Menyaksikan Peninggalan Sejarah Kerajaan Korea Selatan di Gyeongbokgung Palace

0
296
Geunjeongjeon (Imperial Throne Hall).

Berkunjung ke Korea Selatan kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk menyaksikan secara langsung peninggalan sejarah kerajaannya di Gyeongbokgung. Gyeongbokgung merupakan istana yang sering muncul sebagai latar dalam drama Korea. Nama istana ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Greatly Blessed by Heaven. Istana ini merupakan istana utama Dinasti Joseon. Eksotismenya sebagai bagian dari sejarah membuatnya sering dikunjungi oleh banyak turis asing dari berbagai negara.

Gyeongbokgung terletak di pusat Kota Seoul. Istana ini sangat dekat dengan Gedung parlemen Korea Selatan. Bahkan, letaknya di jalan utama sehingga turis bisa mencapainya dengan mudah, baik menggunakan transportasi pribadi, sewaan, maupun transportasi publik. Bangunan sejarah ini sudah dipertahankan di Kota Seoul sejak 1395. Hal itu menunjukkan bahwa Pemerintah Korea Selatan sangat peduli terhadap peninggalan sejarahnya. Di tengah banyaknya bangunan pencakar langit yang modern berdiri, istana ini tetap megah dan memukau.

Gerbang utama.

Gerbang istana ini dibuka sejak pukul 09.00-18.00 waktu Korea Selatan. Namun, istana ini tutup hari Selasa. Jadi pastikan kalian datang di hari lainnya. Untuk harga tiketnya, pengunjung yang berusia 7-18 tahun perlu membayar 1.500 won, sedangkan pengunjung yang berusia 19-64 tahun wajib membayar dua kali lipatnya, yaitu 3.000 won. Biaya itu untuk semua turis mancanegara. Sementara itu, untuk sampai ke istana ini, caranya cukup mudah. Ada banyak pilihan transportasi publik yang bisa digunakan. Jika ingin naik bus, kalian bisa naik bus nomor 1020, 7025, 109, 171, 172, 601, atau 606 kemudian turun di halte Gyeongbokgung. Kalian pun bisa menggunakan subway lalu turun di Gyeongbokgung Station (Seoul Subway Line 3) dan keluar melalui exit 5. Kalian pun bisa turun di Anguk Station (Seoul Subway Line 3) kemudian keluar melalui exit 1.

Pintu masuk istana.

Masuk ke istana ini tidak lengkap jika tidak menyewa hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan. Di sekitar istana, banyak toko yang membuka jasa penyewaan baju hanbok. Biaya sewa untuk durasi 2 jam adalah 10.000 won atau sekitar Rp.117.000. Di dalam toko, pengunjung dapat memilih warna, jenis pakaian, dan aksesoris sebagai pelengkap. Kalian pun dapat menitipkan barang pribadi kalian di sini sehingga kalian bisa sekalian menyewa tas cantik untuk melengkapi keanggunan kalian saat menggunakan hanbook. Dengan hanbook, kalian bisa mendapatkan foto-foto cantik dengan latar belakang istana. Bahkan, tiket masuk untuk kalian gratis jika mengenakan hanbok. Sudah berasa jadi putri atau ratu di istana kan jadinya?

Di istana, kalian juga akan menyaksikan pertunjukan berupa upacara pergantian penjaga istana yang berdurasi 10-20 menit. Semua pengunjung yang sedang asyik berfoto langsung merapat ke lapangan istana untuk menyaksikan momen ini. Jangan lupa untuk datang ke sini satu jam sebelum upacara dimulai, karena sayang sekali jika tidak menyaksikan pertunjukan ini. Upacara ini berlangsung dua kali, yaitu pukul 10.00 dan 14.00 waktu Korea Selatan. Penjaga istana di Gyeongbokgung ini terlihat seperti patung, karena mereka tidak bergerak sama sekali. Hanya kedipan mata mereka saja yang masih menjadi tanda kalau mereka adalah manusia.

Bagian dalam dari Geunjeongjeon (Imperial Throne Hall).

Di dalam istana, ada tempat bernama Geunjeongjeon (Imperial Throne Hall). Tempat ini tidak bisa dimasuki oleh wisatawan. Kalian hanya diperbolehkan mengintip dari luar, tetapi masih boleh mengambil gambar. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat syuting drama Korea. Fungsi utamanya adalah mengeluarkan pernyataan, menyambut utusan asing, dan tempat penobatan keluarga, seperti diangkatnya raja baru, ratu, dan sebagainya. Tempat lain di dalam istana yang menarik untuk dikunjungi adalah Gyeonghoeru (Paviliun). Tempat ini terletak di samping bangunan utama atau Geungjeongjeon tadi. Tempat ini menarik karena berdiri di atas danau buatan. Suasana sangat nyaman dan damai saat berada di sini. Tentu saja, instagramable untuk diunggah di medsos. Selain Gyeonghoeru, ada pula Hyangwonjeong. Tempat ini adalah pavilion khusus untuk raja bersantai atau sebagai ruang pribadi. Tempat ini juga dikelilingi kolam yang cantik dan jembatan yang menghubungkan dengan istana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.