Menyantap Seafood Sekaligus Terapi Ikan di Gubuk Mang Engking

0
240
Aneka Seafood segar yang menggoda.

Wisata icip-icip makanan memang menjadi salah tujuan pelancong. Makanan yang lezat dan suasana tempat makan yang nyaman serta unik membuat seseorang rela menghabiskan banyak uang. Bahkan ada seorang Youtuber memamerkan jalan-jalannya ke luar negeri hanya untuk icip-icip makanan. Tak perlu pergi ke luar sebenarnya untuk bisa merasakan makanan lezat. Ada salah satu resto makanan enak di Jabodetabek yang tempatnya sangat nyaman dan unik. Nama resto itu adalah Gubuk Mang Engking. Dengan sajian serba seafood segar andalannya.

Gubuk Mang Engking tersebar di seluruh Indonesia, namun yang menyedot perhatian adalah Gubuk Mang Engking di dalam kampus UI Depok. Dan saya sendiri sudah pernah mengunjunginya. Berikut ulasannya:

Gubuk Mang Engking Depok terletak di dalam kawasan Universitas Indonesia. Terdapat banyak gazebo atau gubuk, mulai dari yang kecil sampai yang besar dan jumlahnya sangat banyak. Gubuk Mang Engking Depok ini tidak jauh dari asrama mahasiswa UI namun letaknya agak jauh dari perkampungan karena posisi gubuk yang bersebelahan dengan danau UI dan hutan lindung UI. Jadi suasana tenang seperti itu membuat siapa saja bisa betah berlama-lama di dalamnya.

Suasana di dalam gubuk besar yang muat 11-13 orang.

Ketika kita masuk ke gubuk, kita akan disambut oleh pramusaji dengan ramah. Kita akan diarahkan ke gubuk atau kita juga bisa memilih gubuk yang masih kosong. Masing-masing gubuk bersebelahan dengan empang berisi ikan warna-warni. Gubuk ini memiliki ukuran yang bervariasi. Ada yang kecil yang hanya bisa diisi 3-4 orang saja. Ada pula yang besar yang bisa memuat 11-14 orang. Karena waktu itu saya datang beramai-ramai maka saya dan teman-teman saya diarahkan ke gubuk yang besar.

Begitu disodorkan menu makanan, kami kaget. Harga yang ditawarkan sangatlah mahal. Tapi untungnya kami datang ramai-ramai jadi bisa patungan lauk seafood di mana satu ikan gurame berkisar 90-100 ribu rupiah. Sementara nasi seharga 7 ribuan. Kami memesan beberapa lauk lain seperti udang bakar madu, tahu dan tempe, dan aneka sambel untuk ramai-ramai dengan total 500 ribu rupiah belum termasuk pajak yang sampai 10 persen plus biaya jasa pelayanan. Tapi kami sangat puas karena seafood yang disajikan sangatlah lezat. Ikan guramenya sangat segar seperti baru ditangkap dari empang. Dan udang bakar madunya merupakan udang bakar madu terlezat.

Ada banyak ikan hias di samping gubuk.

Selain makanannya yang lezat, fasilitasnya juga komplit mulai dari musala yang bersih, toilet kinclong dan hiasan-hiasan sepanjang gubuk atau gazebo. Fasilitas lainnya yang perlu dicoba adalah terapi ikan gratis. Tak jauh dari gazebo, ada kolam kecil di mana ikan-ikan itu adalah ikan yang biasa digunakan untuk terapi kaki. Tak perlu menunggu lama, saya langsung celupkan kedua kaki saya, seketika itu gerombolan ikan mengerubungi kaki saya. Saya merasa sangat geli. Tapi setelah itu, kaki saya merasa sangat nyaman dan rileks. Hal ini bisa kita lakukan sambil menunggu pesanan. Apalagi terapi ini gratis, oleh karena itu banyak pengunjung resto yang keasyikan seperti saya.

Tempat terapi kaki dengan ikan tak jauh dari gubuk.

Gubuk Mang Engking Depok ini patut dicoba bagi wisatawan, mahasiswa atau pekerja kantoran yang ingin merasakan makanĀ seafood sekaligus terapi ikan. Banyak ikan yang bisa kita lihat, mulai dari ikan di akuarium, ikan untuk terapi, dan tentu saja ikan untuk disantap. Namun jangan keseringan juga karena harga makanannya yang sangat mahal. Apalagi bagi mahasiswa yang uang sakunya pas-pasan. Bisalah dicoba satu semester sekali. Apalagi jika mengajak ramai-ramai teman sekelas sambil bermain kartu uno, sharing dan curhat atau mengerjakan tugas kelompok karena kita tidak bakal diusir kalau pengunjungnya tidak sedang ramai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.