Menjajal Tahu Gimbal, Kuliner Khas Kota Semarang

0
464
Tahu Gimbal Khas Kota Semarang.

Kalau mendengar kata gimbal maka yang muncul pertama kali adalah seseorang dengan rambutnya yang lebat, panjang dan ikal. Tapi beda dengan salah satu makanan Khas Kota Semarang ini, yang sama-sama menggunakan kata ini di belakangnya. Namanya adalah tahu gimbal. Makanan yang biasanya dijual oleh Pedagang Kaki Lima ini sudah akrab menjadi santapan masayarakat Jawa Tengah. Tahu gimbal, tampilan luarnya bisa dikatakan hampir mirip dengan makanan berbahan lontong dari daerah lain. Sebut saja Tahu Tek khas Kabupaten Lamongan, Ketoprak khas Betawi, Kupat Tahu Petis khas Bandung hingga Tepo Pecel khas Kabupaten Ngawi. Namun makanan yang sudah dijadikan sebagai makanan khas Kota Semarang ini ditemani dengan gimbalnya yang khas.

Tahu gimbal jika dimakan rasanya unik, karena mendapat sensasi lembutnya lontong dan keriuknya bakwan udang yang digoreng kering atau biasa disebut gimbal. Gimbal adalah bakwan yang dicampur dengan udang gemuk yang digoreng garing. Dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan rambut. Kata gimbal inilah yang sering membuat pelancong dari luar Kota Semarang agak kaget mendengarnya.

Melihat Proses Pembuatan Tahu Gimbal.

Walaupun gimbal juga salah satu gorengan atau camilan di Kota Semarang, namun juga biasa dipakai sebagai pelengkap dari tahu gimbal. Satu porsi tahu gimbal berisi potongan tahu dan lontong yang disiram menggunakan campuran sambal kacang dan petis serta dilengkapi dengan telur goreng, taoge dan irisan sayur kol dan bawang goreng.

Adanya sambal petis yang disiram setelah memasukan sambal kacanglah yang menjadi kekhasan tahu gimbal. Sambal kacang pada tahu gimbal juga dapat disesuaikan tingkat kepedasannya dengan selera masing-masing pembeli. Namun biasanya disantap dengan selera pedas. Jika mengajak anak-anak jangan lupa request sambalnya sedikit atau tanpa cabe.

Lokasi untuk membeli tahu gimbal bisa dibilang mudah dicari. Hal ini karena tahu gimbal dijual dari pedagang kaki lima, warung pinggir jalan, hingga restoran. Tahu gimbal yang paling banyak dicari berlokasi disekitar Taman Indonesia Kaya (dahulu disebut dengan Taman KB) dan disekitar Kawasan Simpang Lima. Hal ini karena banyak berjajar penjual yang menawarkan menu tahu gimbal.

Salah Satu Pedagang Kaki Lima yang Menjual Tahu Gimbal.

Beberapa warung yang paling banyak didatangi adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man, Tahu Gimbal Pak H. Edy, Tahu Gimbal Pak Yanto, Tahu Gimbal Pak Yono dan lain-lain. Namun jika Anda sedang berkunjung ke Kota Semarang, jangan khawatir kesulitan menemukan kuliner ini karena hampir di tiap sudut Kota tersebar penjualnya.

Harga tahu gimbal per porsinya dimulai dari Rp13.000 hingga Rp25.000.  Kemudian proses memasak tahu gimbal cukup lama, hal ini karena mengolahnya langsung di tempat jualan. Seperti telor, tahu dan gimbal digoreng di tempat. Khusus gimbal, sudah dimasak terlebih dahulu, sehingga hanya dihangatkan saja karena sudah disajikan matang. Jika ingin membeli tahu gimbal lebih baik dalam kondisi perut kosong karena porsinya memang besar. Seporsi saja saya yakin sudah wareg alias bergaransi kenyang.

Tahu gimbal khas Kota Semarang bisa ditemukan dari pagi hingga larut malam. Namun biasanya ramai saat jam makan siang. Hal ini karena tahu gimbal sudah menjadi menu makanan favorit masyarakat Kota Semarang. Tahu gimbal saat ini bisa dijumpai di Kota lain, seperti di Kota Yogyakarta hingga Jakarta. Bahkan tahu gimbal Pak Yono di Yogyakarta seharinya bisa mendapat order hingga 500 porsi di satu outlet saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.