Menjelajahi Keindahan Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak

0
292
Pemandangan sunset dengan latar yang menawan.

Pantai Carocok adalah salah satu pantai terindah yang ada di Sumatera Barat, bahkan hampir menandingi pantai yang ada di Pulau Bali. Pantai Carocok ini terletak di daerah Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Bandara International Minangkabau (BIM)  menuju lokasi lebih kurang sekitar 2 jam.

Pantai Carocok sangat diminati dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi ketika musim liburan tiba. Pengunjung dari berbagai daerah rela jauh-jauh untuk berbondong-bondong ke sana, demi menikmati keindahan yang ada di Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak ini.

Banyak keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Carocok. Mulai dari panorama alamnya yang menawan, air lautnya yang biru, hingga pemandangan bawah laut yang sebagian besar masih terjaga. Tersedia juga jembatan panjang yang terbentang dari Carocok menuju Pulau Batu Kareta, sehingga memudahkan akses ke sana tanpa harus menggunakan transportasi laut lagi ataupun menunggu air laut surut.

Pemandangan Pantai Carocok.

Ketika melewati jembatan, pengunjung bisa menjelajah dengan mudah dan lebih dekat menikmati segala keindahan alam dan kekayaan laut yang ada di sana. Dijamin pengunjung akan dibuat takjub dengan segala pesonanya, ditambah dengan adanya hutan mangrove, pepohonan hijau bergoyang-goyang ditiup angin yang mengitari kawasan pinggir laut, belum lagi moment pemandangan sunset yang sangat sayang untuk dilewatkan pada petang.

Setelah puas menikmati pemandangan laut yang ada di Pantai Carocok dan selesai mengambil spot foto yang menarik sebagai dokumentasi. Maka, selanjutnya pengunjung bisa menjelajahi pulau kecil yang bernama Pulau Cingkuak. Pulau ini tak bisa dijangkau dengan jembatan, karena memiliki jarak yang cukup jauh sekitar 200 meter dari Pantai Carocok, namun harus menggunakan perahu yang bermuatan cukup banyak.

Fasilitas permainan di Pulau Cingkuak.

Ketika di atas perahu, kita bisa menikmati keindahan laut yang ada di sekelilingnya dengan leluasa ditambah angin sepoi-sepoi yang berhembus kencang. Ada pengalaman takut plus seru ketika perahu berjalan seolah terdengar menabrak bebatuan bertubi-tubi padahal yang demikian adalah akibat gelombang air ataupun ombak laut.

Setiba di Pulau Cingkuak, kita akan dimanjakan lagi dengan pemandangan yang tak kalah indah. Di sana pengunjung juga bisa menjelajah dan melihat-lihat peninggalan sejarah berupa puing benteng jejak Portugis zaman dahulu dan prasasti sebagai tanda  makam salah seorang dari mereka.

Bagi pengunjung yang lelah menjelajah, pengunjung bisa beristirahat sejenak di pendopo yang telah tersedia di kawasan pulau kecil ini. Sambil menikmati pemandangan laut, ditemani cemilan atau bekal yang dibawa dari rumah yang akan menambah keseruannya. Bagi yang tidak membawa bekal  juga tersedia warung makan dengan berbagai kuliner khas daerah Painan.

Tapi bagi mereka yang ingin terus menjelajah di laut, di sini juga tersedia berbagai fasilitas permainan seperti, speedboat, banana boat, jetski, flying boat, dan doughnut boat. Ada pula fasilitas untuk diving dan snorkeling bagi yang ingin menikmati pemandangan bawah laut yang menawan, namun harus tetap memperhatikan keselamatan dengan segala aktivitas laut yang sedang dinikmati.

Ada juga yang tidak menyukai wahana ekstrem di lautan, mereka cukup berenang saja di pinggir atau hanya sekedar mencari berbagai kerang-kerang di pasir pinggir laut namun harus dituntut kesabaran dan ketelitian dalam mencarinya.

Pemandangan sunset di Pantai Carocok.

Biaya yang diperlukan untuk masuk ke lokasi Pantai Carocok ini sangat ramah di kantong yaitu sekitar Rp5000 saja, dan ketika ingin ke Pulau Cingkuak pengunjung akan dikenakan biaya sewa kapal sekitar Rp30.000 pulang pergi, dan ketika ingin menikmati fasilitas permainan laut baru membayar sesuai jenis permainan yang diinginkan. Penasaran dengan keindahannya? Jangan lupa kunjungi tempat ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.