Menjelajahi Uniknya Kampung Pelangi Semarang

0
374
Anak-Anak Penghuni Kampung Pelangi Sedang Bermain.

Bagi sebagian orang, ketika mendengar nama Kampung Pelangi pasti akan tertuju pada Kampung Pelangi yang ada di kota Malang. Tapi, bagi sobat travelers yang berdomisili di Jawa Tengah dan ingin menjelajahi Kampung Pelangi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke kota Malang. Di Semarang, sobat travelers juga bisa menemukan Kampung Pelangi yang tak jauh berbeda dengan Kampung Pelangi di kota Malang.

Kampung pelangi di kota Semarang terletak di Jl. Dr. Sutomo IV No. 89, Randusari, Semarang. Dari namanya, kita tahu bahwa yang dititik beratkan pada wisata Kampung Pelangi adalah penggunaan bermacam-macam warna yang diaplikasikan pada seluruh bangunan, mulai dari atap, tembok, pagar, hingga jalan. Kampung Pelangi ini terletak tepat di belakang deretan toko bunga yang berada di sepanjang jalan yang bernama toko bunga kalisari. Awal mula kampung pelangi ini tercetuskan adalah karena adanya perbaikan dan pengembangan toko bunga di sepanjang jalan tersebut untuk menarik wisatawan, namun karena background toko-toko tersebut berupa perkampungan kumuh, terciptalah ide untuk mengubah kampung tersebut menjadi kampung pelangi.

Kampung yang unik karena penggunaan warna dan gambar-gambar yang dilukis pada tembok rumah tersebut, bisa menjadi latar foto yang menarik dan cantik. Sehingga, kini Kampung Pelangi banyak dikunjungi wisatawan, karena banyak spot foto yang bisa menghasilkan gambar bagus. Karena kini, Kampung Pelangi ramai dikunjungi wisatawan, banyak warga Kampung Pelangi yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjual aneka makanan dan minuman.

Kampung Pelangi Semarang.

Makanan dan minuman yang dijual pun disesuaikan dengan tema Kampung Pelangi sendiri, yaitu warna-warni. Sehingga ketika sobat travelers hendak berkeliling kampung, stok konsumsi akan tetap aman. Tidak hanya mengacu pada warna-warna bangunan, Kampung Pelangi juga dihiasi dengan berbagai bendera, gantungan, kerajinan, dan hiasan yang dipasang di sepanjang jalan akan membuat foto-foto sobat travelers lebih artistik.

Selain para pemburu foto, Kampung Pelangi juga menjadi tempat rekreasi bagi anak usia taman kanak-kanak. Di sini, mereka dibiarkan untuk bebas mengunjungi tempat yang mereka suka dan menarik bagi mereka untuk digambar. Kampung Pelangi tentunya menarik bagi anak-anak, karena umumnya mereka menyukai warna-warna cerah dan mencolok serta hiasan-hiasan yang dipajang di luar rumah. Selain sebagai tempat rekreasi bagi anak-anak, Kampung Pelangi juga biasanya digunakan oleh para seniman baik pelukis maupun sketcher untuk menciptakan karya. Saat saya berkunjung ke tempat ini, saya bertemu dengan banyak pelukis dan sketcher yang menggambar setiap bagian dan sudut di Kampung Pelangi. Rupanya kampung pelangi ini menjadi inspirasi bagi karya-karya mereka yang luar biasa.

Komunitas Semarang Sketcher Berkarya di Kampung Pelangi.

Kampung Pelangi di Semarang ini, terletak di perbukitan yang bernama Bukit Brintik, sehingga jalan-jalan di perkampungan ini cukup menanjak dan banyak ditemui tangga-tangga. Sedangkan pada puncak bukit ini, atau bagian Kampung Pelangi yang paling atas, yaitu Taman Bahagia yang merupakan kompleks pemakaman umum. Sedangkan pada bagian kaki bukit yang merupakan perbatasan Kampung Pelangi, yaitu deretan Toko Bunga Kalisari. Antara pemukiman dan toko bunga tersebut dipisahkan oleh sebuah aliran sungai dan dihubungkan oleh beberapa jembatan.

Jika sobat travelers ingin berkunjung ke tempat ini, kalian bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum, sobat travelers bisa menggunakan BRT Trans Semarang, sementara bagi sobat travelers yang membawa kendaraan pribadi, tentu tidak ada masalah bukan? Sobat travelers hanya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 3.000 saja. Bagi sobat travelers yang tertarik untuk berkunjung, disarankan untuk datang ketika pagi atau sore. Karena ketika siang hari, cuaca disini sangat panas sehingga kurang cocok jika sobat travelers berkeinginan untuk berkeliling kampung ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.