Menilik Pecinan Tertua Bogor, Jalan Surya Kencana

0
182
Lawang Surya Kencana Bogor.

Bogor adalah salah satu bagian dari provinsi Jawa Barat yang memiliki beragam kultur etnis dan agama yang beragam. Salah satunya adalah etnis Tionghoa, salah satu wilayah di Bogor yang identik dengan etnis berkulit putih ini adalah Surya Kencana atau biasanya disebut “Surken”.

Surya Kencana merupakan suatu jalan yang berada di lokasi strategis dekat dengan Kebun Raya Bogor dan Bogor Trade Mall (BTM). Lokasi ini terhubung langsung dengan Jalan Ir. Juanda dan Jalan Otto Iskandardinata, jadi sangat strategis dan mudah dijangkau. Wilayah ini juga masih merupakan bagian dari pusat kota sehingga ramai dikunjungi oleh masyarakat. Zaman dahulu surya Kencana terkenal sebagai wilayah pecinan yang sangat aktif melakukan perdagangan sejak zaman kolonial Belanda.

Saat ini, Jalan Surya Kencana sedang memasuki tahap renovasi, jalan ini merupakan jalan yang telah sangat tua dan bersejarah. Namun tidak dapat dipungkiri tatanan wilayahnya sedikit amburadul sehingga sering kali jalur ini sangat macet untuk beberapa waktu. Jalan ini dibangun bersamaan pembangunan De Grote Postweg pada tahun 1808 atas perintah Gubernur Daendels yang juga turut mengembangkan kawasan Kebun Raya Bogor.

Suasana di Jalan Surya Kencana.

Dahulu Bogor, yang bernama Buitenzorg, mengumpulkan etnis Tionghoa di sekitar wilayah Jalan Surya Kencana. Terjadi beberapa perkembangan di mana wilayah ini menjadi pusat niaga yang terkenal di Bogor. Jadi tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor kalau tidak wisata kuliner juga di Surya Kencana.

Bagian depan Jalan Surya Kencana terdapat gapura besar berwarna merah bertuliskan “Lawang Surya Kencana, Kampung tengah – Buitenzorg, Dayeuh Bogor” yang berarti Gerbang/Pintu Surya Kencana, Kampung Tengah – Bogor, Kota Bogor. Setelah memasuki gapura di sebelah kiri terdapat Vihara Dhanagun. Sejak dahulu tempat ini merupakan tempat beribadah bagi kaum etnis Tionghoa yang tinggal di Bogor.

Menurut kepercayaan warga sekitar, vihara ini telah ada pada zaman kolonial Belanda, umurnya sendiri sekitar 300 tahun. Vihara ini merupakan vihara tertua setelah Phan Ko Bio di Bogor sehingga pada saat perayaan Imlek sangat ramai dikunjungi. Selain itu juga setelah 15 hari perayaan Imlek, vihara ini juga menyelenggarakan Cap Go Meh. Setiap tahun diadakan pawai Gotong Joli, dimulai dari Vihara Dhanagun menuju Vihara Buddhasena sejauh kurang lebih 3 km dan kembali lagi ke titik awal. Pawai merupakan tradisi silaturahim dewa menjelang perayaan Cap Go Meh. Saat tradisi gotong Joli ini didampingi oleh kesenian Barongsai, sehingga suasana menjadi sangat ramai dan menjadi salah satu wahana yang menarik untuk ditunggu dan diikuti.

Beragam kuliner dan pertokoan yang berada di sepanjang jalan.

Saat ini pemerintah Kota Bogor ingin menata ulang konsep di wilayah Surya Kencana agar lebih mudah dinikmati oleh pengunjung dan meningkatkan pendapatan para pedagang yang berada di wilayah Pecinan yang mulai tergerus oleh zaman dengan banyaknya kuliner yang terus berkembang dan sangat variatif. Wali Kota Bogor yaitu Bima Arya mulai fokus untuk membangun kembali China Town di Bogor agar lebih banyak pengunjung yang tertarik untuk berkunjung ke Surya Kencana. Salah satunya adalah mengatur jalan di Surya Kencana menjadi jalan satu arah, menerapkan parkir elektronik serta membangun jalur pedestrian untuk memanjakan para pengunjung agar lebih nyaman.

Wilayah selatan merupakan wilayah yang paling banyak makanan tradisional yang masih membuka lapaknya yaitu di sebuah gang bernama Gang Aut. Jadi kalian akan menemukan banyak kuliner seperti laksa, soto mie bogor, lumpia basah, siomay, asinan dan masih banyak kuliner lainnya. Akan tetapi untuk kalian yang beragama Islam harus lebih berhati-hati jika berkuliner di Pecinan ini karena ada juga penjual yang menjual dengan olahan babi. Untuk berjaga-jaga kalian bisa menanyakan terlebih dahulu kepada penjual atau melihat apakah ada label halal di tempat tersebut.

Selamat berpetulang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.