Menyambangi Bangunan Tempo Gelato Prawirotaman yang Baru

0
132
Berbagai macam gelato di Tempo Gelato Prawirotaman.

Selain disebut sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga sering disematkan dengan sebutan Kota Kuliner. Bagaimana tidak, Yogyakarta memiliki segudang pilihan wisata kuliner yang seakan tidak ada habis-habisnya untuk disambangi satu per satu, baik kuliner tradisional sampai kuliner kekinian sekalipun. Adapun salah satu kuliner kekinian atau hits di Yogya yang akhir-akhir ini baru saja berpindah tempat adalah Tempo Gelato Prawirotaman.

Ini bukan pertama kalinya saya ke Tempo Gelato. Sebelumnya saya sudah dua kali ke Tempo Gelato yang berada di Prawirotaman dan sudah dua kali pula ke cabang lainnya dari Tempo Gelato yang berada di Jalan Taman Siswa. Tetapi, saking enak dan nagihnya gelato ini, saya pun tetap menyempatkan diri untuk singgah ke Tempo Gelato ketika saya kembali ke Yogya. Karena kali terakhir Tempo Gelato yang saya datangi adalah yang berada di Taman Siswa, maka saya memutuskan untuk mengunjungi Tempo Gelato yang berada di Jalan Prawirotaman.

Sesampainya di lokasi, saya kaget karena bangunannya yang kosong melompong dan sudah setengah tertutup oleh semacam terpal. Saya bingung bukan main. Karena sudah berkali-kali ke Tempo Gelato, saya tahu persis di mana tempat dari café gelato kekinian itu. Setelah sedikit mengelilingi sisi luar dari bangunan tersebut, saya menemukan sebuah spanduk kecil yang bertuliskan bahwa lokasi dari Tempo Gelato Prawirotaman pindah sekitar 300 meter dari bangunan lama Tempo Gelato Prawirotaman. Saya pun berjalan mengikuti panduan dari tulisan di spanduk tersebut sampai akhirnya menemukan tempat baru dari Tempo Gelato Prawirotaman.

Tempo Gelato.

Dari segi ukuran, bangunan baru ini jauh lebih besar dibandingkan bangunan lama. Walaupun ketika saya datang kondisi café sedang ramai, saya tidak merasa berdesak-desakan seperti yang kerap terjadi di bangunan lama. Untuk ukuran parkiran pun juga jauh lebih besar sehingga lebih lega jika membawa kendaraan bermotor ke sini. Selain itu, yang juga membedakan antara bangunan baru dan bangunan lama adalah Tempo Gelato Prawirotaman kini menyediakan tempat duduk di bagian luar atau outdoor, seperti halnya di Tempo Gelato cabang Taman Siswa. Anda pun kini juga dapat menikmati gelato sembari menghirup segarnya udara Yogya.

Interior dari bangunan baru Tempo Gelato Prawirotaman pun menurut saya juga semakin instagrammable. Masih konsisten dengan tema desain interior sebelumnya yakni gabungan antara nuansa Jawa dan Eropa. Tentu saja masih kurang afdol rasanya kalau belum foto-foto di berbagai sisi dari bangunan yang aesthetic ini sembari memegang gelato!

Bangunan baru Tempo Gelato Prawirotaman terdiri dari satu lantai dengan berbentuk persegi panjang ke arah belakang. Ketika membuka pintu masuk, Anda akan langsung disambut dengan banyaknya susunan meja dan kursi yang memenuhi ruang sisi depan. Terdapat juga berbagai ornamen pendukung bernuansa Jawa campur Eropa seperti bingkai foto dan lampu-lampu yang menghiasi berbagai sisi bangunan.

Suasana Tempo Gelato Prawirotaman dari sisi belakang.

Di sisi tengah adalah tempat untuk memesan gelato, dengan berbagai jenis gelato tersusun rapih berdasarkan tipe rasa di ice cream display freezer. Di dekat ice cream display freezer terdapat meja kasir serta dispenser di mana anda dapat mengambil air mineral tersebut secara gratis. Di sisi tengah juga terdapat pintu untuk menuju ruang outdoor dari bangunan ini. Ruang outdoor tersebut menurut saya sangat cozy dengan beberapa susunan meja dan kursi yang dihiasi oleh aneka tanaman di sekitar area tersebut. Adapun di sisi belakang Tempo Gelato Prawirotaman dipenuhi oleh banyaknya susunan meja dan sofa yang tersusun secara simetris. Sama halnya dengan sisi depan, sisi belakang juga dihiasi oleh berbagai ornamen yang aesthetic.

Berdiri sejak tahun 2014, Tempo Gelato memang terkenal akan gelatonya yang murah namun dibuat dari bahan premium serta terdiri dari aneka macam rasa yang unik. Total terdapat lebih dari 40 rasa yang ditawarkan oleh Tempo Gelato Prawirotaman. Mulai dari gelato dengan cita rasa original seperti rasa vanilla dan cokelat, gelato dengan cita rasa minuman seperti matcha dan thai tea, gelato bercita rasa buah-buahan seperti mango dan passion fruit, gelato bercita rasa camilan populer, sampai gelato dengan cita rasa yang unik seperti rasa hot spicy dan lemongrass.

Untuk metode pemesanan pun sama seperti di Tempo Gelato lainnya, yakni menuju ke kasir terlebih dahulu untuk memesan serta membayar sesuai ukuran gelato yang diinginkan. Setelah memesan, Anda harus mengantri untuk memilih jenis gelato yang diinginkan sesuai nomor antrian. Akan tetapi, untuk harga gelato berukuran cone mengalami kenaikan harga, yakni yang biasanya dibanderol seharga Rp 25.000 menjadi Rp 30.000. Karena saya selalu membeli gelato berukuran cone, saya tidak terlalu menyadari apakah gelato untuk ukuran lainnya juga naik atau tidak. Meskipun harganya naik, cita rasa gelato yang selalu membuat nagih dan dengan tempat yang semakin bagus membuat Tempo Gelato akan selalu menjadi salah satu café gelato terfavorit saya di Yogyakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.