Menyambangi Bukit Merese di Lombok yang Sungguh Eksotis!

0
302
Pemandangan laut lepas dari atas Bukit Merese.

Keeksotisan Bukit Merese terlihat dari pemandangannya yang cantik dan menawan. Selain bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dari Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese menjadi tempat menikmati senja ketika sore datang menjelma dari sebelah barat Pulau Lombok.

Setelah menimbang-nimbang, kata eksotis untuk Bukit Merese memang sangat pas. Memiliki daya tarik keindahan yang sangat luar biasa, keberadaan Bukit Merese di bagian selatan Pantai Tanjung Aan menjadi sebuah magnet baru bagi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Bukit Merese berada di kawasan Desa Kuta Lombok Tengah. Tempat yang tadinya digunakan sebagai tempat mengembala kerbau warga setempat, seketika berubah menjadi lokasi wisata baru ditemani keindahan laut lepas bagian selatan Pulau Lombok.

Tak hanya itu, di depan Bukit Merese terdapat juga Pantai Tajung Aan dengan teluknya yang melengkung nan luas. Awalnya, menurut masyarakat sekitar, Bukit Merese digunakan sebagai tempat beristirahatnya para pengembala kerbau di wilayah Dusun Aan di Desa Kuta Lombok Tengah. Sejak tahun 2012 lalu, bukit ini pertama kali didaki oleh salah satu pegiat paragliding untuk menerbangkan paralayangnya. Sontak dari kegiatan itu, Bukit Merese akhirnya terkenal. Berada di atasnya membuat travelovers bisa melihat kondisi lautan lepas di bagian selatan Pulau Lombok.

Pantai Aan berada di bawah Bukit Merese.

Di atas Bukit Merese yang terbentang luas ini, terdapat hamparan rumput nan hijau. Di mana pun Anda menginjakkan kaki di Bukit Merese, Anda bisa merasakan kenyamanan yang luar biasa. Kontur dari bukit yang tidak terlalu tinggi, sekitar 40 meter dari permukaan air laut, menaiki bukit ini tak membutuhkan tenaga ekstra. Hanya butuh waktu lima menit saja trevelovers bisa sampai di puncak Bukit Merese. Saking ramainya, Bukit Merese juga dipenuhi oleh warga Kuta yang berjualan gelang serta souvenir khas Pulau Lombok seperti gelang, kalung, kain songket, dan baju khas Pulau Lombok.

Bukit Merese juga memiliki spot foto yang cukup banyak. Di ujung baratnya, kita bisa berfoto menghadap senja ketika sore hari. Di ujung timur kita bisa berfoto dengan latar lautan Pulau Lombok bagian selatan. Di ujung selatan sendiri, kita bisa melihat tebing nan indah. Yang paling mencengangkan, di sebelah utara, kita bisa mengambil foto dengan latar teluk Pantai Tanjung Aan yang melengkung nan indah.

Memasuki area wisata Bukit Merese membutuhkan biaya yang tak mahal. Travelovers bisa mengeluarkan retribusi parkir hanya Rp 5.000 saja untuk satu kendaraan. Seperti peribahasa yang kerap kita dengar sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Itulah yang akan kita dapatkan saat mengunjungi Bukit Merese. Selain kita bisa memasuki area bukit, bonus lainnya yaitu kita bisa sekalian masuk ke area Pantai Tanjung Aan.

View tercantik di bukit Merese.

Bukit Merese juga tak pernah sepi dikunjungi. Saat berkunjung, saya menemukan banyak wisatawan sedang asyik menikmati keeksotisan Bukit Merese. Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang kita dustakan, travelovers? Banyak pengunjung dari daerah luar Pulau Lombok mengatakan; “Lombok ini diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum sehingga terciptalah panorama alam yang cukup eksotis”.

Untuk mengunjungi Bukit Merese travelovers cukup datang ke Kuta Lombok dari Lombok Internasional Airport dengan jarak tempuh hanya 35 menit saja. Meskipun jalan menuju bukit tidak sulit, jalanannya masih belum diaspal. Untungnya jalan tersebut cukup aman bahkan untuk dilewati oleh semua jenis kendaraan. Jika menggunakan kendaraan roda empat, Anda cukup membayar Rp 10.000 saja sebagai retribusi parkir.

Yuk langkahkan ke Lombok, kunjungi Bukit Merese yang cantik nan jelita seperti gadis belia baru mengenal cinta! Hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.