Menikmati Senja di Pantai Senja, Lampung Selatan

0
363
Pemandangan Pantai Senja.

Lampung sebagai daerah pariwisata menawarkan banyak sekali objek untuk dikunjungi, mulai dari dataran tinggi, kawasan konservasi, dan kawasan wisata kota. Salah satu objek wisata yang harus kamu kunjungi ketika ke Lampung adalah pantai-pantainya. Mulai dari sisi barat, selatan, dan timur provinsi ini dipenuhi oleh pantai indah. Sepertinya memang kurang jika kita tidak mengeksplorasi pantai pantai indahnya.

Daerah Kalianda adalah area dengan banyak pantai indah, hampir semua pantainya memiliki  kemiripan, yaitu bentuk alam dan jenis wisatanya. Kali ini saya akan menjelajahi sebuah pantai turistik yang terdapat di Kalianda bernama Pantai Senja! Pantai ini adalah sebuah pantai yang sudah sangat dikenali oleh warga sekitar Kalianda, bahkan sudah cukup banyak fasilitasnya. Mari simak ulasannya!

Akses, Fasilitas, dan Ulasan

Pada hari Rabu 12 Juni 2019, saya menjelajahi daerah Kalianda untuk mencari pantai-pantai yang indah. Memulai perjalanan dari Bandar Lampung pada pukul 07:00, saya menembus jalanan lintas Sumatera dengan sepeda motor. Setelah menempuh beberapa jam perjalanan, akhirnya saya sampai pada pukul 11:30 di Pantai Senja, setelah sebelumnya menjelajahi Pantai Marina dan Pantai Bagus. Jika langsung menuju Pantai Senja dari Bandar Lampung, maka waktu tempuh adalah hanya sekitar 2 jam saja.

Akses jalan menuju Pantai Senja sudah baik. Tepat di area lintas Sumatera, kurang lebih hanya 10 menit dari jalan besar, lalu masuk ke jalan kecil menuju sebuah resort di Kalianda. Jalannya sudah bagus, aspalnya mulus, dan plang petunjuk menuju pantai sudah jelas. Mungkin karena kemudahan aksesnya inilah Pantai Senja menjadi sangat turistik dan mainstream. Ketika selesai menyusuri jalan, sampailah saya di Pantai Senja. Kesan pertama ketika saya sampai di pantai ini adalah terkelola dan cukup bersih. Pantai ini masih satu garis pantai dengan Pantai Bagus dan Sapenan. Sehingga, dari pantai ini kita bisa melihat Pantai Sapenan dari kejauhan. Pantai ini ombaknya cukup tenang, banyak batu karang, dan pasirnya pun bercampur dengan karang-karang kecil, seperti pasir Pantai Bagus.

Gazebo di Pantai Senja.

Bentang alamnya hampir serupa dengan Pantai Bagus, hanya dalam momen-momen tertentu, Pantai Senja lebih sepi dan sunyi dibanding Pantai Bagus. Momen kunjungan kita ke pantai ini harus tepat, agar nuansa sepi dan natural dari Pantai Senja bisa terasa. Terutama pada pagi hari, sekitar pukul 06:00 – 09:00, dan sore harinya pukul 16:00 – 17:00. Kita juga bisa melihat matahari tenggelam di pantai ini, mungkin itulah sebabnya nama pantai ini adalah Pantai Senja.

Fasilitas pantai Senja sudah cukup baik, ada beberapa gazebo, warung, minimarket kecil, dan kursi kursi kayu untuk bersantai. Dibandingkan pantai-pantai tersembunyi, Pantai Senja sudah dikelola dengan cukup baik. Walaupun, pengelolaan sampah menjadi sebuah masalah, seperti pantai-pantai turistik di daerah lain.

Pemandangan Pantai Senja.

Harga tiket masuk ke Pantai Senja adalah Rp. 15.000 per orang, dan tambahan Rp. 5.000 untuk yang membawa motor, serta Rp. 10.000 untuk mobil. Untuk ukuran pantai wisata di Lampung Selatan, harga tiket di Pantai Senja terhitung cukup tinggi, walaupun masih terjangkau dan wajar.

Nah, ada beberapa hal yang bisa kalian perhatikan jika berkunjung ke Pantai Senja. Pertama, momen kunjungan. Jika kalian salah waktu dan momen kunjungan, sensasi kenikmatan pantai yang sepi dan alami tidak bisa dirasakan. Wisatawan akan memenuhi area pantai, dan akan ramai sekali. Kedua, perhatikan selalu keamanan barang bawaan, walaupun pantai ini sudah dikelola keamanannya tapi kewaspadaan juga tetap diperlukan. Ketiga, menikmati setiap momen yang terjadi. Jika berkunjung sendirian, dengan teman, atau keluarga, nikmatilah semua momen yang terjadi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.