Menjajal Kereta Bandara yang Cepat dan Anti Macet

0
277
Berdua di dalam satu gerbong kereta bandara.

Kereta bandara di Indonesia terbilang baru ketimbang negara tetangga. Meski begitu sangat jarang yang tahu bahwa kereta bandara di Indonesia tidak kalah dengan kereta bandara di luar negeri. Sayangnya, kereta bandara di Indonesia masih agak sepi penumpang. Banyak penumpang memilih naik Damri atau taksi daring karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah dan bersahabat. Namun bagi penumpang yang tidak ingin terkena macet lalu berimbas pada ketinggalan pesawat, tentu naik kereta bandara adalah pilihan yang tepat. Dan juga tidak semua kereta bandara itu mahal. Loh kok bisa? Dan naik kereta bandara ini memberikan kalian pengalaman berharga. Berikut ulasannya:

Harga Tiket Bandara

Tiket bandara ini bisa dipesan melalui aplikasi daring. Untuk satu tiket dari Stasiun BNI City atau Sudirman Baru ke stasiun Bandara Soekarno Hatta, harga yang dipatok sebesar 70 ribu. Namun saya berhasil mendapatkan harga 32 ribu rupiah saja. Kenapa? Karena saya dapat promo. Seringkali aplikasi daring mengadakan promo demikian jadi tipsnya adalah sering-sering update informasi promo tersebut. Harga 32 ribu ini tergolong sangat murah karena jika harus naik Damri, biasanya saya harus merogoh kocek 50 ribu sampai ke terminal bandara yang dituju.

Penampakan tiket dengan barcode khusus.

Tiket bandara yang sudah kita beli bebas digunakan di jam berapa pun asalkan di hari yang sama. Ketika kita sudah tiba di stasiun terdekat, segeralah ke mesin penukaran tiket yang banyak tersedia layaknya mesin penukaran tiket yang ada di stasiun pada umumnya. Perbedaannya adalah, menu yang tersedia lebih rumit. Tapi tenang saja, ada petugas tiket yang siap membantumu kapan saja. Oh ya, petugas tiketnya cantik-cantik seperti pramugari di pesawat.

Setelah mendapatkan tiket, kita bisa langsung masuk ke peron dengan cara menscan tiket. Jadi tidak perlu lagi cek ktp lagi. Perlu diingat, setelah mendapatkan tiket cetak, jadwal kereta akan langsung tertera di tiket sehingga kita hanya bisa naik di jam dan menit yang ada. Kereta sendiri datang setiap 20 menit sekali.

Kondisi Kereta

Ketika tiba di dalam kereta, kita bebas memilih tempat duduk. Tempat duduk yang tersedia sangat nyaman dan bersih. Ada majalah yang bisa kita baca sepuasnya. Dan tidak lupa, pramugari kereta siap membantu Anda jika ada pertanyaan. Sayangnya, naik kereta bandara ini tidak terasa karena kurang dari setengah jam sudah tiba di stasiun akhir yakni stasiun Soekarno Hatta. Kalau naik kereta secepat ini, dijamin kalian tidak perlu khawatir ketinggalan pesawat.

Nah bagaimana caranya ke terminal bandara yang kita tuju begitu tiba di stasiun akhir?
Depan Stasiun Sudirman Baru yang terintegrasi dengan Stasiun Bandara, KRL dan MRT.

Ini yang tidak disadari oleh penumpang. Banyak penumpang mengira bahwa begitu tiba di stasiun akhir Soekarno Hatta maka kita bisa langsung naik pesawat atau check in. Padahal tidak demikian. Kita harus jalan terlebih dahulu, naik eskalator sekali lalu berganti naik skytrainSkytrain ini adalah kereta dengan jalur di atas yang mengantarkan penumpang ke terminal-terminal yang ada di bandara. Skytrain ini gratis, tinggal naik saja. Skytrain tersedia setiap 10-15 menit sekali. Di dalam skytrain kita bisa melihat bandara dari atas. Inilah menariknya. Untuk tiba ke terminal, membutuhkan sekitar 10-15 menit saja.

Stasiun Baru
Ruangan begitu turun dari kereta bandara.

Tak lama ini, pada bulan Oktober 2019 silam, kereta bandara sudah bisa dilayani dari stasiun Manggarai. Jadi stasiun yang tersedia tidak hanya stasiun BNI City, Duri, Batu Ceper saja. Dengan adanya Stasiun Manggarai ini, warga Jakarta bisa menembus kemacetan jika ingin cepat sampai ke bandara. Dan perlu diingat, stasiun bandara ini dipisahkan dengan stasiun KRL. Tapi lokasinya bersebelahan dengan stasiun KRL, hanya saja pintu dan gedung masuknya yang berbeda. Bangunan stasiun bandara lebih modern dan menarik ketimbang stasiun KRL biasa, sebanding dengan harganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.