Menyantap Aneka Sambal di Waroeng Spesial Sambal, Depok

0
385
Pengunjung bisa duduk lesehan sambil menikmati hidangan.

Siapa yang tidak kenal dengan Waroeng Spesial Sambal (SS)? Warung ini sudah memiliki cabang di mana-mana, termasuk cabangnya di Jl. Margonda, Depok. Warung ini selalu ramai oleh pengunjung, baik saat makan siang maupun saat makan malam, bahkan semakin membludak saat Bulan Ramadan. Untuk mendapatkan antrean dengan nomor kecil, pengunjung harus rela datang ke sini sejak pukul 15:00. Jadi, setelah jam itu harap maklum jika tidak mendapat tempat duduk atau kehabisan pesanan.

Warung SS ini mengambil konsep yang diminati masyarakat, yaitu sensasi makanan pedas. Uniknya, makanan pedas yang disajikan berupa sambal yang divariasikan dengan campuran bahan lainnya. Jadilah, sambal ini begitu spesial dengan sensasi yang berbeda-beda. Secara khusus, jumlah keseluruhan sambal yang bisa dipesan oleh pengunjung sebanyak 38 jenis. Aneka sambal itu meliputi sambal belut, sambal teri, sambal tempe, sambal tahu, samal terasi segar, sambal terasi matang, terasi tomat segar, terasi lombok ijo, sambal bawang, sambal bawang goreng, sambal bawang tomat, bawang lombok ijo, bawang gobal-gabul, korek brambang, sambal kecap, sambal rempelo ati, goreng rempelo ati, sambal bajak, sambal tomat, sambal gobal-gabul, sambal terong, sambal udang pedas, sambal cumi sotong, sambal jamur, sambal wader, sambal lubruk, sambal manga muda, sambal tomat masak, sambal pete, sambal terasi brambang tomat, sambal goreng brambang, dan sambal gongso.

Aneka sambal yang disajikan.

Seluruh jenis sambal itu memiliki rasa yang tentu berbeda. Untuk rasa, jangan ditanyakan lagi. Semua jenis sambal memiliki rasa khasnya masing-masing. Tentunya, selera terhadap jenis sambal juga menjadi alasan utama pengunjung. Namun menurut pegawai Warung SS, sambal yang paling laris manis adalah sambal manga muda.

Terkait harga, warung ini sangat ramah dengan kantong pecinta sambal. Dengan harga Rp1.500, pengunjung sudah bisa menikmati kelezatan sambal yang ada. Harga sambal paling mahal adalah Rp7.000, karena menggunakan bahan berupa seafood, yaitu udang dan cumi. Uniknya, di sebelah kolom jenis sambal pada daftar pilihan menu, tersedia maksud dari sambal-sambal tersebut. Sambal belut berarti smack down, sambal teri berarti geli, sambal tempe berarti unconfidence, sambal bajak berarti teroris, sambal udang pedas berarti hati hati-hati, dan maksud lainnya yang membuat warung ini semakin unik.

Cara Warung SS menyajikan menu di atas daun pisang dan ulekan mini.

Selain menu sambal, menu lainnya juga tersedia dengan keberagamannya. Menu lauk yang bisa dicoba meliputi wader goreng hingga tahu dan tempe. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp3.500 hingga Rp14.000. Saat ke sini, menu bandeng goreng tetap menjadi pilihan dibandingkan ayam. Selain digoreng, pengunjung juga bisa memilih opsi lainnya, yaitu ayam bakar. Untuk pilihan minuman, terfavorit tetap es teh atau es jeruk. Bagi kalian yang tidak kuat dengan pedasnya sambal, kalian bisa memesan minuman pereda pedas, yaitu es susu. Sebagai makanan penutup atau pembuka, kalian juga bisa memesan buah iris campur.

Warung Spesial Sambal.

Bukan hanya faktor aneka sambal dan kisaran harga yang sangat terjangkau, warung ini menyediakan pilihan makan dengan konsep lesehan. Selepas makan, kalian bisa meluruskan kaki sambil mengobrol dengan teman, sahabat, kekasih, atau keluarga. Namun, kalian tetap perlu melihat situasi di warung. Jika warung sangat ramai, sebaiknya kalian tidak mengobrol terlalu lama agar pengunjung lain dapat juga merasakan nikmatnya sambal dengan nasi hangat di warung ini.

Warung ini sebenarnya pusatnya ada di Yogyakarta. Namun, karena popularitasnya yang melejit, cabangnya cukup banyak dan tersebar di beberapa kota. Satu di antaranya ada di Depok. Lokasinya setelah lampu merah perempatan Jalan Juanda. Pas banget di sebelah Restoran Istana Martabak. Yuk, coba sambalnya yang beraneka ragam ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.