Menilik Berbagai Kerajinan Bambu di Sumowono Bamboo Garden

0
353
Sumowono Bamboo Garden.

Jalan-jalan dan menemui beberapa hal baru menjadi salah satu pilihan menarik ketika kejenuhan kerja melanda. Seperti aku kemarin, jenuh dan sibuk, maka saatnya piknik. Mencari berbagai pilihan tempat untuk bersantai yang tak begitu jauh dari desaku, Desa Sumowono. Pada akhirnya pilihanku jatuh kepada sebuah tempat bernama Sumowono Bamboo Garden. Cukup membuatku penasaran, karena namanya sudah melanglangbuana sebelum tempat ini resmi dibuka. Tempat tersebut terletak di Jl. Sumowono-Kaloran KM 44 +200, Desa Trayu, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tentu, hal yang pertama ditengok adalah harga tiket masuknya, yang ternyata sangat terjangkau di kantong. Dengan menggunakan sepeda motor, akhirnya aku meluncur ke sana. Sepanjang jalan yang meliuk-liuk tak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 15 menit dari rumahku. Pak satpam langsung menghampiriku ketika sampai di area Sumowono Bamboo Garden. Katanya, tempat parkir sekitar 20 meter ke depan lagi. Nanti akan ada mobil yang menjemput. Aku hanya manggut-manggut karena masih bingung. Parkir di tempat tersebut memang tak begitu luas.

Setelah berjalan lagi ke tempat parkir yang dimaksud, benar saja, selesai parkir motor di tempat yang sangat luas, sudah ada mobil yang siap mengantar ke tempat semula di Sumowono Bamboo Garden. Sambutan sangat ramah ku dapatkan dari petugas penjual tiket. Harga tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp15.000, sedangkan saat libur adalah Rp25.000. Dengan harga tiket tersebut, kita sudah mendapatkan minuman gratis yang dapat dipilih, lho!

Di galeri, banyak pilihan kerajinan tangan terbuat dari bambu.

Masuk menuju taman bambu, kita akan disuguhi beberapa anak tangga yang menarik. Dan di dalamnya, terdapat tulisan “Bamboo” di taman yang sangat apik untuk dijadikan tempat berfoto dari sisi manapun.

Menariknya, pada bagian samping kanan dan kiri terdapat tanaman bambu. Ada sekitar 37 jenis bambu yang ditanam di sana. Sebuah cara mengedukasi yang sangat menarik, karena di samping pohon diterangkan nama dari bambu ataupun jenis tanaman tersebut. Ada bambu Jepang, bambu wulung, ada pula beberapa tanaman buah-buahan.

Pada area sekitar taman, terdapat papan untuk pengunjung yang ingin sedikit membuat coretan ataupun tanda tangan di Sedulur SBG (Sedulur Sumowono Bamboo Garden). Pada bagian depannya, terdapat Gallery & Souvenir Shop yang berisi berbagai produk kerajinan tangan beragam bambu dari warga.

Spot foto keren di Sumowono Bamboo Garden, belakangnya Gunung Ungaran.

Oh iya, pada area taman bambu ini juga terdapat sebuah restoran yang menyediakan beragam menu. Tempatnya juga sangat photogenic, dengan dekorasi yang tak jauh dari unsur bambu yang tentunya terlihat sangat memesona.

Terdapat spot foto yang sangat menarik ketika memasuki taman bambu ini, yaitu berupa sebuah panggung mungil berbentuk. Pada bagian belakangnya terlihat view Gunung Unggaran yang tampak kokoh dan indah. Selain itu, terdapat juga sebuah tribun yang terletak berjejeran dan dapat digunakan sebagai tempat duduk dengan atap berupa tanaman yang sejuk.

Tak hanya itu saja, kalau ke sini bersama anak-anak, ada taman bermain lengkap yang tak membosankan. Tempatnya sangat bersih dengan pelayan yang sangat raman tentunya bikin betah banget, ya? Namun, sayangnya taman ini masih dalam tahap penyelesaian ketika aku berkunjung ke sana.

Pada sepanjang jalan pula kita bisa bebas memilih untuk berfoto di manapun, karena setiap sudut di sana terlihat cantik untuk menjadi latar berfoto. Sumowono Bamboo Garden merupakan sebuah taman yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi pada liburan nanti. Karena selain berekreasi, nilai edukasinya pun bisa didapatkan. Saat hendak pulang, jangan khawatir, karena akan ada mobil yang siap mengantarmu ke tempat parkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.