melewati Kebun Wortel.

Pada salah satu spot area perkebunan, kami berhenti. Di daerah sini, kalian boleh berfoto di antara tanaman-tanaman kebun dengan catatan jangan sampai merusak dan menginjak tanaman milik warga. Apabila ada pemilik kebun, kamu bisa meminta izin untuk berfoto. Kemudian, kami berfoto pada salah satu kebun wortel dengan pemandangan yang menurut kami menakjubkan. Saat itu, langit sedikit mendung namun matahari masih menampakkan sinarnya. Udara di sana juga sejuk dan menyegarkan pernapasan.

Tak hanya kami, banyak pengendara motor atau mobil menyempatkan diri berfoto ketika melewati jalanan ini. Memang sepanjang jalan kalian akan disuguhkan pemandangan yang bahkan bisa membuat mulut kalian ternganga. Jalur Cangar merupakan jalur alternatif yang menghubungkan kota Batu (Malang) dengan daerah Pacet (Mojokerto). Perjalanan dari Batu ke Surabaya melewati jalur Cangar memang terbukti memangkas waktu.

Petani Berkebun.

Selain menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, jalur ini merupakan jalur yang berbahaya apabila kendaraan yang ditumpangi tidak dalam kondisi prima. Jalur yang menanjak, berkelok, dan turunan tajam dapat mengakibatkan rem terbakar dan blong. Sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas. Apabila kamu hendak menuju Pacet dari kota Batu melewati Jalur Cangar atau sebaliknya, pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang baik. Dan tetap patuhi aturan lalu lintas selama perjalanan.

Ketika itu, kami hanya menyusuri jalanan menuju Cangar dengan tujuan menyegarkan mata dengan pemandangan sekaligus hunting foto untuk menyegarkan feed Instagram. Kami sempat memasuki wisata Pemandian Air Panas Cangar, namun karena penuh kami mengurungkan niat dan memilih untuk berbalik arah menuju Kota Batu lagi. Dalam perjalanan pulang, kami kembali berhenti pada spot-spot foto yang kami anggap menarik. Beberapa saat kami juga berdiam di tengah kebun sambil menikmati pemandangan dan semilir angin. Setelah matahari sudah meninggi, kami memutuskan untuk pulang.

Tertarik melihat pemandangannya kan? Yuk, ke Malang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.