Menikmati Wisata Kuliner Halal di Surya Kencana

0
167
Aneka kuliner khas di Surya Kencana
Aneka kuliner khas di Surya Kencana

Bogor adalah salah satu kota dengan tujuan menarik untuk menikmati kuliner. Ada beberapa budaya dan tradisi yang melebur sehingga banyak menciptkan aneka makanan dengan ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah wisata kuliner di Pecinan tertua di Bogor yaitu Surya Kencana atau masyarakat sering menyebut “Surken”. Wilayah pecinan ini berada tepat di seberang Kebun Raya Bogor. Banyak masyarakat yang tidak mau ketinggalan untuk berwisata kuliner di Surken. Jadi, setelah lelah berjalan di Kebun Raya Bogor, kalian bisa langsung menikmati surganya kuliner di Surken lho.

Surken sangat terkenal sebagai street food yang banyak digunakan sebagai konten Youtube. Termasuk pula food vlogger yang banyak membagikan beragam kuliner yang ada di Surken. Ya! Surken adalah surganya kuliner di Bogor. Surya Kencana merupakan wilayah yang sangat kental dengan etnis Tionghoa, sehingga campuran kulinernya juga beragam antara makanan khas Sunda dan Tionghoa. Sebagai seorang muslim awalnya kalian akan sedikit kesulitan untuk mencari kuliner halal di kawasan pecinan ini. Berikut tips untuk wisata kuliner halal di Pecinan Surya Kencana, Bogor:

1. Perhatikan Label Halal 

Seorang muslim memiliki standar makanan yang boleh dikonsumsi dengan adanya label halal. Nah, kalian bisa memperhatikan beberapa rumah makan yang juga melampirkan label halal. Jadi, jika kalian menemukan gambar label halal yang biasanya berada di spanduk rumah makan berarti makanan di sana aman untuk dikonsumsi bagi muslim. Tapi, label halal tidak menjadi standar umum di sini jadi kalian perlu melakukan tips lainnya ya.

Banyak pedagang yang menjual beragam kuliner yang enak lho
Banyak pedagang yang menjual beragam kuliner yang enak lho

2. Perhatikan Cara dan Bahan Yang Digunakan Untuk Memasak

Menariknya di Surken ini beberapa adalah pedagang kaki lima dan banyak rumah makan yang dapurnya berada di depan. Sehingga para pengunjung bisa melihat bagaimana makanan itu diolah atau dimasak. Sehingga para pengunjung bisa yakin untuk mengkonsumsi makanan itu. Termasuk bagi para pengunjung muslim. Ada beberapa yang tidak boleh untuk dikonsumsi dan biasa digunakan untuk makanan Tionghoa yaitu ciu atau sejenis arak dan daging yang tidak halal seperti babi. Nah, kalian harus lebih teliti terkait bahan ini ya.

3. Pilih Menu Yang Tidak Mengandung Daging

Salah satu cara aman agar terhindar dari kesalahan mengkonsumsi menu yang tidak halal adalah dengan memilih menu makanan yang tidak menggunakan daging atau makanan dengan cara tumis yang bisa jadi menggunakan arak. Tapi tenang aja, masih banyak menu halal yang hanya mengandung sayuran yang sangat terkenal dan nggak kalah enak seperti toge goreng, ketoprak, siomay dan aneka minuman yang menyegarkan sepeti es doger, asinan, es cincau hijau dan sebagainya. Menu di sini enak semua kok, dan wajib kalian coba.

Label halal biasanya terdapat di spanduk
Label halal biasanya terdapat di spanduk

4. Jangan Lupa Bertanya Ya!

Masyarakat di sekitar Surya Kencana sangat ramah kok, jika kalian memang ragu coba tanya dengan masyarakat yang ada di sekitar untuk lebih pasti dan bikin kita yakin. Banyak masyarakat yang akan memberikan rekomendasi makanan dan yang pasti halal. Kalian juga bisa googling, banyak informasi terkait makanan halal yang ada di Surya Kencana Bogor ini. Jadi, kalian nggak perlu khawatir.

Sebagai seorang muslim, kalian harus memastikan bahwa apa yang kalian konsumsi adalah makanan halal. Bukan hanya di Surken aja, bahkan di tempat kalian biasa untuk berwisata kuliner. Cobalah untuk menerapkan 4 tips di atas ya. Karena sebagai konsumen kita nggak tau apa yang ada di dalam makanan kita dan sudah kewajiban bagi seorang muslim untuk mengkonsumsi makanan yang halal.

Semoga bermanfaat dan selamat berwisata kuliner!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.