Menjelajahi Pulau Cemara Besar di Karimunjawa

0
1398
Keindahan Alam Cemara Besar.

Karimunjawa adalah salah satu pulau di utara pulau Jawa. Tepatnya di daerah Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Banyak orang hanya mengenal Karimun Jawa sebagai sebuah pulau saja. Padahal, ada 27 pulau di area Karimun Jawa! Banyak juga, ya?

Nah, kalau kamu ke Karimun Jawa, ada kegiatan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu snorkeling dan island hopping! Apa, sih, island hopping? Jadi, island hopping adalah kegiatan perjalanan yang tujuannya mengunjungi beberapa pulau dalam satu atau beberapa hari. Pulau-pulau itu biasanya ada yang berpenghuni dan juga tidak, jadi kegiatan ini benar-benar bertujuan untuk mengeksplorasi dan menikmati keindahan pulau pulau.

Kalau snorkelling sudah familiar, ya? Intinya, dua kegiatan itu adalah kegiatan yang sangat cocok dilakukan untuk menikmati keindahan laut. Nah, daerah Karimun Jawa menyimpan banyak sekali potensi wisata yang tidak boleh kamu lewati, ada 27 pulau dan banyak spot snorkeling yang bisa kalian eksplorasi!

Tanda Pulau Cemara Besar.

Hari Sabtu, 14 April 2019, saya jalan-jalan ke Pulau Cemara Besar. Dimulai dari Dermaga Karimunjawa, saya ikut sebuah perahu wisata menuju salah satu spot snorkeling, lalu menuju ke Pulau Cemara Besar. Air laut sepanjang perjalanan terlihat berwarna biru menyegarkan, dan hembusan udara laut terasa menyejukan. Dari atas perahu, kita bisa melihat terumbu karang dan terkadang ikan-ikan yang sedang berenang, karena kondisi laut yang sangat jernih. Melihat semua keindahan itu, saya benar-benar takjub.

Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan dengan kapal, kita sampai di tepian Pulau Cemara Besar. Sekitar 1km dari pulau, kita harus turun dari kapal dan berjalan kaki menuju pulau. Kejernihan air laut benar-benar menyegarkan, ditambah matahari yang sedang terik, berendam di laut dangkal sungguhlah nikmat! Setelah berjalan di laut tepi, saya akhirnya menginjakan kaki di Pulau Cemara Besar!

Unik dan Indah!

Pulau ini tidak terlalu luas, mungkin hanya 15 menit berjalan kaki, kita sudah mengitari seluruh bagian pulau. Keindahannya terletak pada pesisirnya yang memiliki pasir putih, lalu pohon-pohon cemara yang teduh di area pulau. Memang, Pulau Cemara Besar selalu mempesona!

Pulau Cemara Besar sekarang sudah terkenal sebagai pulau wisata, wisatawan hampir setiap hari memenuhi pulau. Biasanya mereka datang untuk sekedar makan siang dan jalan-jalan mengelilingi pulau. Untuk fasilitas di pulau, saya rasa sudah cukup baik, sudah ada shelter dan toilet sederhana yang dibangun. Walaupun begitu, pulau ini tidak berpenghuni dan hanya dipakai sebagai shelter oleh instansi pemerintah saja.

Di area pulau, kita juga bisa melihat lihat keindahan bawah laut. Ada biota dan karang yang hidup. Jika kita membawa kacamata dan sepatu katak, kita bisa memilih tempat untuk snorkeling di area ini. Selain keindahan alam, pulau ini juga dipakai sebagai shelter oleh wisatawan, biasanya mereka makan siang dan membakar ikan di pulau ini.

Proses Bakar Ikan.

Pulau Cemara Besar memang seakan identik dengan ikan bakar, memang sangat nikmat menikmati laut teduh sambil memakan ikan segar yang dibakar. Apabila kita datang dengan paket wisata, kita akan melihat guide dan warga lokal dengan sigap membakar ikan segar. Dengan memakai serabut kelapa, ikan yang dibakar dan diasap menjadi sangat nikmat rasanya!

Selain menikmati keindahan alam, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan jika berkunjung ke pulau ini. Yang pertama, sepanjang jalan menuju pulau kita akan melihat biota laut hidup, mulai dari terumbu karang sampai bintang laut. Kita jangan mengambil dan membunuh biota laut yang hidup, apalagi jika kita membawa pulang ke rumah. Kedua, karena alam laut di pulau Cemara Besar masihh terjaga, kita sebagai wisatawan jangan membuang sampah ke laut atau pulau. Bawa pulang sampah kita!

Jadi, kapan mau jalan jalan ke pulau Cemara Besar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.