Menyantap Masakan Ndeso di Kopi Klotok, Jogjakarta

0
518
Warung Kopi Klotok.

Jogja merupakan salah satu daerah dengan berbagai macam jenis destinasi wisata mulai dari pantai, museum, hingga pegunungan. Suasana Jogja membuat banyak orang selalu ingin berwisata ketempat ini. Mendengar kata unik, nyentrik, budaya dan Jawa akan menjadikan kita selalu teringat dengan Jogja. Jika kalian sedang berwisata ke Jogja jangan lupa mencoba wisata kuliner di Kopi Klotok yang terletak di Jalan Kaliurang Km. 16. Tempat wisata kuliner ini berada di daerah utara, jalanan arah ke Gunung Merapi. Jika berasal dari Jalan Kaliurang maka harus memasuki gang terlebih dahulu sejauh 200 m dari jalan raya.

Menyantap makanan ditempat ini sangat nyaman bersama keluarga atau teman. Konsep suasana pedesaan, bangunan rumah joglo khas adat Jawa dengan ornamen-ornamen khas rumah tradisional Jawa membuat suasana tempat makan ini lebih klasik dan nyentrik. Lokasi warung berada di pinggir persawahan dimana ketika kita memilih makan di luar rumah dekat dengan sawah, akan terasa sangat sejuk dan nyaman. Selain itu, di dalam persawahan jagung terdapat sebuah jalan setapak sehingga pengunjung dapat menelusuri persawahan tersebut untuk berfoto atau sekadar menikmati suasana persawahan. Kenyamanan yang diberikan dari tempat ini membuat kita akan betah bercengkrama dengan teman di sini.

Suasana di Dalam Warung Kopi Klotok.

Warung Kopi Klotok menyajikan menu masakan yang bertajuk suasana “Ndeso”. Menu yang disajikan merupakan menu-menu tradisional seperti sayur lodeh terong, sayur kluweh, telur dadar, tahu tempe bacem, ikan, sambel, lodeh Lombok ijo dan lain sebagainya. Pilihan nasinya juga ada dua yakni nasi biasa dan nasi halus seperti bubur. Harga dari makanan tersebut adalah Rp. 11.500,- belum termasuk lauk. Ada pun camilan ada 2 macam pisang goreng dengan harga Rp. 6.500,- per porsi dan jadah dengan harga yang sama. Rasa dari pisang goreng di tempat ini berbeda dengan pisang goreng biasanya lebih gurih dan harum. Pisang goreng ini merupakan menu camilan yang wajib dicoba. Ada pun jadah merupakan makanan khas jogja yang terbuat dari bahan dasar beras ketan.

Minuman khas di tempat ini adalah Kopi Klotok. Kopi Klotok merupakan kopi hitam khas ndeso. Harga kopi klotok murah dibanding harga kopi yang ada di cafe yakni Rp.6.500,-. Minuman lain yang tersedia yakni wedang jahe gepuk yang rasanya menghangatkan, teh tubruk gula batu, teh manis, teh tawar, dan juga es teh manis. Harga semua minuman yang ada di tempat ini di bawah Rp. 10.000,-. Harga yang cukup murah dan reasonable untuk dijadikan bidikan tempat kuliner ala-ala ndeso yang menyejukan.

Testimoni dari Berbagai Publik Figur.

Sistem pembelian di sini adalah prasmanan, di mana setiap pengunjung mengambil makanan sendiri secara antri dan diperbolehkan mengambil makanan sepuasnya atau secukupnya agar tidak mubadzir. Di tempat ini kita hanya bisa makan di tempat dan tidak bisa membungkus makanan dari tempat ini. Pada waktu-waktu tertentu seperti jam makan siang atau makan malam atau sarapan antrian pengambilan makan bisa mengular panjang sehingga kita harus bersabar untuk mendapatkan makanan. Pembayaran dilakukan di akhir ketika kita hendak beranjak pergi dari lokasi.

Halaman parkir di tempat ini terhitung luas baik untuk kendaraan beroda dua atau beroda empat. Akan tetapi, ketika mendatangi tempat tersebut di hari-hari libur atau weekend tempat parkir mobil akan tumpah-tumpah sampai kejalanan hingga 50-100 meter dari warung. Hal tersebut membuktikan bahwa tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di daerah Jogja. Di tempat ini juga terdapat mushola apabila kalian datang di waktu-waktu shalat.

Suasana Pengunjung di Pelataran Dekat Pesawahan.

Penilaian yang saya berikan kepada tempat ini sebagai destinasi wisata kuliner ala Jogjakarta dengan suasa sejuk dan tenang adalah 9/10. Sangat puas dengan jamuan dan suasana di sana. Kepuasan ini dibuktikan juga dengan adanya beberapa public figure yang turut meramaikan tempat ini salah satunya adalah Najwa Shihab yang menyukai menu pisang goreng.  Lain kali akan mencoba lagi makan di sana bersama keluarga maupu  teman sejawat. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.