Menyambangi Bukit Teletubbis di Selatan Yogyakarta

0
152
spot foto nyentrik dari puncak bukit
spot foto nyentrik dari puncak bukit

Teringat waktu kecil dahulu, sempat terlintas betapa indahnya panorama pada kartun Teletubbis yang masih asri nan sejuk. Saya pikir panorama tersebut hanya terdapat pada tayangan televisi saja, namun Bukit Teletubbis memang nyata dan ada di Yogyakarta. Pastinya beberapa pecandu konten sosial media tak asing dengan daerah ini yakni daerah Gunung Bagus, yang berada di Gunung Kidul.

Spot foto Gunung Bagus yang beralamatkan di Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini masih dilestarikan oleh para petani setempat. Beberapa tanaman tumbuh di sekitaran lembah Gunung Bagus seperti ketela dan pepohonan palawija. Tempat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang, karena tempatnya belum dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat.

pemandangan bukit dari jalan
pemandangan bukit dari jalan

Gunung Bagus, dengan kita mengenal namanya saja sudah terlintas dalam pikiran seberapa bagus panorama di gunung ini. Bagus yang artinya apik, elok, nan cantik. Apalagi ditambah sang mentari terbit dari timur yang menyinari puncak-puncak Gunung Bagus. Berbeda halnya dengan gunung pada umumnya seperti Gunung Andong, Gunung Merapi, maupun Gunung Semeru. Setiap gunung memiliki ketinggian berkisar 1.500 sampai 3.500 meter di atas permukaan laut, namun ketinggian Gunung Bagus hanya berkisar 200-300 meter di atas permukaan laut. Maka dari itu, gunung ini kerap disapa Bukit Teletubbis dengan struktur perbukitan yang cantik dan mirip dengan bukit di kartun Teletubbis yang ada di televisi.

Beberapa orang sering menyapa tempat ini sebagai sumbanya Yogyakarta karena pemandangan yang masih asri dan terawat membuat sebutan tersebut terucap. Para pecandu konten rela berkorban demi mendapatkan sunrise maupun kabut di pagi hari. Dikarenakan udaranya yang sejuk ditambah hidangan cakrawala yang elok membuat betah para wisatawan.

berfoto di jejalanan di suasana sepi pengendara
berfoto di jejalanan di suasana sepi pengendara

Tips Berkunjung Ke Bukit Teletubbis

Jika ingin berkunjung ke Bukit Teletubbis, Gunung Kidul ini sebaiknya berangkat pasca subuh untuk mendapatkan pemandangan yang apik. Dan juga mendapatkan view yang menarik untuk dipasang di feeds Instagram. Dan ketika datang di pagi hari, belum banyak kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan. Kita bisa leluasa memaksimalkan momen tersebut untuk mengabadikannya dengan kamera. Tentunya dengan background jejeran Bukit Teletubbis. Atau datang pada sore hari, karena hari tidak terlalu panas dan dapat menengok sunset di puncak Gunung Bagus.

Selain jam keberangkatan, hal yang perlu diperhatikan adalah kendaraan yang dibawa harus selalu dalam pantauan pribadi. Karena tempat ini tidak dikenakan biaya sepeserpun dan jarang tempat parkir di pinggiran jalan. Dengan begitu, kendaraan harus dijaga dan jika membawa kendaraan roda dua, sebaiknya helm diamankan atau dibawa ke puncak untuk melihat hamparan bukit-bukit yang berdampingan. Atau mencari tempat parkir jikalau sulit untuk memantau kendaraan secara pribadi.

hamparan pepohonan diiringi deretan bukit
hamparan pepohonan diiringi deretan bukit

Selain tips di atas, ketika ingin berkunjung ke Bukit Teletubbis juga harus memperhatikan cuaca. Lebih baik datang saat cuaca cerah karena suasananya asri dan tidak gersang. Siapkan pula mantel jika hujan turun mendadak dan masker agar terhindar dari debu.

Tips yang terpenting ialah selalu menjaga kebersihan. Hal yang tak boleh ditinggalkan bagi para wisatawan yakni menjaga kebersihan. Perlunya memperhatikan kebersihan melalui kesadaran masing-masing agar bukit ini tetap terjaga dan kian lestari. Seperti halnya pepatah yang populer di telinga kita yakni jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak dan jangan ambil sesuatu kecuali gambar. Hal ini berkaitan untuk menjaga kestabilan alam dengan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan.

Jika diperlukan siapkan pula logistik untuk mengganjal perut. Karena jarang warung yang terdapat di pinggiran jalan sekitar. Dan selalu menjaga kebersihan untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.