Menu Sahur Untuk Si Mudah Lapar

0
1398
(sumber: unsplash.com)

Sahur menjadi momen penting untuk yang sedang berpuasa, terlebih untukmu yang mudah sekali lapar. Selain membantu perut “si mudah lapar” bertahan hingga waktu berbuka, sahur pun memang dianjurkan agar tubuh mendapat asupan gizi yang baik. Namun, ketika sahur menjadi sebuah keharusan, tak jarang orang-orang pun punya anggapan jika konsep santap sahur itu yang penting makan. Tanpa memerhatikan kandungan gizi yang terdapat pada menu makanan sahurnya.

Dampak dari konsep santap sahur “apa saja asal perut terisi” ini justru membuat tubuhmu menjadi mudah lapar. Menu sahur yang asal pun menjadi pemicu dari tubuh menjadi mudah lapar. Maka, jangan sampai perutmu keroncongan di tengah hari karena salah menu sahur. Berikut jenis-jenis makanan yang perlu dikonsumsi bagi si mudah lapar.

Karbohidrat Kompleks dan Serat

(sumber: unsplash.com)

Karbohidrat kompleks yang paling umum bagi sebagian orang adalah oatmeal. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat, bahkan mengonsumsi oatmeal empat sendok makan dapat mengenyangkan hingga waktu berbuka tiba. Perlu waktu lama untuk menyerap karbohidrat kompleks ke dalam tubuh, sehingga karbohidrat kompleks membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal pun mengandung serat yang membuat pencernaamu lancar.

Namun, karbohidrat kompleks tidak hanya di dalam oatmeal. Jadi, untuk kamu yang tidak begitu menyukai oatmeal, kamu bisa mencari karbohidrat kompleks lainnya seperti jagung, sereal, roti gandum, beras merah, ataupun kacang-kacangan.

Protein

(sumber: unsplash.com)

Protein yang kamu butuhkan saat berpuasa adalah kandungan protein yang terdapat pada telur, ayam, dan ikan. Selain protein dari makanan tersebut dapat membuat tubuhmu tidak mudah lapar, protein pada telur ataupun daging ayam membuat tubuhmu menyimpan banyak energi. Maka, jika kamu terlalu malas untuk menyiapkan santap sahur, tidak salah juga kalau kamu cukup menyiapkan telur sebagai menu santap sahur. Selain protein yang terkandungnya pun baik untuk tubuh, telur pun mudah dan cepat untuk dimasak.

Vitamin dan Kalsium

(sumber: unsplash.com)

Buah dan yogurt bisa menjadi opsi untuk mengawali santap sahurmu. Terlebih kamu butuh nutrisi seimbang saat berpuasa, karena kamu benar-benar tidak mengonsumsi apapun hingga delapan jam lamanya. Maka, saat sahur, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan kalsium. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam vitamin dan kalsium dari berbagai macam buah, susu, atau yogurt. Khusus untuk yogurt, kamu bisa mengonsumsi greek yogurt sebagai menu baik untuk sahur, kamu bisa mencampur greek yogurt dengan buah favoritmu. Selain dari kandungan greek yogurt baik untuk tubuhmu, greek yogurt pun tidak mengandung lemak, sehingga greek yogurt pun membantumu untuk menurutkan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.