Menikmati Wisata di Kota Palembang

0
617
Jembatan Ampera di malam hari.
Jembatan Ampera di malam hari.

Assalammualaikum wr.wb

Apa kabar sahabat Travel Blog? Semoga sehat selalu dan masih setia menikmati tulisan saya. Disini saya akan berbagi tentang kota kelahiran saya yaitu Kota Palembang.

Kota Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota Palembang ini merupakan Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Selatan. Disini sangatlah terkenal dengan makanan khasnya yaitu pempek. Maka tidak heran jika disetiap tempat terdapat banyak penjual pempek, mulai dari harga 500an sampai dengan Rp.4000/satuan pempek kecil.

Kota Palembang memang tidak memiliki air terjun maupun pantai, tetapi kebanyakan wisatawan merasa cukup dengan melihat air mancur di persimpangan Masjid Agung dan Sungai Musi di bawah Jembatan Ampera. Kota Palembang juga tidak memiliki bukit-bukit seperti di Kabupaten Lahat dan Muara Enim tetapi meiliki Bukit Siguntang yang memiliki cerita dan kisah dari Kerajaan Sriwijaya. Di puncak bukit terdapat beberapa makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya.

Ketika hendak ke Kota Palembang, yang pertama ada di benak kita pastilah Jembatan Ampera dan Pempek. Nah menariknya di Kota Palembang kita bisa menikmati hidangan pempek diatas ketek (Perahu kecil) yang bergoyang karena ombak-ombak kecil sungai musi dengan melihat langsung Jembatan Ampera. Seperti kata pepatah”Sambil menyelam minum air” itulah yang dirasakan saat di Benteng Kuto Besak. Ketika malam hari terdapat banyak sekali pedagang makanan, mainan dan aksesoris untuk anak-anak sampai orang dewasa. Bagi yang suka berfoto jangan lewatkan kesempatan berfoto dengan Jembatan Ampera saat malam hari, karena sangat indah sekali.

Taman Wisata Alam Punti Kayu
Taman Wisata Alam Punti Kayu, diantara pepohonan yang menyejukkan.

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi warga Kota Palembang adalah Taman Wisata Alam Punti Kayu. Setiap hari sabtu dan minggu tempat ini sangat ramai pengunjung, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Banyaknya pepohonan dan terdapat beberapa pondok-pondokan membuat tempat ini menjadi favorit liburan keluarga. Disini terdapat juga satu tempat yang berisi ikon-ikon dari beberapa negara seperti Menara Eifel dan Patung Liberty. Disini juga terdapat wahana untuk anak-anak seperti Flying Fox. Tentunya bagi anak-anak muda yang suka foto-foto terdapat banyak spot foto salah satunya dengan background pepohonan.

Taman Wisata Alam Punti Kayu ini sangatlah cocok untuk piknik, dengan banyaknya pepohonan membuat tempat ini menjadi teduh. Sehingga membuat pengunjung merasakan nikmatnya menyantap makanan dengan hembusan angin yang segar.

Danau Buatan Jakabaring
Danau Buatan Jakabaring.

Selain di Punti Kayu ada satu tempat lagi yang setiap hari minggu selalu ramai pengunjung yaiitu Jakabaring Sport Center. Selain terkenal pusatnya ajang olahraga di Kota Palembang, Jakabaring ini menjadi tempat piknik warga Kota Palembang. Disini kita bisa bisa menikmati danau buatan yang airnya jernih.

Masih teringat kenangan saat menjadi Volunteer Asian Games, banyak sekali pengunjung yang datang kesini untuk menyaksikan pertandingan seperti Panjat Tebing, Sepak Takraw, Tennis, Sepak Bola Wanita, Voli Pantai dan lain-lain.

Wisata lainnya di Kota Palembang adalah Pulau Kemaro, untuk kesini kita hnya bisa melewati jalur air. Banyak ketek (perahu kecil) berada di bawah Jembatan Ampera yang siap mengantarkan kita ke pulau ini. Di tempat ini terdapat sebuah vihara cina (klenteng Hok Tjing Rio). Di Pulau Kemaro ini juga terdapat kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau berziarah ke makam. Di sana juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.

Sekian terlebih dahulu tulisan pada hari ini, semoga sahabat Travel Blog menikmati tulisan ini, dan jika berkenan silahkan dibagikan di seluruh sosmed sahabat semua. Nantikan tulisan berikutnya tentang Ragam Kuliner Kota Palembang: Dari Pempek sampai Kue 8 Jam.

Terima kasih

Wassalammualaikum wr.wb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.